Tips Menemukan Peluang Usaha Menguntungkan – Pencarian peluang usaha menguntungkan adalah sebuah hal yang wajib dilakukan pebisnis atau calon pebisnis, karena tren pasar bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan sebuah bisnis tumbuh dan berkembang dengan cepat. Kesalahan dalam membaca tren pasar bisa mengakibatkan kerugian dalam berbisnis, untuk itu penting bagi kita melihat peluang usaha menguntungkan.

Mengingat saat ini kita berada di penghujung tahun 2016, dan sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2017, nikojulius.com tertarik untuk menulis tentang bagaimana melihat peluang usaha yang akan menguntungkan di tahun 2017. Berikut beberapa tips melirik peluang usaha menguntungkan.

Melihat trend peluang usaha menguntungkan di google trend

Kita bisa melihat dan melacak sebuah tren dengan tools gratis oleh google, yaitu google trend. Bagaimana cara kerjanya? Pertama-tama Anda sudah mempunyai ide bisnis, Anda bisa melihat berbagai ide bisnis di forum-forum diskusi online, seperti kaskus atau lainnya Anda juga bisa menemukan ide bisnis di website-website yang membahas tentang bisnis UMKM. Riset produk juga bisa Anda lakukan di pasar-pasar grosir yang ada di kota Anda, tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan peluang bisnis menguntungkan bahkan dengan modal sedikit.

Setelah Anda mendapatkan ide peluang usaha, Anda bisa mulai masuk melihat tren pasar berdasarkan tren pencarian keyword tersebut di search engine google. Masuk ke: trend.google.com, dan lakukan pencarian dengan kata kunci. Jangan lupa untuk filter khusus untuk negara Indonesia, dan rentan waktu 12 bulan terakhir untuk mendapatkan data peluang bisnis yang akurat.

melihat peluang usaha menguntungkan

Pada artikel kali ini nikojulius.com mencoba untuk melihat tren pasar produk “sepatu denim” dan kita bisa lihat grafik dari produk ini, di akhir oktober grafik naik tajam. Kita bisa prediksi bahwa peluang bisnis ini masih akan menguntungkan pada beberapa bulan kedepan termasuk untuk tahun 2017. Keseluruhan naik-turun grafik tren bisa menjadi pertimbangan untuk memilih sebuah peluang usaha. Jika kita lihat dari grafik bisnis sepatu denim, bisa kita lihat grafik tren tidak turun saja tetapi mengalami kenaikan pada bulan-bulan tertentu, dengan grafik tren ini kita bisa menjadikan pertimbangan untuk memilih peluang bisnis yang menguntungkan.

Jika Anda mendapati grafik sebuah peluang usaha yang turun drastis dan tidak ada kenaikan sama sekali, Anda bisa mempertimbangkan untuk tidak mengambil peluang usaha tersebut. Meskipun demikian data dari google trend tetap Anda gunakan sebagai pertimbangan, bukan sebuah keharusan. Karena bisa jadi peluang usaha tertentu yang Anda riset, sedang populer di daerah sekitar Anda.

Jeli dalam melihat masalah menjadi peluang usaha

Sederhananya pembeli rela mengeluarkan uang karena ingin ada masalah atau kekurangan yang dia hadapi dapat terselesaikan, dimana ada keluhan disitu ada peluang usaha. Sehingga disini kita harus jeli dalam melihat daerah sekitar kita, bahkan untuk hal-hal yang sering kita anggap sepele, jika kita jeli dalam melihat permasalahan dan pemecahan masalahnya, maka kita bisa menemukan peluang usaha yang menguntungkan. Selanjutnya bisa kita tawarkan jasa atau produk yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut, bisa dengan produk sendiri ataupun produk franchise yang bisa Anda temukan banyak di bisnisukm.com atau forum-forum bisnis UKM lainnya.

peluang usaha menguntungkan

Demikian tips bagaimana menemukan peluang usaha menguntungkan dengan mudah dan mengetahui apakah peluang usaha tersebut masih berpotensi atau tidak dengan menggunakan tools gratis Google Trend. Jangan lupa untuk tidak tergiur dengan peluang usaha yang tidak jelas perputaran uangnya, agar tidak terjebak dalam investasi penipuan yang mulai marak terjadi. Tetap tenang dan sabar dalam memulai sebuah usaha, agar tidak terjebak dalam rayuan investasi penipuan yang biasanya menjanjikan hasil besar tanpa kerja keras.


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.