Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Cara menghasilkan uang dari blog

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Cara Menghasilkan uang dari Blog adalah dengan cara yang cukup simpel. Terlebih lagi apabila Anda adalah pemula, dalam Bisnis Internet. Karena salah satu yang saya pelajari, cara menghasilkan uang dari bisnis internet adalah dengan cara membuat Blog. Pertanyaannya sekarang adalah… Bagaimana itu bisa dilakukan?

Cara menghasilkan uang dari blog

 

Yuk, kita bahas langsung…

Blog pada dasarnya adalah sebuah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman website, yang dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Beberapa Jenis Blog yang bisa dibuat diantaranya adalah...

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog mode: Lebih dikenal dengan “fashion blog”. Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  • Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak

Jenis blog yang saya pribadi buat adalah Blog Pribadi, yang berisi ulasan-ulasan yang saya pribadi miliki dan bagikan kepada Anda para pembaca blog saya ini.

Kalau Anda bertanya, kira-kira nih mas… Mana yang cocok untuk pemula? Maka tentu saja jawabannya adalah Sesuaikan saja dengan Passion Anda. Karena jujur aja nih… ngeblog itu bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Mungkin beberapa dari Anda ada yang berpikir bahwa ngeblog doang sih gampang… tapi coba deh… :p

Okay… pertanyaan berikutnya adalah apa sebenarnya fungsi dan cara kerjanya Blog ini sendiri bisa menghasilkan uang untuk kita… Maka kita akan masuk pada bagian monetize atau monetisasi yaitu secara simpel berupa tindakan pada website kita sebagai saran promosi sebuah produk apapun bentuknya…

Kita lihat beberapa metode Cara Menghasilkan uang dari Blog

  1. Pay Per Click Advertising : Yaitu Anda akan dibayarkan dari setiap iklan dalam website Anda atas iklan pihak ketiga yang terpasang pada website Anda. Beberapa vendor kerjasama untuk jenis penghasilan ini bisa dari Google Adsense, Chitika, Clicksor dan lainnya…
  2. Cost Per Mile Advertising : Biasa dikenal sebagai CPM yang sebenarnya boleh dikatakan mirip seperti PPC diatas, namun berbeda dalam bentuk basis tindakan yang diperlukan untuk Anda bisa menghasilkan uang. Bila PPC Anda dibayarkan setiap dari klik iklan pada website Anda, penghasilan CPM akan dibayarkan kepada Anda dari setiap 1,000 impresi (impression) atau jumlah tayang iklan tersebut dari website Anda kepada pengunjung website Anda, yang pada umumnya CPM diberikan tarif $1 setiap 1,000 penayangan. Sebagai contoh, Bila sebuah website memiliki jumlah tayang 200,000x maka pada bulan tersebut pemilik Website bisa mendapatkan kurang lebih $200.
  3. Advertising Widget : Ini jauh lebih simpel, dimana Anda menyediakan space atau tempat pada website Anda untuk pihak ketiga bisa mendapatkan tempat untuk memasangkan iklan mereka. Umumnya ada pada Sisi samping, sisi atas dari sebuah website, atau sisi bawah dan bahkan sisi dalam tulisan artikel nantinya.
  4. Product Reviews : Hal ini bisa Anda lakukan bila Anda berada pada Niche tertentu, katakanlah Anda memiliki blog yang berisi tentang perjalanan kuliner Anda beserta foto-foto makanan khas tertentu dan Anda telah memiliki banyak fans disana… Maka hal ini bisa menjadikan diri Anda untuk mengenakan tarif untuk menambah penghasilan Anda dari setiap review yang Anda berikan kepada si pemilik Toko tersebut.
  5. Ebook Publisher : Anda juga bisa mencoba untuk menuliskan beberapa ebook yang bisa Anda jual sendiri pada blog Anda. Katakanlah… Anda hebat pada suatu topik tertentu, maka Anda bisa gunakan untuk mendapatkan hasil dari setiap penjualan ebook yang Anda buat pada orang-orang yang hadir disana.
  6. Teaching Program : Apabila Anda bahkan memiliki keseharian untuk mengajar pada topik tertentu Anda juga bisa menghasilkan uang dengan membuat Teaching Program agar Anda bisa mencapai titik tersebut.
  7. Email Marketing : Ini pun sama halnya dengan yang telah Anda baca diatas. Hasil riset mengatakan bahwa pengguna user yang datang kedalam website kita, akan diberikan sebuah nilai yang membuat mereka mau untuk menukarkan data diri mereka agar bisa kita lakukan pendekatan dengan Autoresponder.

Hal yang perlu Anda lakukan dalam melakukan blogging menurut saya pribadi adalah konsisten untuk melakukan update pada website Anda agar nantinya, akan semakin bermanfaat untuk orang lain. Dan secara tidak langsung pula, Website Anda akan menjadi lebih banyak pengunjung disana.

Poinnya adalah untuk menghasilkan dari blog dalam waktu singkat adalah sesuatu yang mustahil Anda capai dari blogging. Tapi untuk jangka panjang… Saya katakan inilah salah satu metode yang sangat layak untuk dikerjakan.

Ini adalah Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog semoga bisa membantu Anda…

Related Articles