Cara Jualan di Instagram yang Terbukti Menghasilkan

pengguna-instagram

Inilah cara jualan di Instagram yang Terbukti menghasilkan untuk Anda ikuti.. Tapi terlebih dahulu kita perlu melihat beberapa hal…

cara jualan di instagram

Sejauh ini, perkembangan teknologi mampu memberikan dampak yang cukup besar bagi perubahan gaya hidup masyarakat. Tentu saja, banyak hal yang dahulu dirasa sulit untuk dilakukan, dengan berkembangnya teknologi informasi, kini menjadi lebih mudah. Salah satu perubahan itu tampak jelas pada kebiasaan berbelanja.

[alert-announce]Akses Video Pelajaran “Cara Mudah Menjual dengan Instagram”[/alert-announce]

[sociallocker]https://www.youtube.com/watch?v=tu_WdPx_V1I&t=37s[/sociallocker]

Dulu, untuk membeli barang, pakaian, atau perabot rumah tangga, Anda mungkin harus pergi jauh keluar rumah, menghadapi kemacetan jalan, dan yang jelas membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup besar. Namun, dengan keberadaan teknologi, Anda bisa memperoleh barang tanpa harus keluar rumah. Cukup dengan duduk di depan PC atau menggenggam ponsel pintar saja, barang pesanan Anda sudah tiba keesokan harinya.

Kemudahan berbelanja secara online tersebut akhirnya menginspirasi banyak pelaku bisnis yang awalnya hanya menjual barang secara konvensional, kini mulai beralih menggunakan cara berjualan online. Tidak hanya pelanggan yang dimudahkan, sistem belanja online juga memberikan banyak keuntungan bagi para pelaku bisnis. Tanpa perlu menyewa tempat untuk berjualan, mereka bahkan bisa menjangkau pembeli dalam lingkup wilayah yang lebih luas.

Apabila dijalankan dengan sungguh-sungguh, bisnis online bisa menghasilkan cukup banyak pemasukan. Namun, meski memberikan banyak kemudahan, bisnis online juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menjalankan bisnis online.

Kelebihan Menjalankan Bisnis Online

cara-menjual-di-instagram

  1. Waktu dan Tempat Fleksibel

Dengan koneksi internet yang stabil, Anda bisa menjalankan bisnis online kapan saja dan di mana saja. Tanpa harus bertemu secara langsung dengan pelanggan, Anda tetap bisa menjalankan bisnis dari rumah atau dari kantor pada pagi, siang, sore, malam, atau bahkan di hari libur.

jualan-di-instagram

  1. Biaya Operasional Terjangkau

Tanpa perlu menyewa tempat untuk berjualan, Anda sudah bisa memasarkan produk yang Anda jual. Selain itu, Anda juga tidak perlu membayar banyak karyawan. Dengan demikian, biaya operasional bisnis online menjadi jauh lebih terjangkau. Anda hanya perlu memastikan bahwa kuota internet Anda selalu terpenuhi.

mendapatkan-uang-di-instagram

  1. Bisa Menjual Barang dengan Harga yang Lebih Murah

Salah satu hal yang paling disukai oleh para pelanggan saat berbelanja online adalah selisih harga yang cukup besar dibandingkan saat memperoleh barang dari toko. Hal ini tentu bisa menjadi peluang yang besar bagi para pebisnis online untuk terus bisa meningkatkan jumlah penjualan.

jualan-di-instagram-yang-terbukti-menghasilkan

  1. Transaksi Lebih Mudah

Seiring perkembangan teknologi di bidang perbankan, transaksi belanja online menjadi kian mudah. Di satu sisi, pembeli tidak perlu menyiapkan uang tunai, pecahan, atau recehan saat pembayaran. Di sisi lain, penjual juga tidak lagi perlu mengurusi uang kembalian. Tentu saja, hal itu karena semua transaksi dilakukan melalui sistem transfer. Keberadaan cara pembayaran tersebut membuat belanja online menjadi lebih praktis dan aman karena terhindar dari risiko peredaran uang palsu.

  1. Cakupan Wilayah yang Luas

Melalui cara berjualan online, Anda bisa menjangkau para pelanggan dari seluruh pelosok tanah air. Dengan begitu, produk bisnis Anda bisa semakin dikenal luas oleh masyarakat.

internet-banking

  1. Mudah dalam Pengoperasian

Hanya dalam genggaman tangan, yaitu melalui ponsel pintar, bisnis Anda sudah bisa berkembang. Apalagi jika menggunakan internet banking, semua urusan bisnis, termasuk transaksi keuangan, tentu akan semakin mudah Anda kelola.

cu-cg

Kekurangan Menjalankan Bisnis Online

  1. Tidak Mengenal Waktu

Kadang kala, Anda mungkin ingin menikmati waktu luang bersama keluarga. Sayangnya, bisnis online adalah jenis pekerjaan yang tidak mengenal waktu. Anda harus selalu siap melayani dengan cepat pertanyaan-pertanyaan dan permintaan produk dari para pelanggan kapan saja mereka membutuhkan.

  1. Tingkat Persaingan yang Cukup Tinggi

Banyaknya produk yang sejenis tentu membuat persaingan bisnis online menjadi semakin ketat. Apalagi jika jenis bisnis yang Anda jalankan merupakan bentuk reseller. Untuk dapat terus berjaya, diperlukan kelihaian Anda dalam memasarkan produk.

akses-internet

  1. Kendala Akses Internet

Bisnis online sangat bergantung pada ketersediaan akses internet. Jika Anda harus bepergian jauh di daerah yang sulit dijangkau oleh internet, hal itu bisa menjadi kendala bagi bisnis Anda. Demikian pula saat tiba-tiba kuota internet Anda habis atau sedang bermasalah, bisnis Anda pun akan turut terkena imbasnya.

Baca Juga : Cara Memasarkan Produk Di Instagram

Bagaimana Cara Jualan Online?

bisnis-online-sendiri

            Meskipun terkadang hanya dijalankan sendiri tanpa toko fisik atau bahkan karyawan, memulai bisnis online harus tetap dilakukan dengan perencanaan yang matang. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memutuskan untuk menjalankan bisnis online.

produk-yang-tepat

  1. Menentukan Produk yang Akan Dijual

Hal yang harus Anda tetapkan sebelum berjualan adalah pemilihan produk yang tepat. Pertama, pastikan bahwa Anda menyukai dan mau menggunakan produk tersebut. Hal itu sekaligus untuk menjamin bahwa produk tersebut memang layak jual. Kedua, pilih produk yang tidak mudah rusak saat dikirim ke tempat dengan jarak yang jauh. Pada tahap ini, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya dan cara pengiriman produk untuk bisa sampai ke tangan pelanggan dengan selamat. Ketiga, Anda bisa memutuskan, apakah produk yang Anda buat merupakan hasil produksi sendiri atau menjual kembali (reseller).

Baca Juga : Ini Dia Panduan Memulai Usaha yang Mudah Diikuti untuk Pemula!

Di satu sisi, menjual produk buatan sendiri akan menghabiskan dana yang cukup besar dan Anda juga perlu mengenalkan produk tersebut kepada konsumen. Di sisi lain, Anda juga bisa berkesempatan untuk menjual dan mengembangkan brand Anda sendiri. Sementara itu, jika berencana untuk menjual produk yang sudah ada, biasanya produk tersebut sudah cukup dikenal sehingga Anda hanya perlu berfokus pada target pemasaran saja. Tentunya, persaingan yang akan Anda alami juga cukup ketat karena banyak reseller lain yang sedang gencar memasarkan produk serupa.

menetapkan-pasar

  1. Menetapkan Target Pasar

Ketika Anda sudah menetapkan produk yang ingin dijual, langkah berikutnya adalah menentukan segmen pasar. Siapa sajakah yang bisa menggunakan produk Anda? Dari situ, Anda bisa menentukan strategi dan tempat yang paling cocok untuk memasarkan produk Anda.

segmen-pasar

  1. Menguji Pasar

Sebelum menjual produk secara online, pastikan bahwa produk yang Anda jual bisa diterima dan layak digunakan oleh publik. Sebagai percobaan, Anda bisa menawarkan produk Anda kepada orang-orang terdekat, seperti keluarga dan sahabat. Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan penilaian mereka terhadap produk Anda.

Jika mereka semua memberikan respons yang positif, itu berarti sudah saatnya Anda menjual produk tersebut secara online.

Sebaliknya, jika sebagian besar dari mereka memberi tanggapan negatif, Anda perlu berpikir ulang untuk menjualnya secara luas. Pemilihan produk yang berkualitas baik akan menghasilkan kepercayaan pelanggan dan bisa terus meningkatkan penjualan.

perencanaan-bisnis

  1. Memasarkan Produk

Jika perencanaan bisnis Anda sudah matang dan produk sudah siap untuk dijual, langkah berikutnya adalah memasarkan produk. Pemasaran produk adalah kunci keberlangsungan sebuah bisnis. Untuk itu, Anda perlu memilih media pemasaran yang paling sesuai untuk produk Anda.

Agar produk Anda mudah dikenal banyak orang, Anda bisa memanfaatkan media sosial yang Anda miliki. Semakin banyak Anda menjalin pertemanan dengan pengguna media sosial lain, maka semakin besar pula target pasar yang bisa Anda bidik.

Salah satu media sosial yang cukup ampuh untuk dijadikan sebagai sarana jualan online adalah Instagram. Koleksi foto dan video yang bagus pada Instagram Anda bisa dengan mudah menarik perhatian para follower.

Meskipun demikian, umumnya tidak semua follower akan langsung bisa suka dengan produk Anda. Apabila jika strategi marketing Anda kurang tepat. Bukannya mendapat banyak follower, Anda justru malah bisa di-unfollow atau bahkan diblokir oleh mereka. Meskipun demikian, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat memutuskan untuk berjualan melalui media sosial Instagram.

Keuntungan Berjualan di Instagram

jualan-di-instagram-yang-terbutki

            Dibandingkan dengan menggunakan media sosial lain, cara jualan di Instagram termasuk mudah. Pasalnya, tampilan gambar yang besar pada setiap produk yang Anda jual bisa dengan mudah dilihat oleh para follower melalui beranda Instagram mereka. Jadi, mereka akan lebih mudah mengenali produk Anda.akun-instagram

Jika tertarik, mereka biasanya akan membaca tulisan (caption) mengenai detail produk dan segera menghubungi Anda. Berikut ini beberapa keuntungan lain yang bisa Anda peroleh apabila berjualan melalui Instagram.

  1. Terhubung dengan Media Sosial Lain

Umumnya, akun Instagram yang dimiliki oleh para pengguna, termasuk akun Instagram Anda, terhubung dengan Facebook. Jadi, setelah mengunggah gambar atau video mengenai sebuah produk, Anda bisa membagikannya juga di Facebook. Dengan begitu, jumlah orang yang melihat postingan Anda jadi semakin banyak.

tampilan-yang-menarik

  1. Tampilan Lebih Menarik

Tidak hanya menampilkan gambar, foto-foto yang Anda tampilkan juga bisa Anda edit melalui menu filter atau crop. Jadi, tampilan produk Anda bisa tampak lebih menarik.

pengguna-instagram

  1. Jumlah Pengguna Instagram Semakin Banyak

Saat ini, jumlah pengguna Instagram semakin banyak dan bahkan hampir menyusul banyaknya pengguna Facebook. Dengan kata lain, melalui Instagram, Anda bisa menjangkau target penjualan dengan segmentasi pasar yang lebih luas lagi.

cu-cg

Bagaimana Cara Jualan di Instagram?

bagaimana-jualan-di-instagram

            Cara memasarkan produk melalui Instagram tergolong cukup mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjual produk melalui Instagram.

profil-bisnis

  1. Membuat Akun Instagram

Untuk memulai berjualan di Instagram, terlebih dahulu Anda perlu membuat akun. Anda bisa menggunakan nama Anda sendiri atau nama yang sesuai dengan bisnis atau produk Anda.

lengkapi-kontak-anda

  1. Lengkapi dengan Informasi Kontak

Setelah membuat akun, jangan lupa untuk memberikan informasi kontak seperti nomor ponsel, email, dan situs web yang bisa memudahkan calon pelanggan untuk membeli produk atau bertanya lebih jauh mengenai produk Anda.

follower-instagram

  1. Follow Pengguna Instagram Sebanyak Mungkin

Untuk memungkinkan banyak orang mengetahui produk yang Anda jual, terlebih dahulu, Anda perlu follow sebanyak-banyaknya akun mereka. Hal itu berguna untuk menambah jumlah follower Anda. Untuk memperoleh follower yang lebih banyak, Anda bisa mem-follow jenis-jenis akun berikut ini.

  1. Akun dengan pengikut (follower) yang sangat banyak, seperti selebritas dan tokoh penting.
  2. Akun yang berisi bisnis sejenis.
  3. Akun yang dengan usia pengguna yang sesuai dengan target pasar Anda.
  4. Pasang Foto Produk Anda secara Berkala

Agar produk Anda semakin dikenal, Anda perlu mengunggah foto produk secara berkala, misalnya satu foto dalam satu hari.

Penayangan gambar terlalu banyak dalam sehari bisa membuat calon pelanggan bingung memilih produk Anda. Bahkan, jika mereka merasa tidak membutuhkan, banyaknya postingan Anda yang memenuhi beranda mereka bisa dianggap mengganggu, dan bisa-bisa berakhir dengan unfollow.

Sebaliknya, apabila harus memasang foto dengan produk yang sama, Anda bisa mengambil gambar dari sudut (angle) dan latar yang berbeda.

foto-produk

Kalau kamu juga bingung gimana dapatin follower bisa menggunakan tools khusus yang saya rekomendasikan dibawah ini…

cu-cg

 

  1. Jangan Lupa Gunakan Hashtag

Saat mengunggah foto produk di Instagram, jangan lupa untuk selalu menambahkan tanda pagar (hashtag). Semakin banyak tanda pagar yang diikuti tulisan yang sama, maka semakin mudah orang lain menemukan produk Anda.

hashtag

  1. Promosi di Akun Orang Lain

Sesekali, Anda boleh promosi di akun Instagram orang lain, khususnya, akun-akun dengan jumlah pengikut yang sangat banyak. Namun, jangan terlalu sering memasang iklan di akun yang sama. Jika mereka merasa terganggu, bisa-bisa Anda akan diblokir.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa beralih dari satu akun seorang selebritas ke akun selebritas lain. tentu saja, saat berpromosi, Anda harus menggunakan pilihan kata yang menarik, unik, dan sopan.

promosi-akun-instagram

Cara Jualan Online di Instagram agar Semakin Laris

            Seiring perkembangan dunia bisnis, jumlah pebisnis online yang memanfaatkan media sosial Instagram pun kian membeludak. Untuk itu, Anda harus pandai-pandai menyusun strategi agar bisnis Anda terus bisa menarik hati para calon pelanggan untuk melirik dan membeli produk-produk yang Anda sediakan.

Tonton Video Ini : 5 Perangkap Bisnis Online

Berikut ini adalah beberapa tips cara jualan di Instagram agar produk Anda semakin laris.

angle-instagram

  1. Unggah Foto dengan Kualitas Gambar Terbaik

Hal pertama yang mampu menarik perhatian calon pelanggan di Instagram adalah ketika mereka melihat tampilan produk Anda. Untuk itu, saat memotret, pastikan Anda menggunakan resolusi yang tinggi. Selain itu, pastikan Anda memotret dengan sudut pemotretan (angle) terbaik. Dengan demikian, gambar yang Anda unggah di Instagram akan tampak indah sehingga mampu menarik perhatian para follower.

follower

  1. Bagikan Konten yang Bermanfaat

Untuk meningkatkan jumlah penjualan, Anda tidak harus selalu membagikan foto produk secara terus-menerus. Hal itu untuk menghindari agar follower tidak mudah bosan dengan isi akun kita. Sesekali, Anda bisa mengunggah quote atau tips atau video yang berguna untuk follower, tetapi masih berhubungan dengan produk Anda. Misalnya, Anda menjual produk berbahan cokelat. Anda bisa menampilkan tips atau quote yang berhubungan dengan manfaat cokelat bagi kesehatan sehingga para follower bisa mendapatkan manfaat lain dari keberadaan akun Instagram Anda, setelah itu, tertarik dengan produk Anda.

caption-instagram

  1. Gunakan Caption yang Menarik

Keberadaan caption pada Instagram umumnya bertujuan untuk menjelaskan manfaat dan informasi produk sesuai gambar yang Anda unggah. Sebenarnya, Anda tidak perlu menuliskan informasi terlalu panjang. Cukup tuliskan kalimat-kalimat yang bisa membuat follower penasaran untuk mengetahui lebih jauh produk tersebut.

testimoni-instagram

  1. Buktikan bahwa Produk Anda Memang Berkualitas

Untuk membuktikan bahwa produk Anda memang berkualitas, mungkin seminggu sekali, Anda bisa mengunggah bukti testimoni positif dari para pelanggan yang merasa puas karena sudah menggunakan produk Anda. Dengan begitu, para calon pembeli tidak akan ragu lagi akan kualitas produk Anda.

tingkat-produk

  1. Menggunakan Jasa Pengguna Instagram dengan Follower Banyak

            Jika Anda sudah yakin bahwa produk Anda memang benar-benar berkualitas dan Anda juga memiliki anggaran yang cukup besar untuk keperluan promosi, Anda bisa memanfaatkan orang-orang yang sudah memiliki follower banyak. Dengan menggunakan jasa mereka sebagai sarana promosi, dalam waktu singkat, produk Anda akan dikenal oleh banyak pengguna Instagram lain. Tidak hanya itu, dengan menampilkan foto seorang selebritas yang menggunakan produk Anda di Instagram, para calon pelanggan tentu akan semakin yakin bahwa produk Anda memang layak untuk dibeli.

instagram-marketing

Apabila dikerjakan dengan sungguh-sungguh melalui strategi yang tepat, menjalankan bisnis melalui Instagram memang terbukti menghasilkan.

Jadi, sudah siapkah Anda bersaing dengan para IG-ers yang lain? Rencanakan bisnis Anda dengan matang, kemudian jalankan dengan strategi pemasaran yang tepat, maka bisnis Anda akan semakin berkembang pesat sesuai harapan.

Related Articles