10 Tips Dan Panduan Bisnis Pemula Yang Wajib Diketahui – Siapa yang tidak ingin meraih kesuksesan diusia muda? Namun, apa sih sebenarnya arti dari sukses itu sendiri? Sukses memiliki arti dan standart berbeda-beda bagi setiap orang. Akan tetapi, yang sering kali menjadi toplak ukur sebuah keberhasilan yaitu jika sudah berhasil memiliki usaha tertentu dengan omset berlimpah. Banyak orang, terutama anak muda yang berbondong-bondong membangun kerajaan bisnis di berbagai sektor.

Alasannya adalah lelah menjadi karyawan yang selalu diatur oleh atasan dan terikat waktu, selain itu, penghasilan tak terbatas bisa diraih dari berbisnis.

Besarnya penghasilan yang bisa didapat dari menjalankan bisnis memang menjadi sesuatu yang diharapkan, tapi jangan lupa, jika usaha tersebut tidak dilakukan dengan tepat dan benar, maka justru kegagalan yang dirasakan. Ada pemikiran bahwa tidak semua orang mampu menjalankan usaha, karena berbisnis merupakan bakat.

panduan bisnis pemula

Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Setiap orang berhak dan mampu menjalankan bisnis dengan baik apabila mau bekerja keras dan terus berusaha. Belajar dari seorang pengusaha muda, yang juga invertor asal Amerika Serikat, Scott Gerber menuliskan panduan bisnis pemula agar bisa meraih kesuksesan dalam usaha yang digeluti, sebagai berikut:

10 Tips Dan Panduan Bisnis Pemula Yang Wajib Diketahui

Memulai bisnis dari hal yang disukai

Menggeluti usaha sesuai dengan hobi merupakan hal yang sangat menyenangkan, karena anda akan melakukannya dengan sepenuh hati. Jangan pernah memaksakan kehendak dalam membuka jenis usaha. Hanya karena melihat besarnya keuntungan yang akan di raih anda serta merta memilih menjalankan usaha tersebut tanpa mencintai bisnis itu. Hal itu merupakan kesalahan fatal yang dilakukan dalam memulai usaha.

Atau yang lebih ekstrim, melakoni usaha tersebut karena ingin dianggap keren dan beken. Masih muda tapi sudah mampu membuka usaha. Cobalah mencari peluang dari kegemaran yang membuat anda bahagia. Misalnya, jika anda pecinta anjing. Bisa menjalankan usaha jual beli anak anjing, perlengkapan kesehatannya, atau jasa perkawinan anjing.

Contoh lain, apabila anda hobi masak, juga bisa dijadikan ladang bisnis yang menguntungkan. Apalagi pesatnya media sosial bisa menjadi salah alternatif untuk memperkenalkan bisnis anda tanpa harus ada tempat fisik.

Fokus Pada Satu Bisnis

Mudahnya informasi yang bisa di dapat di internet memperkaya referensi peluang bisnis. Hal ini sering kali justru membuat orang bingung menentukan bidang usaha apa yang bisa dijalankan. Sehingga banyak orang justru mencoba melakukan beberapa usaha dalam waktu yang sama. Apakah hal ini salah? Tidak ada salah atau benar, karena tergantung dari setiap individu mampu atau tidak melakoninya, tapi jauh lebih bijak jika fokus pada satu bidang agar hasilnya lebih maksimal. Dengan fokus pada satu bidang, maka pemikiran terhadap usaha akan semakin terarah, sehingga semua ide bisa terwujud dengan baik dalam usaha yang anda jalankan.

panduan bisnis pemula

Menguasai Bidang Usaha

Untuk memulai usaha dibutuhkan modal yang bisa didapat dari manapun. Salah satunya adalah investor. Biasanya investor kurang tertarik dengan bisnis yang belum nyata hasilnya, namun tidak menutup kemungkinan mereka melihat adanya peluang besar dalam usaha anda. Peluang ini bisa diciptakan jika anda benar-benar memahami bisnis yang dijalani. Dengan Anda mampu menjelaskan analisa usaha yang akan atau sedang dijalankan dengan baik, maka investor akan tertarik pada bisnis anda dan menyetujui memberikan modal. Untuk itu, pentingnya memulai bisnis dari hal yang kita sukai karena anda akan secara keseluruhan memahami bidang usaha tersebut.

Mau selalu belajar

Sharing atau membagi pengalaman dengan oang lain, memiliki dampak yang baik, salah satunya adalah saling belajar dan melengkapi. Tidak ada pribadi yang sempurna. Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan. Demikian juga dengan kemampuan seseorang. Sesuatu yang bisa dilakukan dan dipikirkan individu satu, belum tentu dimikirkan dan dillakukan individu lainnya.

Untuk itu perlu bagi anda membuka diri dan terus belajar, agar usaha bisa semakin berkembang. Dengan bergaul bersama orang-orang yang sudah sukses akan memberikan energi positif dan pembelajaran bagi anda dalam mengembangkan bisnis. Memiliki sikap menutup diri dan tidak mau belajar akan membawa usaha anda dalam kegagalan. Pribadi yang berkembang adalah seseorang yang mau terus belajar.

panduan bisnis untuk pemula

Belajar Dari Kegagalan

Siapa sih yang ingin gagal? Tentunya tidak ada satupun diantara kita yang ingin mengalami kegagalan, demikian juga dalam dunia usaha. Anda tidak akan tahu peluang bisnis yang dipilih membawa kesuksesan atau justru kegagalan kalau tidak dijalankan. Sudah hal yang wajar jika harapan untuk suksesnya usaha adalah hal yang sangat didam-idamkan, namun bagaimana jika usaha tersebut tidak berjalan sesuai planing?

Kebangkrutan dan kerugian malah menghampiri dan usaha yang anda jalankan. Kegagalan bukan akir dari segalanya. Mungkin memang saat ini usaha yang sedang anda jalankan tidak berjalan baik. mulailah bangkit kembali dengan perencanaan baru yang lebih matang. Tetap semangat dan jadikan kegagalan itu sebagai pemicu untuk semakin bekerja keras memulai usaha baru.

panduan bisnis

Buktikan, Jangan Hanya Bicara

Sering kali orang bersikap nyinyir dengan semua impian tentang bisnis yang akan anda jalankan. Cara menjawab orang yang bersikap seperti ini adalah dengan tindakan nyata, dan bukan hanya bicara. Menunjukkan kepada mereka bahwa anda mampu mewujud nyatakan semua impian tersebut dengan hasil maksimal. Dan mereka akan menghargai hasil karja keras anda.

Tidak Merubah Gaya Hidup

Gaya hidup akan berubah seiring dengan banyaknya pendapatan yang diraih. Hal ini sudah sangat lumrah terjadi di negara ini. Namun hal ini tidak berlaku dalam panduan bisnis pemula. Jika anda membayangkan menjadi pengusaha akan memiliki mobil mewah, rumah mewah, gaya hiudup perlente. Ya, memang benar kemewahan tersebut bisa anda dapatkan jika nanti usaha benar-benar sudah berkembang pesat. Teteaplah hidup sederhana dan jangan merubah gaya hidup saat baru merintis usaha. Nikmati prosesnya sampai semua impian anda bisa tercapai dengan terus berusaha dan berdoa.

Menjaga Kesehatan

Kesibukan sering kali membuat anda mengesampingkan kesehatan. Selalu lembur, lupa makan dan memiliki gaya hidup tidak sehat dengan mengkonsumsi banyak kopi tanpa asupan gizi yang baik. Dengan kebiasaan tersebut, anda akan mudah terserang penyakit. Lalu siapa yang akan menjalankan usaha anda? Hindari melakukan hal-hal salah dengan memforsir kondisi tubuh. Jagalah kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan teratur, olah raga, memiliki waktu tidur cukup, dan minum vitamin. Sehingga anda akan lebih produktif dan menghasilkan ide-ide cemerlang untuk kemajuan bisnis anda.

panduan bisnis untuk pemula

Memiliki Target Harian

Target merupakan hal yang wajib diperhatikan dalam memulai usaha. Berapa omset yang ingin anda raih dalam satu hari? atau sehari berapa klien yang harus menyetujui bekerja sama dengan anda? Dengan memiliki target, maka akan semakin memotifasi untuk menjalankan usaha. Sebagai calon orang sukses, anda harus memikirkan dengan cermat target harian yang ingin dicapai.

Tanpa target maka bisnis akan berjalan lambat, karena tidak adanya tujuan yang ingin diraih. Target ini juga harus anda tanamkan para karyawan di tempat usaha anda, agar bisa bekerja sama dengan baik dan mendapatkan penghasilan yang maksimal. Dengan adanya target juga akan memaksimalkan waktu kerja, sehingg tidak membuang waktu dengan percuma.

target bisnis

Tahu Kapan Berhenti

Jika berbagai upaya sudah anda lakukan untuk membuat bisnis anda berhasil, namun ternyata tetap saja tidak mengalami perubahan, inilah saatnya untuk berhenti. Orang yang memiliki kebijaksanaan, tahu waktunya berusaha, juga tahu kapan saatnya berhenti. Semua hal sudah anda lakukan dan mengupayakan semaksimal mungkin agar bisnis mengalami kemajuan, tetapi justru semakin buruk kondisinya.

Cobalah untuk melapangkan dada, dan bersikap bijak untuk berhenti dalam bisnis tersebut. Bukan berarti anda berhenti berusaha. Tapi menghentikan usaha yang saat ini sedang anda jalankan. Situasi ini memang sangat tidak menyenangkan, apalagi jika modal yang sudah anda keluarkan cukup besar.

Demikian 10 tips dan panduan bisnis pemula yang bisa anda jadikan referensi untuk memulai usaha. Terus semangat dan jangan pernah ragu melangkah dalam mewujudkan impian usaha anda. Jalani dan nikmati semua prosesnya dengan penuh tanggung jawab dan kerja keras. Selamat mencoba. Baca juga panduan bisnis modal kecik


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.