5 Panduan Bisnis Online Untuk Pemula Modal Kecil

bisnis online untuk pemula

5 Panduan Bisnis Online Untuk Pemula Modal Kecil – Apakah Anda pernah mencoba menjalankan atau bekerja bisnis online? ataukah anda baru akan memulai merintis jenis usaha ini. Artikel ini kembali memberikan panduan tentang cara berbisnis online bagi pemula. Silahkan Anda ikuti bagaimana cara kerjanya. Intinya, Berbisnis online itu mudah dan murah lagi nyaman.

Sebagai pemula yang betul-betul tidak tahu apa itu bisnis online mungkin mengatakan itu akan sulit dilakukan dan membutuhkan biaya yang banyak. Anggapan sulit dan mahal itu kurang tepat karena menjalankan bisnis online itu sangat mudah dilakukan yang penting mau belajar. Bisnis ini tidak bekerja mengandalkan fisik tapi pengetahuan mengenai internet. Jadi kuncinya hanya belajar bukan olah fisik.

Sekarang ada banyak bisnis yang dilakukan secara online. Kenapa mudah dan murah karena Anda hanya duduk didepan lapto untuk mengakses internet saja Anda sudah bisa memasarkan bisnis kepenjuru dunia. Sebagai pemula, disini hanya akan dibahasa cara mengelola bisnis online dengan modal kecil

bisnis online pemula

Untuk lebih memudahkan pemahaman, Bisnis online itu bisa diartikan suatu kegiatan usaha yang dalam pelaksanaanya dijalankan dengan menggunakan media internet, tujuan utnuk menghasilkan keuntungan. sebenarnya  ide umumn bisnis online itu kurang lebih sama berbisnis di dunia nyata.

Kedua-duanya sama memiliki tantangan dan persaingan. Yang membedakan adalah sikap mau berusaha dan pantang menyerah, jika ini dilakukan maka Bisnis anda Akan berkembang dan bisa bertahan.  Jika sudah tertarik untuk berbisnis online, anda sudah bisa mengikuti panduannya.

Panduan Bisnis Online Untuk Pemula Modal Kecil

Menjual produk secara online

Panduan bisnis online untuk pemula berikutnya adalah menjual produk secara online. Menjalankan bisnis online mensyaratkan adanya produk yang akan di pasarkan kepada para konsumen. Produk seperti apa yang bisa anda jual secara online itu bisa beragam tergantung minta dan selera Anda. Contoh produk yang biasa dipasarkan secara online adalah seperti pakaian, benda-benda koleksi, produk digital sampai ada yang memasarkan produk software dan tempat untuk menjual pun berbeda-beda. Cara jualannya bagaimana, ikuti langkah-langkah berikut.

Harus ada barang yang akan dijual. Barang-barang itu bisa berasal hasil sendiri atau menjadi  reseller satu cara dengan menjual barang dagangam oralng lain. Selanjutnya Anda menentukan platform sebagai tempat untuk berjualan online. Anda bisa memasarkan produk online dengan memanfaatkan penggunaan media sosial seperti Facebook, Instagram dan whatsap.

bisnis online untuk pemula

Cara lain yang bisa anda gunakan adalah berjualan di situs jual beli online, seperti yang sudah banyak digunakan orang yaitu Tokopedia atau Bukalapak, toko ini menyediakan fasilitas pembayaran rekening bersama tanpa memakan biaya. Tapi kalau Anda merencanakan bisnis profesional sebaiknya Anda memiliki toko online jualan sendiri

Langkah selanjutnya, jangan lupa memasukkan foto dan deskripsi yang detail mengenai produk yang dijual. Pastikan deskripsi barang se informatif mungkin dan foto baragan harus sejelas mungkin, karena orang menjadi bingung jika menemukan produk yang gambarnya blur dan deskripnya kurang atau malah tidak ada sama sekali.

Barang jualan online harus bisa dikenali banyak orang, caranya, menyebarkan infromasi mengenai produk jualan anda,  itu bisa dilakukan melalui media sosial atau dari person ke person. Mungkin yang paling terakhir adalah berikan pelayanan yang istimewa kepada para pelanggan anda. kesan baik yang mereka terima bisa membuat mereka bertahan untuk mejadi pelanggan setia Anda

Berjualan iklan

Bisnis online lain yang bisa Anda manfaatkan adalah berjualan iklan. Metode ini sedikit berbeda dengan bisnis online sebelumnya diatas, bedanya, bisnis online membutuhkan investasi waktu dan menguras banyak tenaga sebelum kamu menghasilkan uang. Karena Anda harus memiliki banyak pengunjung atau pengikut untuk berjualan iklan.

Memanfaatkan akun blog

Panduan bisnis online untuk pemula berikutnya adalah memanfaatkan blog. Ini juga salah satu bisnis online yang saat ini marak dikerjakan orang, khususnya para penulis. Jika tertarik menjadi penulis atau otografi, Anda bisa membuat akun blog. satu pilihan bisnis online yang menarik. Seperti usaha-usaha yang lain, semuanya butuh proses sampai bisa mendapatkan hasil yang banayk. Anda harus tekun sabar untuk memperkenalkan blog sampai memiliki pengunjung yang banyak.

Umumnya, akun blog menunjukkan traffic yang tinggi akan bisa mendapatkan pemilik bisnis lain untuk memasang iklan di blog itu, selain mendapat upah, Anda bisa mendapatkan produk secara Cuma-Cuma dari pemasang iklan.

panduan bisnis online untuk pemula

Cara membuatnya mudah, Anda tinggal memilih platform yang tersedia secara gratis, misalnya Medium.com, WordPress.com, dan Blogspot.com. Jika masih bingung mau memilih yang mana Anda bisa search dan mempelajarinya lebih dulu. Setelah Anda memutuskan untuk menggunakan salahsatunya, Anda sudah bisa mengisi blog dengan tulisan, foto dan video sebanyak-banyak lalau Anda bagian ke media sosial yang lain biar Anda mendapat pengunjung yang banyak.

Memanfaat Aplikasi Youtube

Panduan bisnis online untuk pemula berikutnya adalah menjadi youtuber. Selain youtube sebagai media hiduran untuk mengisi dan menghilangkan kejenuhan anda, ternyata bisa menjadi lahan untuk mendapatkan uang banyak. Sudah banyak orang yang kaya gara-gara mereka terkenal melalui youtube. Cara membuatnya hampir sama dengan membuat blog, Anda harus menghasilkan video yang terang dan unik serta baik, jika Anda memiliki kemampuan editing yang bagus, Anda sangat cocok jadi youtuber.

Cara kerjanya, Anda harus menentukan dulu jenis video yang ingin kamu kirim kepada penonton, video itu bisa berupa, tutorial, film pendek, video blog ataupun lagu. Semua tergantung pada Anda saja, semakin bagus kualitas video yang Anda kirimkan peluang anda semakin besar untuk diminati oleh penikmat youtuber.

panduan bisnis online

Berjualan jasa Online

Panduan bisnis online untuk pemula berikutnya adalah jualan jasa secara online. Sekarang, profesi freelance semakin banyak diminati, ksusunya para pencinta dunia tulis menulis. Ada banyak yang bisa Anda kerjakan dengan menjadi freelancer diantaranya, Anda bisa menulis artikel, marketing, mendesain kartu nama, melakukan data entry dan banyak lagi jasa yang bisa anda kerjakan. Kerjanya mudah, jiak Anda lagi sedang tidak sibuk Anda bisa mengerjakannya yang penting Anda selalu bisa terkoneksi dengan internet, itu syarat utamanya. Keuntungan jadi freelancer itu Anda bisa bekerja meskipun hanya tinggal rumah.

Biar anda tidak bingung, ini begini mengerjakannya, Anda hanya diminta menentukan kemampuan dan jasa apa yang bisa Anda tawarkan seperti beberapa jasa diatas, bisa menjadi penulis artikel atau mendesain kartu nama. Semua tergantung pada minat dan kemampuan Anda.

panduan bisnis online untuk pemula

Cara yang lain, Anda bisa membuat bisa membuat website sederhana dan mengisinya dengan portfolio pribadi. Portofolio ini bertujuan untuk meyakinkan para klien dengan melihat kemampuan Anda yang tertera di portofolio. Jangan lupa untuk selalu menyebarkan informasi bahwa Anda bersedia mengerjakan pekerjaan freelance secara online. Hal Ini bisa membuka kesempatan yang besar buat Anda untuk dicari oleh orang yang menginginkan jasa Anda.

Akhirnya, itulah beberapa panduan cara berbisnis online. Penting untuk diingat Apapun pilihan bisnis online yang Anda lakoni dan jenis produk yang ditawarkan itu tidak ada artinya tanpa ada yang konsumen yang tertarik untuk membeli. Jadi Anda harus bekerja mencara cara bagaimana agar bisnis online anda bisa dikenali oleh orang banyak. Diatas sudah disebutkan cara memasarkan bisnis online, silahkan pelajari lebih lanjut.

Sekarang ini, dengan sulitnya mendapatkan pekerjaan di dunia nyata, harus ada cara lain untuk tetap bekerja untuk mendapatkan uang. Berbisnis online adalah salah satunya dan usaha jenis dipastikan akan terus berkembang seiring dengan semakin berkembangnya dunia teknologi. Slowly but sure, bisnis online anda akan berhasil dan bisa meraup untung yang lebih banyak sukses.

Demikian Panduan bisnis online untuk pemula yang bisa kami jelaskan, jangan lupa untuk selalu konsisten dan pantang menyerah dalam berbisnis online, layaknya bisnis offline bisnis online juga membutuhkan konsisten dan semangat yang tinggi untuk menjalankan bisnis online dengan sukses.

Jika bisnis Anda sudah berjalan dengan baik, akan jauh lebih baik jika Anda hire seseorang untuk menjaga bisnis online Anda. Rekrut karyawan terpercaya sehingga Anda bisa memiliki bisnis online yang menjadi bisnis pasive income Anda. Baca juga cara bisnis ikan hias

 

Related Articles