Panduan Bisnis Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula – Bagi sebagian orang, memiliki usaha atau bisnis merupakan hal yang sangat di impi-impikan, sebab menjalankan bisnis sendiri tidak ada aturan yang mengikat dan yang menekan sehingga mengerjakannya kita merasa senang dan menikmatinya.

Hal ini bisa terjadi karena yang menjadi pemegang kendali utama adalah kita sendiri sebagai satu pemilik usaha. Bukanlah hal yang mustahil untuk memiliki bisnis sendiri tapi pernahkah Anda berfikir tentang rencana untuk memulai usaha? Ada anggapan umum bahwa berbisnis hanyalah lahan orang-orang yang memiliki modal besar walaupun sebenarnya Anda bisa membangun usaha dengan modal kecil.

panduan bisnis modal kecil

Dunia semakin berkembang, persaingan pun tak bisa dihindari dan lowongan pekerjaan semakin sempit karena jumlah manusia semakin membludak. Kondisi ini akan terus berlanjut dan mau tidak mau Anda harus mencari cara untuk bertahan hidup. Jika saja tidak bisa memperoleh pemasukan atau gaji yang cukup dari pekerjaan Anda. Anda tentu membutuhkan pekerjaan lain.

Akankah kita harus selalu dibelakang ketinggalan dari masyarakat Cina, dimana sejak kecil mereka sudah dididik untuk memperoleh penghasilan dari hasil berbisnis, maka tidak mengherankan ketika mereka beranjak dewasa mereka sudah terlatih dan semakin mahir dalam mengelolah usaha.

Usaha yang dilakukan orang-orang cina ini patut untuk kita tiru. Persoalannya, sangat sulit untuk mengambil langkah untuk memulai, inilah hal tersulit dalam membangun sebuah usaha, benar kata orang, permulaan memang selalu sulit.

Memulai akan selalu sulit tetapi mau tidak mau Anda harus memulai, jangan tunggu kapan dan dimana, sudah saatnya memulai. Berikut artikel ini memberikan panduan panduan bisnis modal kecil

Panduan Bisnis Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula

Buatlah Bisnis yang Sesuai dengan Kemampuan Anda

Panduan bisnis modal kecil pertama adalah memulai sesuai dengan kemampuan. Sebaiknya Anda memilih usaha yang sesuai dengan bakat Anda sehingga menjalaninya pun terasa menyenangkan. Setiap individu sudah di gariskan memiliki keistimewaan sebagai anugerah Tuhan atas dirinya, keistimewan itu tidak semata-mata diberikan tanpa ada manfaat atau kegunaan bagi orang lain.

panduan bisnis kecil

Menyiapkan Modal Seadanya

Banyak orang yang bergerak dalam dunia bisnis pernah mengeluhkan persoalan modal yang harus besar. Hal ini tak bisa dihindari sebab berbisnis memang memerlukan dana, tapi anda jangan khawatir sebab hanya dengan modal kecil pun anda sudah bisa memulai  usaha. Sekarang ini, ada berbagai jenis usaha yang bisa anda kerjakan cukup dengan modal 5-10 juta rupiah sebagi awal. Usahakan untuk bisa mendapatkan uang dengan jumlah itu dan jangan memulai satu usaha dengan meminjam uang di Bank sebab itu akan menggangu ketenangan Anda.

Tentukan Bidang Usaha Anda

Dalam memilih jenis usaha, pilihlah yang belum pernah ada atau yang sudah banyak dilakoni oleh para pengusaha. Memang ada yang menghawatirkan ketika membuka usaha yang benar-benar baru karena takut usahanya tidak berhasil. Contohnya, pernah terjadi pada usaha air minum Aqua, pada awalnya banyak yang mengira jenis produk itu tidak akan laku dipasaran tapi nyatanya sampai sekarang usaha ini makin berkembang dan menjadi pilihan masyarakat. Itulah tantangan membangun usaha yang baru. Jika Anda berniat membangun usaha yang sudah ada, maka harus punya pembeda atau ciri dengan usaha-usaha yang lain.

bisnis modal kecil

Pilihlah Lokasi yang Strategis

Dimana-mana, disetiap usaha, tempat menjadi sangat vital bagi kelangsungan usaha. Pilihlah tempat usaha yang mudah di jangkau sehingga dengan banyaknya orang yang lalu lalang ditempat Anda, orang akan mudah mengenali dan bisa jadi karena keseringan melihat, mereka jadi berminat untuk mampir dan menikmati produk bisnis Anda. tempat-tempat strategis yang dimaksud bisa sepert area yang dekat dengan instansi pemerintah, sekolah atau kampus. Intinya semakin usaha Anda berada ditempat yang ramai maka peluang untuk diminati semakin besar.

Tentukan Fokus Usaha Anda

Banyak pengusaha yang berhenti ditengah jalan atau gagal karena bidang usaha yang mereka kembangkan terlalu beragam jenisnya. Dengan banyaknya usaha itu membuat mereka sulit untuk memutuskan kemana mereka harus berfokus. Kesabaran dalam berbisnis harus betul-betul kuat, tidak ada pengusaha yang sukses yang instan. Fokuslah pada pengembangan usaha Anda, setelah berkembang barulah bisa merambah ke pengembangn usaha yang lain.

panduan bisnis modal kecil

Bangun Koneksi dengan Pelanggan

Setelah memutuskan fokus usaha Anda, saatnya memperkenalkan usaha itu ke publik. Jangan pernah merasa bosan untuk terus menyebarkan informasi mengenai produk usaha Anda, tujuannya agar usaha yang Anda kembangkan mendapat perhatian para konsumen. Ada banyak cara yang bisa Anda tempuh, bisa melalui bantuan teman, semakin banyak teman yang tahu semakin banyak orang yang tahu usaha Anda atau anda juga bisa menggunakan cara lain seperti menyebar brosur, pamplet atau memasang spanduk di jalanan. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, informasi pun bisa dengan mudah diperoleh melalui situs internet. Cara ini bisa juga Anda pergunakan untuk menyebarkan informasi ke orang lain.

Strategi Pemasaran

Semakin pintar seseorang dalam memasarkan usahanya, maka semakin banyak untung yang bisa mereka dapatkan. Banyak orang bilang, menjalankan usaha itu mudah, misalnya Anda memiliki produk yang harganya Rp. 20.000. Tugas Anda hanyalah menjual produk itu ke ortang lain dengan harga yang lebih dari harga semula. Kuncinya, setiap Anda menjual produk usaha pastikan Anda selalu mendapatkan keuntungan, semakin banyak barang anda yang laku makan semakin besar keuntungan yang bisa anda dapatkan.

panduan bisnis

Tenaga Pekerja

Panduan bisnis modal kecil berikutnya adalah rekrut karyawan bisnis. Setiap usaha akan berjalan lancar jika ada tenaga pengelola, baik itu usaha yang masih tergolong kecil maupun usaha yang sudah besar, kedua-duanya membutuhkan pegawai yang mengatur dan mengelola jalannya usaha, tanpa tenaga pegawai satu usaha bisa macet dan berhenti. Karena usaha Anda masih kecil, pegawai yang Anda butuhkan tidak banyak, Anda bisa bertindak sebagai salah satu tenaga pekerjanya dan melibatkan beberapa keluarga yang lain untuk mengelola. Jika usahamu bertahan dan berkembang barulah Anda bisa melakukan perekrutan pegawai dengan jumlah yang banyak.

Pahamilah Cara Mengelola Keuangan yang Baik dan Benar

Pengetahuan mengenai cara mengatur keuangan itu penting agar Anda bisa membedakan dan mengelola uang yang masuk sebagai hasil usaha dan uang sebagai milik pribadi. Ketidaktahuan dalam pengelolaan ini bisa berefek pada kegagalan usaha Anda, sebab Anda tidak bisa mengetahui atau mengukur apakah usaha Anda memperoleh keuntungan atau malah merugi, tapi ini bukan masalah karena Anda bisa memilih salah satu pegawai yang mempunyai pengetahuan mengenai cara pengelolaan keuangan usaha.

panduan bisnis dengan modal kecil

Memahami dan Menyadari Risiko yang Kemungkinan Akan Timbul

Panduan bisnis modal kecil berikutnya adalah memahami resiko bisnis yang akan timbul. Tidak ada satu usaha yang dijalankan pengusaha yang bebas dari risiko. Semua usaha ada risikonya, tapi jika Anda memahami dan menyadari adanya risiko itu maka Anda tidak usah risau dan menghawatirkannya. Berbisnis adalah soal nama, sekali Anda tidak dipercaya oleh konsumen, maka nama dan usaha anda akan perlahan dinilai negatif. Maka berhati-hatilah dalam menjalankan bisnis khusunya saat berinteraksi dengan para konsumen.

Membangun Mental yang Kuat

Membangun sebuah usaha apalagi sebagi pemula, kegagalan akan selalu menghantui, maka Anda dituntut cerdas membaca situasi kemudian bertindak mengatasi hal yang tidak beres itu untuk menyelamatkan usaha Anda. Luangkan waktu untuk mempelajari bagaimana cara orang mengatasi kegagalan dalam berbisnis, ini bisa memotivasi dan membantu anda mengatasi jika usaha Anda mengalami masalah.

Namun jika berbagai usaha telah dilakukan untuk membangun dan mempertahan usaha Anda namun akhirnya dirundung kegagalan atau bangkrut , maka mental Anda harus kuat. Sedari awal harus sudah membangun mental yang tangguh.

Demikianlah beberapa cara atau panduan yang Anda bisa praktikan untuk memulai bisnis dengan modal yang kecil. Anggapan kebanyakan orang mengenai besarnya modal yang harus digunakan dalam membangun satu usaha itu kurang tetap, sebab banyak orang telah sukses berbisnis hanya dengan modal kecil.

Tinggal Anda yang bisa memutuskan sekarang, dengan panduan diatas apakah mau maju atau Anda lebih memilih mundur untuk tidak berbisnis dengan alasan modal untuk membangun usaha Anda jumlahnya terbilang kecil. Penting untuk diingat, dengan sempitnya peluang untuk mendapatkan pekerjaan sebagai pegawai negeri sipil maka mau tidak mau Anda harus mendaur ulang pemikiran untuk mencari pekerjaan lain. Baca juga panduan bisnis dropshpiping cepat sukses


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.