8 Cara Bisnis Ikan Hias Untung Besar Untuk Pemula!

cara bisnis ikan hias

8 Cara Bisnis Ikan Hias Untung Besar Untuk Pemula!  Berbisnis selalu saja melekat di hati masyarakat. Jika dulu usaha bisnis sangat terbatas, sekarang berbagai jenis usaha terbuka lebar dan bisa dilakukan, salah satunya yang menjadi topik dalam artikel ini yaitu cara berbisnis ikan hias.

Jika Anda pernah mengunjungi beberapa rumah kerabat, mungkin pernah menemukan Aquarium yang berisi beragam jenis ikan hias di dalamnya, baik yang ditempatkan di teras rumah maupun yang ditempatkan diruang tamu. Tapi ada yang lebih heboh lagi yaitu menempatkan ikan hias dalam jumlah yang banyak dikolam. Ini jadi pertanda bahwa ikan hias memikat hati penghuni rumah.

Dengan adanya ikan hias bisa menambah keindahan ruangan dan mungkin bisa mengusir kebosanan saat anda memandanginya. Selain dijadikan sebagai hiasan rumah, ikan hias sangat potensial dijadikan lahan bisnis untuk memperoleh omset yang tinggi. Biar anda bersemangat, berikut artikel akan membagikan cara menjalankan bisnis ikan hias.

cara bisnis ikan hias

Lokasi Bisnis

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah tempat dimana akan menjalankan roda bisnis. Pemilihan tempat yang sesuai akan mempengaruhi kelangsungan hidup bisnis Anda. Dimanakah sebaiknya bisnis ditempatkan? Pilihlah lokasi yang ramai dimana terlihat banyak orang berinteraksi disitu, hal ini perlu sebagai cara promosi untuk menarik minat para calon-calon konsumen. Jika perlu, anda bisa membangun relasi dengan para pecinta ikan hias, ini juga salah satu cara yang bisa memberikan peluang tambahan bagi demi perkembangan Bisnis Ikan hias Anda.

bisnis ikan hias

Target Pemasaran

Lokasi bisnis sudah siap, selanjutnya anda harus menentukan target pemasaran, menjalankan usaha ikan hias itu berpengaruh pada usia. Siapapun memiliki hak sama untuk mendapatkan penghasilan dari usha ini, baik dari anak-anak maupun yang sudah dewasa. Karena ikan hias memang disukai banyak kalangan, sehingga peluang mendaptkan keuntungan juga banyak.

Walaupun ikan hias disukai banyak orang, Anda tetap harus mengerti tentang keinginan atau minat para konsumen dan pengetahuan yang cukup mengenai ikan hias supaya bisa mendapatkan cara yang tepat untuk memulai bisnis Anda.

Memahami Ikan Hias

Berbisnis ikan hias memang menyenangkan, apalagi Anda memiliki pengetahuan mengenai ikan hias. Ada beberapa peralatan yang perlu Anda miliki untuk memperlancar jalannya usaha ikan hias ini. Alat-alat yang dimaksud seperti aquarium tempat tinggal ikan, pompa air, filter, jaring, sampai  assesoris yang digunakan untuk mempercantik aquarium. Jika perlata sudah lengkap, Anda akan semakin bersemangat menjalankan usaha ikan hias sehingga bisa mendapatkan pelanggan yang banyak.

Di Perairan Indonesai, kurang lebih ada 700 macam ikan hias, Ada yang dilindungi ada juga yang boleh dikembang. permintaan pasarpun yang beragam dan pelanggan yang hadir juga dari berbagai kalangan.

cara bisnis ikan hias

Memahami Peluang Bisnis Ikan Hias

Untuk kelas menengah ke bawah misalnya, anda dapat menjual ikan hias jenis cupang, koki, hingga koi, atau berbagai macam ikan lainnya. Untuk kalangan menengah ke atas ada yang tertarik pada ikan louhan, arwana, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari hal itulah anda mampu mengenali pangsa pasar lebih luas untuk lebih mengetahui minat masing-masing pelanggan.

Setelah mengetahuinya, mari fokus ke jenis ikan hias yang akan anda jual. Di awal bisnis, sebaiknya anda fokus ke satu jenis ikan. Pilihlah satu jenis dulu, air tawar atau air laut.

Ikan Hias Air Tawar

Harga Ikan air tawar ini beragam. Mulai dari yang murah seperti ikan cupang, ikan koi yang harga jualnya mulai mencapai 3000 serta ikan guppy dan ikan arwana yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Karena harganya yang relatif murah membuat jenis ikan ini banyak diminati masyarakat. Murahnya harga ikan jenis ini disebabkan karena proses pembudidayaannya sangat mudah.

panduan bisnis ikan hias

Ikan Hias Air Laut

Usaha ikan laut masih tergolong masih sedikit. Untuk ukuran, jenis usaha ini lumayan cukup sulit Selain karena harga jualnya yang sangat mahal, dan cara perawatannya sedikit sulit. Sebagai pemula akan sulit menari konsumen untuk produk ini. Mungkin berbeda dengan pelaku yang sudah lama membudidayakan usaha ini. Jika anda pernah berkunjung ke Papua, tepatnya di raja ampat.

Disana Anda akan menemukan beragam jenis ikan hias yang bagus atau ke wakatobi sulawesi tenggara. Nah indonesia masuk ke dalam coral triangle, tepatnya di indonesia sebelah timur. Ada yang bilang wilayah Indonesia Timur adalah gudangnya segala jenis ikan dengan bentuk dan warna yang indah memikat.

Jika saja berniat mengembangkan Bisnis Ikan hias jenis air laut, ada baiknya sesekali mengunjungi tempat yang disebutkan diatas. Siapa tahu setelah berkunjung ke tempat itu Anda mendapat inspirasi tentang jenis ikan laut yang menarik Anda untuk dibudidayakan, selain itu Anda juga bisa menemui pelaku bisnis ikan hasil air laut di wilayah itu.

ikan hias laut

Promosi Ikan Hias

Sebagai ajang promosi, maka anda perlu mempromosikan ikan hias sebagai usaha. Ada berbagai macam cara yang dapat anda jadikan contoh jitu dalam memperlancar usaha ikan hias tersebut. Dengan media sosial misalnya, anda juga bisa mengenalkan berbagai macam ikan hias dengan lengkap.

Dari nama jenis ikan, foto, hingga harga yang anda cantumkan.Nilai Tambah Bahkan, anda juga bisa memberikan layanan tambahan seperti pesan-antar untuk para pelanggan yang sangat berminat namun tidak memiliki banyak waktu dalam membeli secara langsung.

Jadi anda mampu untuk ‘menjemput bola’, bukan hanya ‘menunggu bola’. Ada juga cara lain seperti paket makanan hingga aksesoris ikan agar pelanggan lebih mudah dalam mengatur ketersediaan makanan ikan hiasnya. Jadi, dengan menggunakan jadwal makanan ikan yang sesuai dengan kebutuhan ikan.

Tips Peluang Bisnis Ikan Hias

Supaya bisnis ikan hias anda laku dipasaran maka anda harus mengetahui cara pemasaran yang benar, yaitu dari harga bagi pemula yang baru membuka lapak tidak ada salahnya bila anda memberi harga sedikit murah untuk menarik konsumen untuk selanjutnya dapat anda sesuaikan, selain itu tidak ada salahnya bila anda menyebarkan pamphlet disertai promo ke orang-orang tentang bisnis anda dan karena sekarang teknologi semakin canggih maka tidak ada salahnya bila anda melayani pembelian secara online itu untuk memperluas pemasaran dan anda juga dapat membuka lapak di online. Apabila anda ingin bisnis yang anda jalani sukses maka manfaatkan segala peluang yang ada.

bisnis ikan hias sukses

Dalam menjalankan bisnis untuk ikan hias selain harga untuk daya tarik pembeli, tetapi juga pada jenis ikan yang anda jual, anda harus dapat mengikuti kebutuhan masyarakat akan ikan hias supaya kebutuhan masyarakat dapat anda penuhi, selalu mencari ikan hias yang menarik adalah tugas utama anda, selain itu juga untuk mendapatkan untung yang banyak anda juga perlu memperhatikan pada perkembangbiakan ikan, untuk bisnis sebaiknya anda jangan mengambil ikan dari pedagang lain, tetapi sebaiknya anda yang menjadi pemasok bagi pedagang ikan yang lain, maka dari itu anda harus paham akan perkembangbiakan ikan yang benar.

Untuk menjalankan bisnis ikan hias pada umumnya cukup mudah apalagi jika anda bekerja dengan passion sehingga akan terasa sangat ringan, Tetapi karena ini adalah bisnis maka anda juga perlu memperhatikan persaingan, anda harus mencari cara supaya bisnis anda dapat berjalan bahkan dapat menjadi besar, maka dari itu sebelum bisnis dimulai anda memang perlu persiapan yang matang sehingga anda akan siap dengan keadaan apapun yang terjadi di pasar.

Nah, itulah beberapa cara membangun bisnis ikan hias yang bisa anda gunakan. Memang tidak ada yang mudah dalam hal mengelolah satu usaha, namun jika anda mau untuk bekerja keras, tekun bekerja, terus belajar dan mau belajar dari pengalaman, maka semua hal itu akan mampu memberikan manfaat tersendiri bagi diri dan bisnis anda serta  bagi orang lain. Jadi, kesimpulannya jangan pernah takut untuk mencoba, karena ketekunan dan konsistensi dalam usaha ini akan membawa anda kepada kesuksesan. 

Selain dari beberapa cara promosi diatas, cara promosi lainnya adalah dengan memanfaatkan sosial media instagram, dengan memotret kecantikan ikan hias yang Anda jual dan menyebarkan foto tersebut di sosial media instagram, jangan lupa untuk di edit dimasukan alamat toko atau nomor kontak yang bisa di hubungi. Demikian beberapa cara bisnis ikan hias, baca juga panduan bisnis untuk pemula

Related Articles