Panduan Bisnis Ayam Potong Agar Untung Besar! – Bisnis bahan baku makanan seperti ternak adalah salah satu bisnis yang tidak pernah habis pasarannya, setiap orang membutuhkan asupan makanan setiap hari, salah satunya protein yang terdapat pada daging, sehingga bisnis ini menjadi bisnis yang sangat menjanjikan dan tidak akan pernah sepi pasarnya.

Bisnis ayam potong salah satunya, bisnis ini adalah bisnis yang setiap hari bisa terjual dan menghasilkan atau bisa panen hasil setiap hari yang penting dilakukan dengan benar dan profesional. Bisnis ayam potong juga adalah bisnis yang bisa dimulai meskipun dengan modal yang tidak besar.

Produktivitas dari beternak ayam potong ini tergantung dari pakan, pemeliharaan dan manajemen ternak, sehingga jika Anda ingin beternak ayam potong dan untung besar Anda harus memperhatikan faktor produktivitas ayam potong ini.

panduan bisnis ayam potong

Dari faktor pemeliharaan kandang juga harus menjadi perhatian, kandang yang bersih akan membuat ayam tetap sehat dan hasil panen akan lebih baik, sehingga selain dari kualitas pakan Anda juga harus memperhatikan kuliatas kebersihan kandang dan juga vaksinisasi.

Ada beberapa hal lain yang harus dilakukan termasuk strategi pemasaran dan lainnya, artikel ini akan membahas sedikit mengenai panduan bisnis ayam potong

Panduan bisnis ayam potong Agar Untung Besar

Pemilihan bibit

Yang harus diperhatikan pertama adalah pemilihan bibit, untuk beternak ayam potong dengan untung besar tentu harus dimulai dari bibit ayam yang baik. Anakan ayam yang harus dipilih adalah yang memiliki tubuh bulat, bulu halus dan bersih, mata bersih dan juga pada bagian pembuangan kotoran atau anus bersih. Selain itu perhatikan juga bentuk badan yang normal dengan ukuran yang besar.

Kualitas kandang

Seperti yang sudah dibahas sedikit diatas, bahwa kualitas dan kebersihan kandang menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan, selain dari kesehatan ayam. Juga akan membuat pelanggan atau pembeli merasa senang jika sewaktu-waktu mereka mengetahui bahwa perawatan dan kebersihan kandang ternak ayam potong kita sangat terjaga.

panduan bisnis ayam potong

Selain dari kebersihan kandang, pencahayaan juga penting untuk diperhatikan, posisikan kandang ayam ditempat yang terang dan dapat pencahayaan yang cukup baik pagi maupun sore. Sehingga pada saat pagi hari ayam akan merasakan hangat karena mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Jika memiliki modal yang cukup, jenis kandang dengan panggung akan menjadi pilihan yang baik karena perawatan dan juga kebersihan lebih mudah dijaga dibandingkan kandang yang tidak berpanggung. Kandang dengan bentuk panggung akan membuat kotoran langsung jatuh ke tanah, sehingga perawatan kebersihan jauh lebih mudah.

Pada awal bibit masuk kandang, harus dijaga suhu atau kehangatan kandang bisa diberikan plastik penutup pada bagian samping kandang.

Vaksinisasi ayam potong

Penting juga untuk memastikan ayam yang kita pelihara tidak mudah terkena penyakit, sehingga vaksinisasi ayam potong sangat perlu dilakukan, vaksinisasi bisa kita lakukan pada hari ke 7, 14 atau hari ke 21. Jika memungkinkan mempunyai kenan yang ahli dalam melakukan vaksinisasi ini, tentu akan jauh lebih baik jika kita mencari bantuan atau setidaknya petunjuk khusus dalam vaksinisasi yang benar.

cara berbisnis ayam potong

Kualitas pakan ayam 

Kualitas pakan ayam harus juga diperhatikan, pastikan untuk memberikan pakan yang memiliki nutrisi yang cukup untuk ayam, sehingga ayam akan cepat besar dan memiliki tubuh yang lebih sehat. Jika menggunakan pakan ayam dari pabrik, penting untuk diperhatikan jenis pakan dengan ukuran atau usia ayam.

Selain dari pakan utama, sebaiknya juga ayam potong diberikan suplemen khusus yang bisa didapatkan di toko peternakan. Jenis pakan pada saat anakan dan proses pertumbuhan mulai besar juga berbeda, biasanya untuk ayam yang mulai besar diberikan pakan pelet degan kadar protein 20%.

Sanitasi dan pencucian kandang

Kebersihan kandang merupakan faktor penting yang akan pengaruh kepada keuntungan dari bisnis ayam potong, kebersihan kandang bisa dilakukan dengan rutin sehingga limbah ternak dan juga kotoran bisa dibersihkan dengan baik. Mencuci kandang ini bukan hanya disiram saja, namun juga harus benar-benar bersih. Beberapa peternak menggunakan formalin untuk pencucian kandang, atau juga bisa menggunakan sabun anti bakteri lainnya.

Dengan menjaga kebersiha, pakan dan cara perawatan ayam, bisnis ayam potong akan memberikan keuntungan yang besar, demikian panduan bisnis ayam potong, semoga bermanfaat. Baca juga cara memulai bisnis tanpa modal

 

 


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.