Cara Memulai Usaha Tanpa Modal

cara memulai usaha tanpa modal

Cara Memulai Usaha Tanpa Modal – Salah satu hal yang selalu terpikirkan dalam memulai usaha adalah modal, kebanyakan orang tidak dapat memulai usaha karena terbentur dengan masalah modal, juga sebagian orang yang memiliki ide usaha yang bagus tetapi selalu gagal karena terbentur usaha modal. Memulai usaha memang selalu identik dengan modal usaha, untuk itu tidak sedikit kita melihat beberapa bank yang menawarkan pinjaman modal usaha. Beberapa orang yang menghadapi masalah modal dalam memulai bisnis, mencari jalan bagaimana memulai bisnis dengan tanpa modal atau dengan modal yang sangat kecil. Berikut beberapa ide bagaimana cara memulai usaha tanpa modal.

cara memulai usaha tanpa modal

Mencari partner

Salah satu cara memulai usaha tanpa modal sendiri adalah dengan mencari partner, partner yang harus kita temukan adalah orang yang siap mengeluarkan modal, atau kita memulai usaha dengan modal dari orang lain. Partner ini bisa kita temukan didaftar teman dekat kita, tawarkan kepada mereka keuntungan bisnis yang Anda ingin mulai, dan tanyakan kepada mereka jumlah modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha tersebut. Sebagian orang mungkin malu untuk memulai dengan modal dari orang lain, perlu diingat bahwa seorang pebisnis harus menyampingkan rasa gengsinya untuk bisa segera mulai bisnis. Karena jika bisnis masih di hantui oleh rasa gengsi dan tidak percaya diri, maka bisa jadi bisnis yang ingin kita mulai tidak akan pernah berhasil.

Modal dari partner adalah solusi bagi kita yang ingin memulai usaha dengan tanpa modal sendiri, yang harus diperhatikan disini adalah kita perlu meyakinkan partner usaha kita, bahwa bisnis yang akan kita lakukan benar-benar berpotensi bagus. Akan sangat baik jika kita telah mempunyai perhitungan untung rugi dengan jelas, dan strategi pemasaran yang akan kita lakukan untuk memulai usaha yang kita tawarkan.

Cari investor

Jika sebelumnya modal yang kita dapatkan berasal dari teman, kali ini kita akan mencari modal dari investor. Berbeda dengan sebelumnya, investor ini bisa jadi orang yang sama sekali kita belum kenal. Sehingga kepercayaan orang tersebut dengan kita sangatlah kurang, kita perlu meyakinkannya dengan sebaik-baiknya, bahwa kita bisa menjalankan bisnis tersebut dengan benar dan akan mendapatkan keuntungan yang besar. Akan jauh lebih baik jika kita bisa memiliki perhitungan yang baik akan potensi bisnis tersebut, calon investor akan semakin yakin dengan peluang usaha yang kita tawarkan.

memulai usaha tanpa modal

Hubungi keluarga

Terkadang modal bisa datang darimana saja, jika sebelumnya dari teman, kemudian cari investor bisa dari teman atau dari luar teman, kali ini tidak ada salahnya jika modal usaha dari keluarga, jika kita memiliki keluarga besar di daerah sekitar tempat yang akan kita bangun usaha, maka kita bisa menjelaskan dengan baik kepada keluarga calon pemodal akan bisnis yang akan kita bangun. Tidak jarang kita mendengar istilah perusahaan keluarga, yang memang biasanya di bangun dari modal keluarga dan akhirnya keluarga besar tersebutlah yang mengelola bisnis tersebut. Sekali lagi, kita harus bisa membuang jauh-jauh rasa gengsi ketika memulai sebuah usaha, modal memang yang terpenting tapi mental pebisnis juga harus menancap kuat di dalam diri kita. Tidak malu untuk mencari modal adalah salah satu yang harus di miliki seorang pebisnis. Keluarga bisa kita mulai dari keluarga terdekat yaitu saudara kandung, dan mulai meluas ke keluarga besar yang menurut kita bisa untuk menjadi pemodal usaha kita.

Demikian beberapa ide cara memulai usaha tanpa modal yang bisa kita pertimbangkan. Selain modal, kemampuan kita dalam menjalankan bisnis perlu terus kita tingkatkan.

Related Articles