Peran seorang ibu dalam keluarga adalah sangat penting, ibu yang selalu dirumah mengurus anak adalah ibu yang baik akan tetapi menghasilkan uang dan tetap dirumah bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan oleh para ibu. Anda bisa melakukanya dengan cara memulai usaha rumah tangga.

Usaha sampingan yang dikerjakan dirumah dapat dilakukan oleh siapapun mahasiswa, siswa, karyawan ataupun ibu rumah tangga akan tetapi ibu rumah tangga sangatlah cocok melakukan usaha ini karena selain dirumah ibu juga memiliki banyak waktu luang untuk melakukan usaha usaha kecil.

Sekarang sudah tidak jamanya lagi seorang ibu hanya diam diri dirumah tanpa melakukan apapun, karena sudah banyak sekali pengalaman yang dialami oleh kebanyakan ibu mengisi waktu luangnya untuk usaha dan sudah banyak yang sukses meraup banyak sekali uang. Justru usaha ini sangat baik dijalankan oleh ibu rumah tangga karena biasanya ibu memiliki relasi yang baik dengan tetangganya bukan.

Ibu bisa mengganti kebiasaan seorang ibu ibu rumah tangga ngerumpi diganti dengan kegiatan yang lebih bermanfaat yakni usaha rumah tangga. Ada banyak sekali ragam apa yang akan diusahakan atau dijadikan usaha oleh ibu rumah tangga. Jangan menjadikan status ibu rumah tangga menjadi halangan untuk berbisnis karena sekarang jaman sudah berkembang sang ibu juga akan lebih mudah mencari informasi untuk membuat usaha apa yang dirasa mudah dan menghasilkan uang.

Bisnis sampingan Ibu Rumah Tangga

apakah anda tertarik untuk memulai bisnis sampingan rumah tangga ? bisnis rumahan memang merupakan bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan besar. Nah jika anda bingung untuk memulai bisnis sampingan rumah tangga maka akan kami jelaskan sebagai berikut :

Untuk memulai berbisnis rumahan anda harus melakukan hal hal sebagai berikut untuk memulainya :

  1. Anda harus mendapatkan dukungan keluarga, dukungan keluarga memiliki arti yang sangat penting sekali bagi seorang yang ingin memulai usaha. Dukungan keluarga bisa berupa pendapat atau usulan mengenai usaha apa yang sekiranya cocok dilakukan. Karena memulai usaha tidaklah asal asalan, harus penuh pemikiran dan kemantapan nah disini pihak keluarga sangat berperan untuk memberikan ide dan menyakinkan akan usaha.
  2. Mulailah belajar administrasi yang sederhana dulu karena meskipun hanya berbentuk usaha kecil kecilan rumah akan tetapi yang namanya usaha tetap akan membutuhkan penguasaan dalam beradministrasi. Seperti contoh apa saja yang bisa dilakukan misal mulai mencataan segala bentut pencatatan atau pengelolaan keuangan dengan cermat. Karena dalam berbisnis anda harus mengetahui kemana uang keluar dan masuk dalam operasional maupun pembuatan produk supaya anda mengetahui berapa jumlah keuntungan di periode tertentu.
  3. Anda harus memikirkan proses pengembangan usaha karena meskipun usahanya termasuk usaha yang kecil akan tetapi tidak ada salahnya jika usaha terus dikembangkan menjadi lebih besar. Dala arti kenapa anda tidak memulai memikirkan bagaimana cara mengembangkan usaha ini. Anda bisa memulai dengan mulai menyimpan keuntungan dari usaha kecil anda.
  4. Jangan takut untuk gagal, jika seseorang melakukan usaha bisnis maka akan ada dua kemungkinan dimasa mendatang yakni kegagalan atau keberhasilan. Jika anda benar benar ingin melakukan usaha maka jangan biarkan rasa takut akan kegagalan meghalang halangi niat anda untuk berusaha. Lakukan yang memang menurut anda baik dan akan membawa keberhasilan.
  5. Anda harus bisa karena kebiasaan, semua orang yang ingin mengawali usaha memang benar benar belajar dari awal mulai dari null, maka ketika anda sudah mendapatkan petunjuk mengenai usaha yang akan anda lakukan anda harus selalu mencobanya dan melakukanya supaya anda menjadi biasa dan bisa. Contohnya jika anda ingin mulai berbisnis catering dan anda tidak bisa memasak maka anda harus belajar supaya anda bisa mewujudkanya.
  6. Memberikan yang terbaik untuk pelanggan anda, ketika kita memulai usaha kecil dan masih sedikit pelangganya maka anda harus melayani sebaik mungkin karena dengan pelayanan yang baik maka akan membawa dampak yang baik bagi usaha anda.

Peluang Usaha Kerja Dari Rumah

usaha atau bisnis rumah tangga merupakan kerja yang menghasilkan uang dan tidak perlu meninggalkan tanggung jawab dirumah. Kerja dari rumah? kenapa gak mungkin tak jarang sekarang banyak sekali usaha yang dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk mengisi waktu luangnya dan tetap menghasilkan uang.  Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan kerja dari rumah yakni dengan cara bekerja online.

Mungkin kita tak habis fikir yak ok bisa bekerja hanya dirumah saja. Namun sudah banyak sekali orang yang mempraktekkan hal ini misalnya seperti berjualan online atau bekerja frelance yang secara online, jenis pekerjaan online seperti bisa dilakukan hanya dirumah saja.

Jika anda tidak terlalu faham dengan bisnis online maka jangan khawatir saya akan memberikan anda saran bisnis yang bisa dilakukan secara online dan tidak. Berikut adalah jenis bisnis rumahan yang bisa anda lakukan :

  1. Bisnis catering
  2. Berjualan online
  3. Menjahit baju
  4. Menulis freelance
  5. Menjadi Guru Private
  6. Jasa pembuatan website atau blogging
  7. Menjual pulsa
  8. Usaha kue
  9. Menjual kerajinan
  10. Jasa translate
  11. Membuat wordpress
  12. Menjadi designer

Dan banyak lagi model usaha bisnis yang dari rumah dan menghasilkan bahnyak keuntungan. Mungkin bagi ibu rumah tangga ini bisa menjadi opsi bagi anda sebagai usaha rumahan.

Bisnis Usaha Kecil yang Bisa Dijalankan Dari Rumah

jika anda ingin memiliki uasaha yang dilakukan dirumah dan mendapatkan penghasilan yang lumayan maka anda bisa memulai dengan membangun usaha, jika tidak bisa membangun usaha yang besar mulai dulu dengan membuka usaha kecil. Usaha kecil ini adalah usaha yang dibangun dalam skala kecil yang hanya membutuhkan modal kecil dan pegawai sedikit.

Akan tetapi banyak sekali usaha kecil yang didukung dengan teknologi yang semakin canggih akan menjadikan usaha kecil dapat memberikan keuntungan yang lumayan besar juga. Selain bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar usaha kecil ini dapat dikerjakan secara fleksibel.

Usaha kecil jika anda trus mengembangkanya dan ulet dalam menjalani bisnis maka usaha ini akan berkembang menjadi besar, jangan khawatir jika akan gagal karena usaha kecil hanya membutuhkan modal yang sedikit dan tidak akan berdampak kerugian yang besar. Contoh usaha kecil yang berkembang pesat adalah perusahaan kue, mungkin awalnya sang pemilik hanya membuat kue untuk acara di keluarga saja hingga ketika banyak yang tertarik maka akan dibuatkan kiosnya. Dan terus berkembang hingga memiliki cabang toko dimana mana.

Oleh karena itu anda jangan berpatah semangat ketika ingin membangun usaha meskipun diawali dengan usaha kecil terlebih dahulu. Karena seperti banyak pengalaman yang dilakukan banyak orang bahwasanya banyak sekali usaha kecil yang bisa menjadi besar dalam beberpa kurun waktu saja.


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.