Cara Bisnis Kambing Untuk Pemula Dan Menguntungkan – Jika Anda pernah berkunjung ke Desa-Desa, Disana banyak ditemukan banyak jenis hewan yang dijadikan peliharaan, baik itu sebagai alat transportasi maupun dijadikan sebagai lahan bisnis. Sehingga tak heran banyak hewan-hewan qurban di kota saat hari raya itu dikirim dari desa-desa. Hewan, khususnya yang bisa di jadikan qurban, itu akan selalu berguna buat kepentingan orang banyak.

Melihat adanya kebutuhan yang tingga untuk mengonsumsi daging, maka inilah kesempatan yang tepat jika melirik usaha berbisnis hewan. Artikel ini akan mengajak Anda mempelajari peluang  berbisnis kambing. Ini juga salah satu hewan qurban yang banyak dicari orang. Khususnya dalam acara Aqiqah bagi umat muslim. Jangan sia-sia kan peluang ini jika anda memang berminat untuk membangun satu usaha.

panduan bisnis kambing

Kambing sama seperti hewan kurban lainnya, yaitu bisa untuk di konsumsi.  Selain sebagai makanan juga bisa sebagai lahan bisnis. Dari kambing banyak hal yang bermanfaa dan semuanya bisa menghasilkan uang misalnya, ada daging, susu dan kulit. Salah satu alasan kenapa berbisnis kambing adalah karena permintaan daging di pasaran itu makin hari makin meningkat. Mungkin karena jumlah populasi penduduk juga semakin bertambah.

Umunya, yang lebih banyak beternak kambing itu adalah masyarakat yang bermukim di desa. Itupun bukan sebagai pekerjaan utama melainkan sampingan, hanya sekedar mengisi ke kosongan waktu luang setelah kembali dari berkebun. Padahal jika bisnis kambing benar-benar dikelolah dengan baik, itu bisa mendapatkan penghasilan yang banyak.

Cara Bisnis Kambing Untuk Pemula Dan Menguntungkan

Manfaat beternak kambing

Sebelum kita bahas mengenai cara bisnis kambing, jauh lebih baik jika kita mengetahui keuntungan atau manfaat dari beternak kambing.

Yang pertama adalah biaya, dalam beternak kambing kita tidak terlalu memerlukan biaya yang besar seperti kita ternak sapi, selain itu dalm proses perkembangbiyakan masa kehamilan kambing betina hanya memerlukan waktu 145-155 hari atau kurang lebih setengah tahun sudah bisa berandak, dan biasanya anaknya tidak cuma satu ekor saja.

cara bisnis kambing

Keuntungan lainnya adalah kambing bisa memakan makanan yang di buat dari bahan fermentasi, bahan utama yaitu ampas tahu. Jadi tidak harus melulu dari rumut. Selain itu bahan bekas atau pups dari kambing bisa digunakan sebagai pupuk organik yang bisa kita jual ke petani dengan harga yang relatif murah, dari pada di buang kan sayang.

Beberapa Jenis Kambing

Kambing yang sering di kembangbiakkan di indoneisa memiliki 2 jenis yaiku kambing kaca dan kambing PE, kambing kacang adalah kambing asli dari indoneisa yang populasi terbanyak yaitu di pulau jawa, tetapi jenis kambing kacang saat ini sudah beredar di seluruh Indoneisa. Memiliki fisik tinggi sekitar 50 sampai 70 cm dan berat antara 30kg sampai 40kg. Yang selanjutnya yaitu kambing PE yang kepanjangan dari peranankan etawa, kambing ini adalah hasil dari kawin silang antara kambing kacang dan kambing asal India. Kelbihan kambing ini adalah selain menjadi kambing untuk daging, juga dapat menjadi kambing susu, untuk bentuk fisik, kambing ini lebih besar dari pada kambing kacang.

Makanan kambing

Cara bisnis kambing pertama adalah dengan memperhatikan makanan kambing. Untuk makanan kambing sendiri, biasanya setiap kambing memiliki selera makan yang berbeda beda, tapi umumnya yang sering kita temui adalah makanan serprti rumput kacang kacangan, daun nangka, daun legum atau turi turian. Untuk memberi pakan menggunakan daun legun atau turi turian sebaiknya jangan langsung di berikan karena daun tersebut memiliki racun dan racun tersebut dapat hilang dengan menjemur di bawah terik matahari sekitar 2-3 jam.

cara bisnis kambing

Selain makanan hijau, kambing juga dapat mengkonsumsi makanan berupa makanan buatan, pemberian makanan buatan atau hasil fermentasi juga baik untuk pertumbuhan kambing. makanan buatan juga berfungsi sebagai makanan yang ber konsentrat yang baik untuk kesehatan pencernaan pada hewan. Yang umum di gunakan sebagai makanan konsentrat adalah ampas tahu, bekatul atau dedak, dan ketela pohon yang di cacah hingga halus.

Cara memberikan makanan konsentrat pun cukup mudah, dengan cara menyampurkan ketiga jenis makanan tadi dengan menambahkan air atau hanya satu jenis pakan saja. Dan waktu pemberian pakan ini adalah ketika sudah memberi pakan poko yaitu berupa rumput, dan jika kambing masih kelihatan lapar barulah di beri pakan buatan ini

Untuk waktu pemberian makan biasanya di pagi hari pukul 7 sampai 8 dan pada sore hari pada pukul 4 sampai 5. Jika anda berminat untuk memelihara kambing untuk di kembangbiakkan atau pun untuk bisnis ternak kambing ada beberpa hal yang perlu di perhatikan agar kambing yang nantinya di pelihara tetap sehat dan menguntungkan

Pilih bibit

Cara bisnis kambing adalah bibit atau anakan kambing. Dalam pemilihan bibit jangan langsung ambil yang penting hidup dan sehat. Selain itu kambing juga memiliki bulu yang bagus dan tidak cacat fisik, penting!! kambing jantan harus berbadan tegap dan tidak ada cacat sedikitpun, untuk kambing betina jika pisa pilih bibit yang sudah penah melaihirkan dan pilih yang berbadan ramping.

Kandang

Cara bisnis kambing adalah kandang kambing. Tempat tinggal kambing ternak juga harus di kondisikan, yaitu selalu bersih, agar pertumbuhan kambing tidak terganggu. Sesuai dengan aturan kandang kambing yang sehat yaitu kandang kambing harus menghadap ketimur.

bisnis kambing

Memiliki wadah pakan yang dapat di jangkau kambing, Kandang berbentuk rumah panggung, yang secara otomatis kotoran kambing akan jatuh kebawah, ini adalah cara agar kambing tidak cepat kotor. dan kotoran kambing juga berdampak tidak baikuntuk kambing itu sendiri, posisi lantai kambing agak miring ke arah belakang. Baca juga agroteknologi.web.id sumber informasi pertanian indonesia

Masa reproduksi

Cara bisnis kambing memperhatikan masa reproduksi atau berkembang biak. Kambing betina biasanya melahirkan anak nya pada umur kehamilan kurang lebih 6. Dan bisa di kawinkan kembali setelah 1 bulan setelah melahikan. jika kita serius dalam merawat kambing dan ingin menghasilkan anakan kambing yang banyak, kambing betina dapat melahirkan 7 bulan sekali.

Untuk kambing anakan akan bisa menjadi dewasa setelah berumur 8 bulan, dan masa kawin kambing ini cukup unik, kambing betina mengalami masa birahi hanya kurang lebih 30 jam dalam 20 hari jadi waktu itu dapat di manfaatkan untuk mengawinkan kambing jantan dan betina.

bisnis kambing

Perawatan

Cara bisnis kambing berikutnya adalah memperhatikan dan merawat ternak kambing. Sama halnya dengan hewan ternak lain, kambing juga memerlukan perawatan yang baik agar kambing terus sehat dan dapat berproduksi dengan baik, ada beberapa penyakit yang sering di hadapi oleh kambing yaitu masuk angin atau kembung dan keracunan makanan untuk itu pemilik ternak harus selalu sigap dan rutin dalam mengelola kambing peliharaannya, selain perawatan pada kambing, peternak juga harus melihat kondisi kandang kambing yang harus di bersihkan setiap saat agar kambing juga merasa nyaman dan bebas dari penyakit kulit

Peluang agribisnis kambing

Banyak sekali peluang yang dapat kita kelola sekaligus jika mampu, agribisnis itu mamang pekerjaan yang super oke. Inilah beberapa puluang ternak kambing yang bisa di jadikan sebuah bisnis:

manfaat ternak kambing

Daging, Pasar indonesia memerlukan banyak pasokan daging kambing. Selain menjadi pasokan daging kambing, bisa juga di olah menjadi abon, dendeng, dan di olah menjadi suatu barang yang mempunyai harga barang lebih tinggi.Kulit bisa di jadikan sebagai sepatu tas dan alat tabuh pada rabana,Susu kambing sangat bermanfaat untuk di konsumsi manusia, karena memiliki kadar protein yang bagus.

Kotoran kambing dapat di jadikan menjadi pupuk, mulai dari kotoran dan air seninya. Tetapi perlu pengolahan agar menjadi pupuk yang maksimal.Bulu kambing bisa di jadikan sebagai kapas, dan di jadikan kuas

Itulah beberapa gambaran peluang untuk mengelolah bisnis kambing. Untuk mendapatkan hasil dan kuntungan yang besar dalam berbisnis ternak kambing, sebaiknnya di persiapkan terlebih dahulu sistem dan insfrastruktur yang bagus, dan barulah Anda bisa merasakan keuntungan yang luar biasa, maksudnya, tekuni bisnis ini hingga menjadi besar dan terus berkembang, sampai penjualan ke ranah ekspor ke negara lain. pasti keuntungan bisa lebih dari apa yang kita pikirkan sekarang. Baca juga cara bisnis ibu rumah tangga


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.