Panduan Bisnis Ayam Petelur Modal Kecil dan Menguntungkan

panduan bisnis ayam petelur

Panduan Bisnis Ayam Petelur Modal Kecil – Bisnis ayam petelur adalah salah satu bisnis yang sangat menguntungkan dan merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati, karena telur merupakan sebuah bahan makan pokok yang sangat dibutuhkan manusia baik untuk dikonsumsi sebagai lauk, maupun sebagai bahan utama pembuatan berbagai macam kue.

Hampir setiap daerah ibu kota provinsi maupun kabupaten memiliki pasar atau nilai jual ayam petelur yang menggiurkan. Sehingga jika digeluti dengan benar bisnis ayam petelur merupakan sebuah bisnis yang menjanjikan. Menjalankan bisnis ayam petelur tidak harus dengan modal yang besar, karena dengan memulai bisnis dalam jumlah kecilpun bisa dilakukan.

Memulai ayam petelur dengan modal besar tentu akan semakin besar keuntungan yang akan didapatkan, namun harus dilakukan dengan cara yang benar. Kurangnya pengetahuan dan pengalaman dalam berbisnis ayam petelur akan sangat berbahaya jika langsung mengeluarkan puluhan juta rupiah untuk memulai bisnis ayam petelur.

panduan bisnis ayam petelur

Seperti beternak lain, kualitas hasil ternak akan dipengaruhi oleh perawatan hewan ternak, demikian juga untuk ayam petelur, kualitas telur akan sangat berpengaruh pada kualitas perawatan dari ayam petelur. Berikut beberapa tips dan panduan bisnis ayam petelur.

Panduan bisnis ayam petelur dengan modal kecil

Ayam petelur sebenarnya tidak berbeda jauh dengan ayam lainnya, namun dari namanya saja kita sudah bisa paham bahwa ayam ini memang lebih optimal untuk menghasilkan telur, kualitas telur juga bisa beberapa macam seperti kualitas bagus, rendah dan menengah. Kualitas tinggi dari ayam petelur bisa kita dapatkan dengan cara perawatan dan pemeliharaan ayam yang baik, baik itu dari komposisi makanan maupun dari kualitas kandang.

panduan bisnis ayam petelur

Menjaga kebersihan kandang ayam petelur

Salah satu cara untuk mendapatkan kualitas telur dari bisnis ayam petelur adalah menjaga kualitas dan kebersihan kandang, semakin baik kebersihan kandang akan semakin baik hasil dari telur. Selain alasan kualitas telur, alasan lain mengapa harus selalu menjaga kebersihan kandang adalah, agar ayam tidak mudah terserang penyakit.

Penyakit pada ayam merupakan salah satu hal yang ditakuti oleh pebisnis ayam petelur, karena jika sudah terkena penyakit, bisa saja ayam petelur mati dan pebisnis mengalami kerugian.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis ayam petelur dengan modal kecil, kebersihan kandang tidak boleh menjadi hal yang disampingkan, kualitas kandang mungkin saja bisa menggunakan kualitas yang biasa namun untuk kebersihan haruslah terus dijaga.

Pemberian vitamin dan pakan yang baik

Untuk menjaga kesehatan ayam dan kualitas dari telur ayam yang dihasilkan, penting juga untuk memberikan vitamin dan nutrisi lainnya untuk ayam, selain menjaga kualitas pakan pemberian vitamin ini juga adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Vitamin yang diberikan tidak harus dengan merek tertentu yang mahal, jika memang Anda ingin menghemat modal diawal, Anda bisa menggunakan tepung ikan dan jagung yang sudah digiling.

Jika memungkinkan untuk menumbuk sendiri jagung pakan ayam tersebut jika tidak ingin mengeluarkan biaya dari jasa gilingan jagung atau biaya pembelian jagung yang sudah halus digiling.

cara bisnis ayam petelur

Mengatur takaran pakan ayam petelur

Selain dari kualitas pakan yang baik, pemberian vitamin dan juga vaksin jika diperlukan untuk menjaga ayam petelur agar tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit ayam. Mengatur takaran pakan ayam merupakan hal yang penting.

Takaran pakan ayam yang berlebihan juga bukanlah hal yang baik, normalnya pakan ayam diberikan 3 kali sehari dengan takaran yang secukupnya, dan jangan lupa untuk diberikan minum. Pemberian pakan dengan takaran yang benar merupakan cara untuk menghemat modal bisnis.

Cara bisnis ayam petelur dengan modal kecil

Normalnya ayam petelur mampu memproduksi 1 buah telur perhari sehingga semakin banyak jumlah ayam petelur yang kita miliki tentu akan semakin besar juga penghasilan yang akan didapatkan. Namun bagi Anda yang masih belum memiliki modal besar, tentu bisa memulai dengan jumlah ayam yang sedikit dulu. Kemudian hasil dari ayam petelur tersebut bisa digunakan untuk pembelian ayam petelur lainnya, begitu seterusnya hingga Anda memiliki 1000 ekor ayam petelur. Dengan perhitungan kasar bahwa 1000 ayam petelur Anda bisa mendapatkan keuntungan 10 juta rupiah perbulan.

Demikian 5 panduan bisnis ayam petelur untuk modal kecil dan menguntungkan. Baca juga cara menawarkan produk ke konsumen

Related Articles