Ini Dia Panduan Memulai Usaha yang Mudah Diikuti untuk Pemula!

Panduan Memulai Usaha 2

Panduan Memulai Usaha – Memulai usaha apapun memerlukan rencana yang matang sebab ada banyak berbagai tantangan yang anda akan hadapi. Kami ingin memberikan panduan sekilas tentang apa saja yang harus dilakukan jika ingin memulai sebuah usaha.

Yang pertama adalah buatlah rencana bisnis. Ini yang paling penting karena rencana bisnis akan menentukan bagaimana anda akan mengelola usaha tersebut ke depannya. Faktor lain seperti pembiayaan juga penting, tapi tanpa kerangka bisnis yang kuat anda bisa membuang-buang modal yang telah dipersiapkan.

Panduan Memulai Usaha

Maksud dari membuat rencana bisnis adalah menentukan visi dari bisnis anda, apa sebenarnya hasil akhir yang ingin dicapai.

Kemudian tentukan misi dari perusahaan. Yang juga penting adalah strategi pemasaran. Anda ada banyak strategi marketing yang bisa dicoba. Ini bisa disesuaikan dengan jenis usaha yang dijalankan.

Kemudian anda juga perlu menentukan langkah-langkah antisipatif jika ada sesuatu bersifat negatif terjadi saaat menjalankan bisnis. Tips berikutnya adalah merencanakan anggaran. Mencari modal bisa dari mana saja, misalnya dengan meminjam di bank, teman, saudara, ataupun mencari kredit usaha rakyat.

Baca Juga : Tips Menemukan Peluang Usaha Menguntungkan

Dari manapun modal yang anda dapatkan, kelolalah dengan sebaik-baiknya. Salah satu caranya adalah dengan membuat anggaran yang tepat. Setiap jenis usaha memerlukan besaran modal yang berbeda-beda. Ada yang bisa dimulai dengan modal jutaan rupiah, ada pula bisnis yang membutuhkan hingga ratusan juta rupiah.

Buatlah anggaran secara mendetail, kemana saja uang yang anda persiapkan tersebut akan dipergunakan. Misalnya anda akan menggunakannya untuk membeli bahan baku, sewa tempat, tenaga kerja, membayar listrik, air dan cost operasional lainnya. Semuanya harus dimasukkan ke dalam anggaran.

Kemudian jangan lupa untuk menyisihkan sekitar 20% dari modal tersebut sebagai tabungan tak terdug sebab bisa saja ada masalah yang datang tiba-tiba, sehingga anda butuh pendanaan segera.

Berikutnya, tentukan apakah bisnis yang dijalankan tersebut akan memiliki badan hukum atau tidak. Memang tidak semua bisnis memerlukan badan hukum.

Contohnya adalah bisnis yang dijalankan lewat internet, ada yang tidak memerlukan surat-surat legal. Tapi jika anda ingin lebih serius dalam merintis usaha, maka silahkan saja ajukan dokumen resmi untuk membuat perusahaan. Siapapun mempunyai hak untuk melegalisasi bisnis mereka.

Panduan Memulai Usaha 2

Cari tahu berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat izin usaha di daerah tempat tinggal anda. Ini adalah tahap yang sangat penting sebab bisnis yang memiliki legalitas biasanya lebih dipercayai oleh banyak orang. Kemudian anda juga perlu membuat website. Website fungsinya adalah untuk pemasaran.

Mengingat perkembangan internet sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir, promosi di jalur online sudah menjadi sebuah kebutuhan. Memang tidak ada keharusan untuk membuat website, tapi sebaiknya anda membuatnya sebab ini bisa memperluas raihan konsumen. Membuat website tidak sulit, yang dibutuhkan hanya dua, yaitu hosting dan domain.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Biaya totalnya mungkin tidak lebih dari Rp 3.000.000,- itu tergantung dari jenis hosting yang anda sewa. Setelah semuanya dilakukan, tahap terakhir yang sangat penting adalah promosi. Promosi menentukan kesuksesan usaha anda.

Produk yang sudah dibuat tentu saja harus diperkenalkan kepada masyarakat karena jika tidak, maka penjualan bisa mengalami stagnan atau tidak bertambah sama sekali. Promosi bisa dilakukan dengan brosur, membuka toko, ataupun menawarkannya lewat internet.

Promosi jalur offline maupun offline sama efektifnya dan biaya yang butuh dibutuhkan juga bervariasi. Jadi pilih saja jalur tahu promosi yang paling efektif untuk usaha yang anda jalankan perlu. Lakukan testing untuk mengetahui efektivitas promosi dan jangan lupa untuk memaksimalkan penjualan agar investasi anda lebih cepat berkembang. Itu tadi panduan memulai usaha.

Related Articles