Cara Bisnis Travel Yang Menguntungkan  Saat ini, traveling sudah menjadi satu budaya populer tidak saja di Indonesia tetapi juga di seluruh Dunia. Dengan tingginya jumlah orang yang menyukai traveling mengunjungi destinasi wisata diberbagai tempat, maka banyak juga pelaku usaha mencuri kesempatan ini untuk mengelolah usaha agent travel.

Mungkin ini salah satu usaha yang sedang populer di Indonesia.Untung yang mereka dapatkan juga bukan main, jumlahnya fantastis. Travel agent dibutuhkan untuk memudahkan aktivitas banyak orang. Artikel kali ini akan mengajak Anda untuk melihat bagaimana cara mengelolah bisnis travel, sehingga bisa mendatangkan keuntngan yang banyak

Bagi yang sudah pernah traveling dengan menggunakan jasa agen travel pasti sudah tahu bagaimana urusan menjadi mudah.  Agent travel merupakan sebuah perusahaan jasa yang sudah dibutuhkan banyak orang untuk mempermudah urusannya, baik untuk pekerjaan atau hanya sekedar berlibur.

cara bisnis travel

Belum lagi kesibukan seseorang membuat mereka tak memiliki waktu untuk mengurus beberapa keperluan, seperti tiket penerbangan, surat perjalanan, dan penginapan, membuat peluang bisnis travel agent semakin besar. Namun, seperti yang ada ketahui bahwa sudah menjamurnya travel agent membuat Anda harus berpikir kreatif untuk mendirikan salah satu peluang bisnis ini.

Sebagai tambahan, mengelolah bisnis travel agent bisa dengan dua cara. Pertama adalah dengan mendirikan badan usaha sendiri, yang biasanya travel agent ini memiliki modal yang cukup besar karena mereka harus memiliki izin, seperti badan usaha, BPW, ASITA, IATA. Sedangkan cara kedua adalah dengan menjadi sub agent daru travel agent yang lebih besar, biasanya prosesnya tak begitu sulit dengan modal yang tak begitu banyak.

5 Cara Bisnis Travel Yang Menguntungkan

Tentukan Agent prioritas

Sebuah bisnis travel bisa berjalan dengan baik dan bertahan, jika yang diurusi hanya terfokus pada satu titik saja. Seperti yang di awal dikatakan bahwa fungsi sebuah travel agent bukan hanya untuk pekerjaan saja. Ada banyak sekali jenis travel agent, di antaranya adalah travel haji, umrah Haji, Umrah, Tour wisata domestic, Tour wisata mancanegara, Tiket pesawat domestic, Tiket pesawat internasional, Penukaran uang atau Money changer, voucher hotel dan reservasi hotel. Nah, ini yang harus Anda pilih.

Apakah Anda hanya menawarkan rout wisata domestik, servasi hotel, sebagai travel agent haji dan umrah, atau malah semuanya. Untuk memudahkan makan, Anda harus punya agent prioritas dan pastikan menampilkan hal yang unik dan sedikit berbeda dengan usaha yang lain.

bisnis travel

Keuangan, kepribadian dan relasi

Dimana-mana, mendirikan satu usaha harus mempunya modal awal, entah itu dalam jumlah yang banyak atau kecil, jumlah kedu-duanya sama bisa digunakan untuk mengelolah usaha, bedanya hanya pada jenis usaha saja, ada usaha yang membutuhkan modal banyak ada juga yang kecil.

Dalam mendirikan sebuah bisnis travel agent, ada 3 modal yang harus dimiliki. Pertama modal personal yang meliputi tentang karakteristik Anda. Modal kedua adalah modal nominal yang bisa dihitung, misalnya seperti modal tabungan, kendaraan, kantor/bangunan, hingga badan usaha resmi.

Yang ketiga adalah modal dasar profesional seperti Anda memiliki banyak kenalan dalam bidang yang sama, memiliki jaringan yang kuat dan relasi yang luas, dan sebagainya. Modal-modal inilah yang dibutuhkan jika Anda mendirikan sebuah travel agent. Ketika modal itu sangat menentukan keberhasilan usaha Anda.

cara bisnis travel

Memiliki Kreatifitas

Salah satu penentu satu usaha bisa bertahan adalah karena pelakunya bisa berfikir kreatif. Bisnis travel agent bukan hanya mengurusi pekerjaan, tetapi juga apket tur liburan. Seperti di awal dikatakan bahwa travel agent saat ini bagai jamur di musim hujan. Anda harus berpikir kreatif untuk bisa menarik konsumen.

Jika Anda memiliki paket tour, sebaiknya susun kegiatan wisata yang menarik agar konsumen tak bisa melupakan moment bahagia tersebut, pun agar konsumen tak merasa dirugikan dengan nominal yang sudah dia keluarkan untuk Anda. mampu berfikir kreatif berarti anda telah mempunya senjata untuk menggait para konsumen.

Bangun Relasi

Selain modal keuangan untuk mengelolah usaha, relasi dengan beberapa instansi atau perusahaan bisa memperjlancar jalannya bisnis Anda. Seseorang yang akan berlibur tentu tak hanya memikirkan masalah tempat wisata saja bukan? Mereka juga membutuhkan setidaknya penerbangan/transportasi yang nyaman, sebuah penginapan, dan mungkin saja sebuah restaurant untuk makan malam. Inilah yang harus dipikirkan sebagai travel agent.

bisnis travel

Anda harus bekerja sama dengan perusahaan lain. Misalnya mulai dari beberapa maskapai, hotel berbintang hingga kelas melati, restaurant, bahkan butik. Kerja samalah dengan mereka untuk mendapatkan voucher sehingga konsumen tertarik mengikuti paket tour yang Anda tawarkan. Bisnis travel Inilah salah satu usaha yang membutuhkan banyak persyaratan, mulai dari ijin dari lingkungan yang paling kecil, RT hingga Lurah, Camat bahkan sampai kepada kementrian Pariwisata.

Sejujurnya itulah yang membuat banyak orang menganggap bahwa bisnis travel ini sangat sulit untuk dikerjakan. Belum lagi birokrasi yang sangat lama dan bertele-tele membuat pengusaha enggan melangkahkan lebih jauh untuk berbisnis travel. Padahal kalau soal keuntungan jangan ditanya. Bisnis travel adalah bisnis jasa. Bisnis jasa selalu sulit diukur keuntunganya. Hal ini disebabkan tidak ada acuan yang Jelas.

Itu sangat berbeda dengan bekerja di perusahaan, misalnya sebagai Manager, maka kita sudah bisa menebak ukuran gaji dari seorang Manager. Misal kita berjualan barang-barang harian, itu juga bisa ditebak harga pasarnya dikarenakan banyak oragn menjual barang yang sama. Akan tetapi berbeda dengan bisnis jasa yang tidak memiliki standard pengukuran baik gaji maupun keuntungan.

Dari sini bisa kita lihat bahwa bisnis travel memiliki tingkat keuntungan yang luar biasa. Misalnya saja kita menjual paket Tour Promo ke Singapura, maka kita bisa mendapat komisi hingga 200rb per orang. Sementara itu kalau bicara tentang Tour, maka tamu yang berangkat biasanya tidak sedikit, paling tidak 2 sampaio 5 orang. Jadi keuntunganya sangat luar biasa.

panduan bisnis travel

Berangkat dari kesempatan yang besar itulah maka banyak orang yang ingin membuat atau mengikuti bisnis travel 2015 ini. Belum lagi akan dimulainya AFTA pada akhir 2015. Maka potensi keuntungan bisnis travel akan semakin menggiurkan bukan? Tetapi kembali kepada persoalan awal bahwa membuat perusahaan travel tidaklah mudah.

Lelagiltas Agent Travel

Pada dasarnya Bisnis Travel Online sama saja dengan agen-agen travel besar seperti Panorama, Smiling, , wita, anta dan masih banyak lagi. Hanya saja penjualanya biasanya secara online. Kalau ditanyakan soal keabsahan dan legalitasnya, maka Usaha travel online ini sah dan sesuai dengan hukum. Umunya agent travel memiliki sertifikat sebagai bentuk legalitas agen penunjukan resmi dari perusahaan.

Tujuan awalnya memang sama dengan travel agen lainya, hanya saja biasanya tidak memiliki kantor dikarenakan bisa mobile kemana-mana. Katakanlah, jika anda ingin menjadi seorang agen travel, maka anda cukup mendaftarkan diri menjadi agen, kemudian membayar biaya registrasi setelah itu kamu bisa login ke sistem yang telah mereka buat.

panduan bisnis travel

Dengan memiliki sistem sendiri, maka teman-teman sekalian dengan mudah melihat tiket, dan paket Tour yang disediakan oleh mereka. Pastikan anda memilih sistem keagenan Travel yang sah dan legal.  Satu hal yang perlu anda mengerti tentang Usaha Travel tahun ini yaitu jangan pernah membandingkan terutama harga tiket dengan perusahaan-perusahaan penjual tiket yang besar seperti Traveloka, Tiketdotcom dan yang  lainya. Mereka penjual tiket yang paling murah.

Jualah tiket pada teman-teman anda atau melalui BBM, WA,LINE dan Sosial media lainya. Akan tetapi ingatlah satuhal bahwa anda menjual tiket kepada rekan kerja, teman-teman, saudara, keluarga, teman Facebook, Google+,Promosi melalui media sosial dan intinya lebih banyak berpromosi menggunakan jaringan-janringan online.

cara bisnis travel

Seandainya satu waktu ada yang mengatakan bahwa tiket atau paket tour ditempat lain lebih murah, kamu tidak perlu kuatir, karena banyak hal tersebut. Pada akhirnya mereka akan berfikir bahwa anda sebagai teman mereka akan lebih bisa dipercaya dan senang membeli tiket kepada kamu sekalian. Strategi dalam menjalankan satu usah berbeda dari satu agen ke agen laiinya. Intinya tentu semua punya kelebihan dan kekurangan

Itulah beberapa hal mengenai cara membangun usaha travel yang bisa Anda jadikan rujukan. Mulai dari penentuan priorioritas agent sampai menjaga keabsahan usaha travel bisa Anda aplikasikan. Sekedar mengulang, dengan bertambahnya minat orang-orang mengunjungi destinasi wisata, maka ini bisa menjadi peluang emas Untuk Anda segera mengelolah bisini travel ini. Selamat menjalankan bisnis semoga sukses. Baca juga pengertian etika bisnis


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.