5 Tips Dan Panduan Lengkap Bisnis Percetakan

panduan bisnis percetakan

5 Tips Dan Panduan Lengkap Bisnis Percetakan – Di tengah pesatnya perkembangan jaman seperti saat ini, bisnis apa ya yang sekiranya akan membawa keuntungan besar? Bisnis kuliner, sudah banyak saingan, jika tidak berinovasi tentunya akan kalah dengan lainnya. Bisa jadi usaha percetakan bisa menjadi alternatif terbaik untuk memulai usaha. Tapi seperti apakah peluangnya sekarang ini? Apakah bisnis ini cukup menjanjikan untuk kedepannya?

Bagaimana cara memulai usaha percetakan dan berapa modal yang harus dikeluarkan untuk usaha ini? Banyak pertanyaan yang muncul dibenak kita untuk memulai usaha percetakan. Dengan membaca dan memahami artikel ini, anda akan diberikan panduan lengkap bisnis percetakan yang bisa dijadikan acuan dalam memulai usaha.

5 Tips Dan Panduan Lengkap Bisnis Percetakan

Cara memulai usaha percetakan

Berbagai kendala dihadapi beberapa orang saat ingin memulai sebuah usaha. Mulai dari tidak tahu peluang bisnis yang bagus untuk dijalankan, ketidak siapan modal, tidak memahami cara memulai dan menjalankan bisnis, hingga tidak tahu target pasar. Hasrat yang tinggi untuk menjalankan usaha harus diimbangi dengan kesiapan yang mumpuni dari berbagai aspek, agar usaha yang digeluti berjalan lancar, termasuk mempersiapkan dana untuk modal awal memulai usaha.

panduan bisnis percetakan

Disisi lain, ada beberapa orang yang sudah siap dari segi finansial, namun masih bingung menentukan jenis usaha. Jika hal tersebut yang menjadi kendala, referensi bisnis terbaik yang bisa anda coba adalah usaha percetakan. Mantabkan hati untuk memilih bisnis percetakan sebagai peluang usaha yang menjanjikan, karena di sini kami memberikan panduan lengkap bisnis percetakan yang akan membawa anda meraih kesuksesan.

Perhatikan peluang di sekeliling dengan cermat

Bisnis percetakan meliputi foto copy, penjilitan, prin, scan, cetak undangan dan masih banyak lagi lainnya. Peluang ini bisa anda dapat dari lingkungan sekitar. Misalnya, jika anda tahu ada tetangga yang akan melangsungkan acara besar seperti kitanan atau pernikahan.

bisnis percetakan

Cobalah untuk menawarkan jasa pembuatan undangan. Buat beberapa design yang sudah anda cetak. Lalu berikan contoh tersebut kepada tetangga yang akan mengadakan acara. Dengan melihat hasil undangan tersebut, mereka bisa tertarik dan memesan undangan kepada anda. Contoh lainnya adalah dengan menawarkan jasa print dan foto copy kepada pengurus RT/RW yang sering menggandakan dokumen untuk keperluan warganya. Juga bisa membuat penawaran untuk pembuatan buku doa bagi warga yang akan melakukan selamatan.

Ditambah lagi jika anda memiliki kemampuan di bidang design dengan baik. Bisa dengan menambah jasa edit foto, pembuatan pamflet, flyer, brosur, dan lain-lain. Itu bisa menjadi peluang yang sangat menggiurkan. Ditambah lagi jika anda meletakkan etalase berisi alat tulis yang juga anda jual dan beberapa karya edit foto, brosur, pamflet yang pernah anda buat. Tujuannya untuk memamerkan bahwa anda bisa membuat dan melayani jasa tersebut.

Yang terpenting orang-orang disekitar tahu tentang kemampuan anda, jadi mereka tidak akan meragukan keahlian yang anda miliki dan mempercayakan kebutuhan cetak mencetak di tempat usaha yang anda miliki.

Berikan harga spesial untuk langkah awal melakukan promosi. Jangan terlalu banyak mengambil keuntungan di awal. Sedikit demi sedikit jika dikumpulkan akan menjadi banyak. Lebih baik menggaet banyak pelanggan dulu meskipun dengan keuntungan yang lebih kecil, karena anda baru mengawali usaha, jadi ada baiknya jika masyarakat sekitar tahu keberadaan usaha anda terlebih dahulu.

Tidak Malu Bertanya

Banyak orang menggeluti usaha percetakan namun tidak menjalankannya sendiri, yaitu dengan melempar order ke beberapa percetakan lainnya. Hal ini juga bisa anda lakukan jika belum memiliki perlengkapan cetak yang mumpuni. Karena seperti yang kita tahu bahwa mesin cetak harganya sangat mahal dan perawatannya sulit, jadi jika tidak ada modal besar mustahil memilikinya.

Solusinya adalah dengan melempar order ke percetakan lain. Agar anda tahu tempat usaha percetakan yang bonafid anda harus banyak bertanya pada orang yang sudah berpengalaman. Jangan sampai salah, karena nama anda yang dipertaruhkan. Dengan mengambil sedikit keuntungan dari banyaknya order yang datang  membuat lika-liku lempar order percetakan, menjadi alternatif yang cukup menguntungkan.

cara bisnis percetakan

Anda sebagai penyedia layanan design, kemudian mencetak pesanan di percetakan besar yang sudah tidak perlu diragukan lagi hasilnya, akan membuat usaha anda semakin berkembang karena bagusnya hasil cetakan dengan harga yang cukup miring. Bertanya perbandingan harga di percetakan satu dan lainnya juga perlu anda lakukan agar keuntungan semakin berlipat. Semakin murah dengan kualitas baik maka semakin banyak pula yang akan anda hasilkan.

Jangan Menolak Order

Awal merintis suatu usaha tidak selalu berjalan mulus, termasuk usaha percetakan. Membuat orang percaya pada hasil pekerjaan yang akan kita lakukan adalah hal yang sangat sulit. Ditambah lagi jika belum ada bukti nyata hasil dari yang anda kerjakan. Disela-sela waktu senggang saat tidak ada pekerjaan, tidak ada salahnya membuat karya yang bisa anda gunakan sebagai portofolio, agar orang yakin dan percaya bahwa usaha percetakan anda bisa diandalkan.

Saat sudah mendapat order besar, biasanya anda akan sangat sibuk. Jika ada order lain yang jumlahnya jauh lebih kecil, jangan sekali-kali menolaknya. Karena yang harus anda ingat bahwa usaha anda baru tahap merintis. Apabila anda merasa kewalahan dengan order yang banyak, bisa dengan melempar pekerjaan itu ke percetakan lainnya, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Hal ini sudah sangat biasa di dunia percetakan.

panduan bisnis percetakan

Antuk melakukan lembar order ini, anda juga harus tahu bagaimana kualitas dari percetakan tersebut. Semakin banyak cetakan yang dibuat, semakin kecil biaya produksi, sehingga anda bisa mengambil sedikit keuntungan dari lempar melempar order tersebut. Yang terpenting, pekerjaan selesai tepat waktu dengan kualitas sesuai harapan.

Memahami Tahapan Produksi

tahapan produksi adalah hal yang wajib anda ketahui. Tidak perlu menghafal tapi memahami dengan baik. semakin tekun anda menjalankan bisnis percetakan ini, semakin paham juga anda nantinya tentang proses produksi.

Beberapa tahapan produksi dalam panduan lengkap bisnis percetakan adalah sebagai berikut:

  • Menerima order lalu menganalisanya
  • Mengkalkulasi harga cetak dengan DP minimal 20% dari total harga cetak (apabila design anda yang membuatkan, berarti dihitung jasa pembuatan design)
  • Komponen produksi yang dibutuhkan
  • Proses produksi
  • Pengontrolan kualitas
  • Packing
  • Pengantaran atau diambil sendiri oleh pemesan
  • Pembayaran

panduan bisnis percetakan

Seluruh tahapan tersebut harus dilakukan dengan baik agar tidak terjadi kesalahan. Ditambah dengan servise yang memuaskan, pelanggan akan kembali lagi untuk mempercayakan design dan kebutuhan cetak pada anda.

  1. Investasi

Panduan lengkap bisnis percetakan tidak menyarankan anda berinvestasi alat cetak jika modal yang anda miliki tidak cukup kuat. Mahalnya harga mesin cetak dan sulitnya perawatan spare part harus menjadi pertimbangan utama untuk berinvestasi. Biaya yang anda butuhkan bisa mencapai milyaran rupian jika harus membeli alat-alat tersebut. Namun berbeda halnya jika anda memang memiliki dana yang kuat, maka hal terswebut bukan menjadi masalah.

Peluang lempar order sementara cukup menjadi pilihan, sambil menabung untuk mewujudkan keinginan membeli peralatan produksi cetak. Semakin banyak order yang anda terima, semakin besar pula profit yang bisa anda dapatkan. Soal investasi bisa anda pikirkan nanti. Dari peluang order ini anda bisa banyak belajar tentang seperti apa tahapan produksi. Dengan begitu ilmu anda akan semakin bertambah. Jika suatu saat anda sudah mampu membeli mesin cetak, kesiapan anda semakin matang untuk menjalankan usaha percetakan secara mandiri.

panduan bisnis percetakan

Banyak yang bisa anda dapat dari bisnis lempar melempar order percetakan ini. Selain mengenai tahapan produksi, anda juga bisa membangun jaringan untuk usaha anda kedepannya. Karena semakin anda berjumpa dengan banyak orang, maka peluang untuk mendapat order dan menemukan tempat cetak terbaik dan termurah juga terbuka lebar, sehingga penghasilan anda bisa semakin bertambah.

Saat jaringan atau networking sudah terbentuk maka dengan mudah anda mempromosikan tempat setak yang anda miliki jika semua peralatan sudah dimiliki. maka dari itu, pentingnya networking, selain untuk kerjasama, juga sebagai sarana media promosi yang ampuh tempat usaha yang anda miliki.

Bagaimana? Anda tertarik untuk menjalankan usaha percetakan? Cara jitu pertama adalah melempar order dan anda akan mendapat untung. Baca juga cara promosi wedding organizer

Related Articles