10 Panduan Bisnis UKM Agar Cepat Sukses – Mungkin Anda setuju bahwa bekerja tanpa adanya aturan formal yang mengikat lebih menyenangkan dibanding dengan bekerja yang diatur oleh banyak aturan. Salah satu contoh usaha yang tidak mengikat adalah usaha mandiri. Menjalankan usaha model seperti ini, anda “bebas” menentukan kapan waktu mulai bekerja dan kapan bisa beristirahat. Semuanya tergantung Anda, itulah keuntungan usaha mandiri. Tulisan ini akan mengajak Anda memahami cara menjalankan bisnis UKM.

Biar lebih gampang, Anda pahami dulu apa itu Bisnis UKM? Umumnya orang memberikan pengertian bahwa satu usaha yang dikerjakan industri makro atau kecil yang biasanya bertempat tinggal di rumah-rumah dan mayoritas dilakoni oleh ibu-ibu. Iya bisnis kecil, tetapi jangan terkecoh dengan kata kecilnya karena meskipun Bisnis ini berstandar kecil, para pelakunya bisa mendapatkan hasil yang sangat besar sampai jutaan rupiah. Berikut beberapa tips membangun Bisnis UKM.

cara bisnis ukm

Perlihatkan bahwa UKM Anda itu Unik

Karena mengerjakannya tidak sulit, bisnis UKM kini sudah memiliki banyak peminat, akibatnya tingkat persaingan antara pelaku UKM semakin tinggi. Kalau sudah tinggi persaingan, Anda harus mencari cara agar produk UKM Anda itu menarik dan bisa mengungguli yang lainnya. Salah satu caranya, Anda harus memperlihatkan keunikan, misalnya Anda bisa mendaur ulang satu bahan yang sudah tidak dipakai lagi menjadi sesuatu yang berguna kembali dan hanya UKM anda yang bisa memproduksinya. Inilah yang disebut unik.

 Miliki Kemampuan Untuk Menghasilkan Produk Baru

Salah satu nilai tambah bagi pelaku UKM adalah jika mereka punya keterampilan menghasilkan suatu produk yang bentuknya baru. Baru disini bukan berati belum ada sama sekali, yang dimaksud itu misalnya, barang lama yang sudah tidak diproduksi lagi, tapi karena anda memiliki kemampuan untuk mengolah sehingga menjadi bahan baru. contohnya, Peralatan rumah tangga, alat-alat peternakan dan mungkin juga alat-alat pertanian.

Jika Anda memiliki kemampuan itu, jangan sia-siakan, itu modal tambahan untuk bisa menarik perhatian para konsumen dan penghasilan yang besar, karena tidak semua orang bisa melakukannya. Intinya kemampuan yang Inovatif sangat berguna bagi pengembangan Bisnis UKM.

cara bisnis ukm

Berikanlah Barang yang Berguna dan harga yang murah

Barang yang berguna oleh semua orang tentulah sangat laris  di pasaran, seba apabila barang yang anda produksi bisa bermanfaat bagi semua orang, barang tersebut akan diminati. Contohnya, Anda bisa memproduksi barang seperti pakaian, sepatu, tas, mebel, alat kebersihan, perabot rumah tangga dan lainnnya.

Mengawali bisnis dengan modal sedikit berarti anda harus bisa menekan biaya produksi serendah mungkin. Dengan begitu barulah anda bisa menjual barang dengan harga terjangkau, barang dengan harga murah tetapi berkualitas tentu lebih akan lebih banyak dicari oleh para konsumen..

Beriku ada beberap contoh yang disajian mengenai bisnis UKM yang sudah banyak berkembang di masyrakat Indoensia, khususnya masyarakat yang bermukim diperkotaan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Bisnis UKM Kuliner

Dalam menjalankan bisnis di bidang kuliner, ada dua faktor penting yang harus senantiasa kita perhatikan, yaitu kualitas pelayanan dan kualitas makanan. Meskipun Anda memiliki makanan dengan cita rasa enak, namun jika pelayanan kurang bagus, maka pelanggan juga akan malas untuk membeli, sebaliknya jika pelayanan yang Anda berikan bagus tetapi rasa masakan kurang enak, juga bisa membuat para pembeli kurang tertarik membeli.

panduan bisnis ukm

Bisnis UKM Makanan Ringan

Makanan ringan banyak disukai hampir semua kalangan khususnya anak-anak. Bisnis makanan ringan bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis namun terkendala akan modal, karena menjalankan bisnis makanan ringan, Jumlah modal yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi. Karena untuk urusan tempat Anda bisa memanfaatkan halaman rumah yang masih kosong, baik itu dibagian teras maupun dibagian samping rumah, sementara untuk promosi bisa dari mulut ke mulut, karena target pasar hanya masyarakat sekitar.

Jika dilihat dari segi prospek, Bisnis UKM makanan ringan tergolong jenis usaha yang cukup berat, tertuama jika Anda bermukim di desa yang  hampir seluruh masyarakatnya bekerja sebagai pedagang. Untuk memenangkan persaingan ini, setidaknya Anda harus memiliki cara yang ampuh, misalnya, Anda bisa menawarkan harga lebih rendah, salah satu menyiasatinya adalah dengan membeli makanan pada saat ada promo.

Bisnis UKM Kue Kering

Hampir semua orang menyukai kue kering. Menjalankan Bisnis UKM kuliner kue kering pendapatannya cukup menjanjikan juga. Bisnis ini sangat  cocok dikerjakan oleh ibu-ibu yang hobi membuat kue. Untuk meningkatkan omset, Anda bisa mencoba bisnis ukm go online dengan cara membuat toko online untuk memasarkan kue tersebut atau jika tidak ingin mengeluarkan modal untuk buat toko online, Anda bisa mencoba memperkenalkan melalui Media Sosial seperti Facebook, Twitter atau melalui Instagram.

bisnis ukm makanan ringan

Mungkin yang perlu dicatat bahwa bisnis kue kering ini bukan bisnis musiman, karena yang menyukai banyak maka permintaan akan selalu ada setiap harinya. Biasanya permintaan meningkat saat menjelang hari raya. Disarankan, Anda yang ingin menjalankan bisnis kuliner kue kering. Buatlah kue yang sudah populer di masyarakat misalnya, Kue nastar, Kue kastengel Bisa juga dengan membuat kue kering karakter yang dipesan oleh pengunjung baik secara datang secara langsung maupun pesan melalui online.

Bisnis UKM Keripik Singkong

Hampir setiap daerah punya usaha produksi Keripik singkong  dalam bentuk kemasan. Artinya  bisnis ini bukanlah sebuah bisnis kuliner baru. Maka persaingannya pasti ketat, walaupun begitu ketat, permintaan para konsumen juga semakin bertambah. Jadi peluang usaha kuliner keripik singkong masih sangat diminati masyarakat. Untuk memulai, Anda bisa belajar dari produsen keripik singkong yang sudah berpengalaman. Dari belajar itulah, Anda akan tahu bagaimana membuat keripik singkon menjadi menarik sehingga diburu warga.

Bisnis UKM Seni

Kesenian di indonesia sangat banyak ragamnya, dan sudah banyak UKM yang menjalankan usaha ini. kesenian pasti akan selalu ‘hidup’ karena ada nilai lebih dari karya yang dibuat oleh tangan manusia dibandingkan dengan buatan mesin. Bedanya terletak pada inovasi dan keunikkan dari hasil karya yang dibuat, dimana hampir mustahil satu produk memiliki motif yang sama dengan produk lainnya, inilah salah satu keunggulan bisnis di bidang kesenian.

bisnis ukm seni

Bisnis UKM Menjahit

Menjahit adalah satu keterampilan yang bisa mendatangkan keuntungan. Usaha ini akan selalu ada sepanjang manusia masih membutuhkan penutup tubuh. Saking pentingnya kemampuan ini, di Universitas sudah tersedia jurusan menjahit. Untuk menjalankan usaha ini, Anda hanya butuh 2 hal yaitu, Kemampuan dan peralatan. Tanpa Anda memiliki kemampuan menjahit yang baik, maka hasil jahitan sebuah bahan juga tidak akan bisa rapi yang bisa membuat para pelanggan menjadi tidak puas.

Kedua Anda harus memiliki peralatan yang cukup, sehingga tidak merasa kesulitan saat sedang bekerja. Mengenai modal yang diperlukan untuk membuka usaha jahit pakaian tidaklah sebanyak yang banyak orang pikirkan, karena kita hanya perlu menyiapkan modal kurang dari 3 juta untuk membeli perlengkapan menjahit. Dalam menjalankan usaha menjahit, selain kemampuan menjahit yang baik, wawasan tentang dunia fashion yang up to date juga diperlukan, untuk menjadikan usaha jahit kita memiliki nilai lebih.

bisnis ukm menjahit

Bisnis UKM Beternak Ayam

Usah ternak ayam sudah sangat membludak, khususnya ayam potong. Ini salah satu jenis usaha yang juga bisa menghasilkan keuntungan yang banyak, Kebutuhan masyarakat untuk mengkonsumsi ayam masih sangat, malah sekarang karena ikan lebih mahal dari daging ayam, orang lebih banyak menyerbu daging ayam. Sehingga peluang mendapatkan keuntungan dari usaha ini cukup tinggi.

Salah satu yang mungkin jadi kendala jika Anda tertarik mengembangkan Bisnis UKM ini adalah masalah masa pertumbuhan ayam lumayan lama, anda harus bersabar menunggu hingga 60 sampai 70 hari baru bisa dipasarka. Tetapi dengan perkembangan teknologi, waktu yang lama tadi menjadi sedikit lebih cepat yaitu kira-kira waktu 40 hari ayam sudah bisa dijual.

panduan bisnis ukm

Itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk memulai bisnis UKM, cara yang sudah diberikan diatas bisa menjadi panduan untuk memulai usaha bisnis ukm Anda. Setiap usaha harus dibarengi dengan ketekunan dan kesabaran. Sebagai pemula Anda harus benar-benar memahami Bisnis anda, selain itu jangan lupa untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan, sehingga Anda bisa membuat produk yang terbarukan walaupun dari hasil daur ulang. Baca juga cara bisnis ukm


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.