7 Cara Bisnis Telur Untuk Pemula Modal Kecil Menguntungkan!

cara bisnis telur

Cara Bisnis Telur Untuk Pemula Modal Kecil  Saat ini, ditengah terpaan harga bahan pokok yang semakin tidak bersahabat, ditambah lagi dengan sulitnya mendapatkan pekerjaan makan tidak ada cara lain yang harus dilakukan selain mendaur ulang cara berfikir yang awalnya semat-mata untuk bekerja sebagai pegawai negeri menjadi pekerja yang mandiri dan bebas.

Bagi anda yang belum memiliki pekerjaan dan ingin mendirikan usaha milik sendiri, ikutilah beberapa cara dalam artikel ini. Disini akan ditawarkan satu jenis usaha yang sangat potensial untuk memperoleh keuntungan besar yaitu berbisnis telur.

Berbisnis telur bukan profesi baru, sudah ada banyak UKM yang bergerak dibidang ini. Dunia kesehatan menyatakan bahwa tubuh membutuhkan protein yang bersumber dari telur. Kebutuhan akan protein menjadikan telur sebagai salah satu bisnis distributor yang bisa Anda jalankan.

Harga telur lumayan murah, mudah dikerjakan, bisa menjadi komposisi untuk jenis makanan tertentu oleh ibu rumah tangga dan serta mudah dicari, menjadikan telur sebagai bahan sembako wajib di dalam dapur.

cara bisnis telur

Apalagi mengingat bahwa telur memiliki banyak kandungan yang bermanfaat dan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Sebagai informasi bahwa kuning telur yang lebih disukai dibandingkan putih telur ternyata mengandung B6, folat, B12, vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K yang sangat baik untuk tubuh manusia. Tak hanya itu, ternyata telur juga dipercaya baik untuk kesehatan.

Sebagai contoh, kandungan gizi di kuning telur juga ternyata baik untuk kesehatan mata, kemudian juga bermanfaat untuk membuat jantung sehat, dan membantu perkembangan otak. Dengan banyaknya manfaat telur ini yang menjadikan telur banyak dicari oleh para ibu untuk keluarganya.

Bagi yang sudah menjalankan usaha ini pasti sudah menyakini hasilnya. Bagi Anda yang barus memulai, jangan kahwatir Bisnis telur ayam merupakan salah satu usaha rumahan yang cukup menguntungkan. Hal ini karena sebagian besar masyarakat Indonesia masih memilih telur sebagai bahan makanan yang memiliki kandungan protein tinggi.

Telur juga bahan makanan yang padat gizi, yaitu antara lain 90% kalsium, mineral, zat besi yang terdapat dalam kuning telur dan asam amino yang terdapat pada putih telur. Telur ayam juga mengandung vitamin A, vitamin B6, dan vitamin B16.

Dan khusus pada kuning telur, mengandung vitamin A, vitamin D, dan vitamin E yang baik untuk perawatan kulit.

cara bisnis telur

Karena diminati banyak orang, sehingga peluang bisnis telur ayam menjadi lebih terbuka lebar dan memiliki prospek yang baik. Usaha telur ayam dapat dijalankan di rumah dengan modal yang tidak terlalu besar.

Sebenarnya usaha telur ayam terdiri dari dua macam, yakni sebagai pedagang telur ayam kampung dan pedagang telur ayam ras. Meskipun sama-sama menjual telur tetapi penanganan dan manajemennya dapat dikatakan berbeda.

Selain itu sebelum menjalankan bisnis ini Anda juga perlu mengetahui jika telur ayam tidak dapat bertahan alam. Umumnya perputaran telur ayam dari peternak hingga ke konsumen hanya sekitar satu minggu saja.

Telur ayam juga termasuk barang yang sangat mudah pecah.

Cara Bisnis Telur Untuk Pemula Modal Kecil

Jenis telur yang akan dipasarkan

Sebelum menjalankan bisnis telur, sebaiknya Anda membaca situasi masyarakat temapat dimana Anda akan menjual. Pastikan mereka menyukai jenis telur yang Anda pasarkan.

Karena ada juga telur bebek dan puyuh. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa telur ayam terdiri dari dua macam, yakni telur ayam kampung dan telur ayam ras atau ayam negeri.

Selain pemasaran dan penanganannya, peminatnya juga berbeda-beda. Diantara kedua jenis telur ayam tersebut, telur ayam ras adalah jenis yang paling diminati masyarakat Indonesia. Sedangkan untuk telur ayam kampung memiliki peminat sendiri dan tidak terlalu besar.

Jika untuk pemula Anda disarankan untuk memilih telur ayam ras karena memiliki pasar yang lebih luas. Selain itu, telur ayam ras juga mudah untuk dipasarkan.

cara bisnis telur

Bangun Koneksi Dengan Pemasok Telur

Bisnis Telur akan berjalan lambat jika Anda tidak menemukan pemasok.

Maka hal yang perlu Anda perhatikan dalam bisnis telur ayam berikutnya adalah mencari pemasok besar telur ayam. Produksi telur ayam di Indonesia sangat berlimpah, hampir di setiap wilayah memiliki pemasok telur ayam dengan jumlah yang besar.

Untuk itu Anda disarankan untuk mencari pemasok yang besar karena selain stoknya banyak, harga yang ditawarkan juga lebih murah.

Meskipun sudah memberikan harga yang lebih murah, Anda disarankan untuk tetap menawar jika membeli dalam jumlah yang banyak. Dengan begitu Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih ketika menjualnya kembali.

Pasokan Telur

Karena telur murah dan banyak diminati oleh masyarakat baik sebagai makanan atau bahan kue, biasanya teluk itu cepat habis.. Maka Agar pasokan telur ayam selalu ada maka Anda  sebaiknya harus memiliki pemasok telur yang lain.

Jadi Anda tidak bergantung pada satu pemasok saja. Anda dapat mencarinya di luar kota atau daerah lain jika di wilayah Anda tidak ada. Hal ini untuk mengantisipasi jika salah satu pemasok telur bermasalah sehingga Anda masih tetap memiliki pemasok yang lain.

cara bisnis telur

Metode Pemasaran

Karena telur ayam sangat populer di Masyarakat dan orang yang sudah mengelolah bisnis inipun sudah banyak dengan strategi pemasaran yang berbeda-beda, Bisnis Anda harus punya metode tersendiri dalam memasarkan ke konsumen.

Dengan pemakaian trategi pemasaran yang bagus, telur Anda akan banyak ditemukan orang. Dalam memasarkan telur ayam dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyewa lapak di pasar untuk jualan telur ayam. Kemudian Anda juga dapat menitipkan telur ayam ke warung-warung di sekitar tempat tinggal Anda. Selain itu, Anda juga dapat menjualnya menggunakan sepeda motor yang diberi box di bagian belakangnya.

Atau jika Anda memiliki modal lebih maka Anda dapat membuka warung atau toko sendiri untuk menjalankan bisnis Anda.

Berikan Harga Sesuai Pasar

Umumnya para konsumen jika membeli telur dalam jumlah banyak, mereka mencari telur yang harga yang lebih murah. Karena bisnis ini sangat menggiurkan sehingga diminati banyak orang. Untuk itu Anda harus sadar bahwa agen telur ayam bukan hanya Anda.

Semakin banyak agen yang menjual telur ayam maka persaingan juga semakin ketat. Agar tidak kalah bersaing maka Anda disarankan untuk menjaga mutu dan menentukan harga jual yang kompetitif.

cara bisnis telur

Anda tidak disarankan untuk menentukan harga jual yang sangat tinggi, namun Anda juga tidak boleh menjual terlalu murah. Anda harus mulai berpikir dan memiliki prinsip meskipun untuk sedikit tetapi perputaran modal tetap lancar.

Harga telur memang bergantung dari keadaan ekonomi. Maka dari itu, Anda harus berpikir cerdas sebagai distributor.

Karena Anda mendapatkan telur, sebaiknya buat perjanjian dengan pemasok masalah harga. Misalnya dengan cara membeli dengan harga yang cukup murah.

Bahkan jika bisa, buat perjanjian bahwa harga beli dipatok sejak awal dalam periode tertentu. Hal ini akan memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan besar jika suatu hari terdapat lonjakan harga

cara bisnis telur

Konsumen

Para pebisnis telur ayam pasti memahami bahwa kemampuan bertahan telur ayam itu hanya kurang lebih dua minggu. Dengan kondisi ketahanan telur seperti ini makan Anda harus berpikir cerdas agar tak rugi. Caranya, pilihlah konsumen yang tak begitu jauh dari tempat usaha Anda. Anda bisa menjangkau konsumen di pasar tradisional atau warung-warung kecil, bahkan sudah ada banyak minimarket yang menyediakan telur tanpa memiliki merek tertentu. Jangkaulah wilayah yang tak begitu jauh untuk menghindari telur yang busuk di tangan konsumen.

cara bisnis telur

Miliki Transportasi untuk Promosi

Roda bisnis tidak bisa berjalan lancar tanpa di  bantu oleh roda transportasi. Sudah hal yang mutlak bagi Anda untuk memiliki transportasi yang akan digunakan untuk membawa barang dagangan Anda dari pemasok atau peternak.

Tak hanya itu, dengan memiliki transportasi entah bak terbuka atau mungkin hanya kendaraan bermotor Anda tak kesulitan mengantar barang ke konsumen. Berilah promosi berupa antar gratis untuk jumlah pembelian tertentu. Hal inilah yang akan membuat konsumen tak merasa direpotkan.

Itulah beberapa cara yang menarik untuk Anda gunakan dalam mengelolah bisnis telur. Mulai dari jenis telur apa yang akan Anda pasarkan sampai alat transportasi pemasaran, semuanya sudah jelas.

Tinggal giliran Anda sekarang, mau berbuta atau masih mikir-mikir untuk mencari peluang jadi pegawai negeri. Itu tidak salah. Tapi coba fikirkan ulang. Semoga artikel kali ini bernmafaat bagi yang menbutuhkan. Baca juga cara bisnis travel

Related Articles