Cara Bisnis Kuliner Untung Besar Untuk Pemula – Di Indonesia, setiap etnis mempunyai kuliner dengan ciri khas masing-masing, untuk mencicipinya, tidak harus pergi ke satu daerah dan meminta untuk dibuatkan, cukup mendatangi warung makan tertentu Anda sudah bisa memesan yang Anda inginkan. Saat ini usaha kuliner sudah menjamur dimana-dimana. Salah satu usaha makanan yang paling populer tidak saja di Indonesia tapi juga ke mancanegara yaitu masakan padang.

Penghasilan yang diperolehpun bukan dalam jumlah yang main-main, coba saja Anda bayangkan jika di satu daerah ada berpuluh-puluh warung padang dan di daerah lain juga begitu, penghasilannya sudah pasti fantastik. Jika Anda berencana ingin menjalankan bisnis kuliner, sebaiknya anda baca artikel ini. Dunia kuliner saat ini sudah penuh dengan persaingan maka untuk ikut bersaing Anda harus paham bagaimana menjalankan dan mengelola usaha ini.

Bagi anda yang masih baru atau pemula, persiapkan segala yang diperlukan, karena kalau hanya sekedar coba-coba Anda bisa berhenti ditengah jalan sebelum usaha berkembang. Bisnis kuliner yang bisa Anda pilih seperti usaha catering, warung makan, toko kue dan makanan ringan, Semuanya memiliki peluang yang sama untuk berkembang jika dilakukan dengan serius dan dengan bekerja keras. Ikuti caranya berikut.

Cara Bisnis Kuliner Untung Besar Untuk Pemula

Perkenalkan ide yang Menarik

Panduan bisnis kuliner pertama adalah ide yang mengarik dalam berbisnis kuliner. Dalam mengerjakan bisnis apapun, konsep yang menarik menajadi nilai tambah tersendiri bagi bisnis itu. Tanpa terkecuali bisnis kuliner. malah di dalam bisnis kuliner konsep yang menarik menjadi magnet tersendiri tersendiri bagi para konsumen.

Karenya itu sebelum Anda memutuskan untuk mengelola bisnis kuliner ada baiknya Anda memikirkan konsep seindah mungkin dan upayakan konsep tersebut original atau bukan imitasi yang berbeda dari bisnis kebanyakan orang. Konsep itulah yang sebenarnya membuat orang penasaran dan bertanya-tanya barang apa yang dijual, apa keunikan produk itu dan bagaimana pelayanan yang ditawarkan. Banyak hal yang bisa orang cari tahu jika konsep dari satu usaha itu menarik. Dengan konsep yang unik Anda akan mudah menjaring para konsumen.

panduan bisnis kuliner

Saat ini, kemungkinan sudah tidak asing lagi konsep bisnis kuliner dengan nama yang “aneh” atau konsep dekorasi yang unik. Tapi faktanya masih saja membuat para konsumen penasaran dan mendorong konsumen untuk mencobanya. Masyarakat masa kini ingin mencoba rasa baru makanan, sepertinya, mereka sudah mulai bosan dengan kuliner yang biasa-biasa saja dan itu-itu saja.

Karena ternyata modal rasa yang enak saja tidak cukup untuk membuat konsumen tidak berpindah kelain hati. Jadi, persembahkanlah kepada para konsumen, tempat dan pelayanan yang menarik dan berkesan, sehingga mereka terkesan dan menjadikan tempat makan Anda menjadi tempat favorit.

Tentukan Target Pasar Kuliner Anda

Cara bisnis kuliner berikutnya adalah menentukan target pasar bisnis kuliner Anda. Setelah Anda menawarkan ide yang menarik, selanjutnya, Anda menentukan target pasar. Memang target pasar bisnis kuliner sangat luas, akan tetapi jika di tentukan lebih khusus maka dengan mudah Anda menentukan tujuan selanjutnya. misalnya jika Anda membuka bisnis kuliner di wilayah kampus, maka target pasar Anda pasti mahasiswa.

Jadi usahakan membuka restoran dengan harga yang terjangkau buat kantong para mahasiswa dan sediakan fasilitas yang menunjang mahasiswa untuk berlama-lama di tempat Anda, contoh fasilitas mungkin layanan hotspot.

target pasar

Kenapa harus menentukan pasar? Ini penting agar Anda dapat menentukan kemana tujuan bisnis Anda serta inovasi yang harus Anda lakukan dan perkembangan apa saja yang saat ini lagi  trend dikalangan target pasar Anda.

Selalu lakukan Inovasi buat kuliner Anda

Cara bisnis kuliner berikutnya adalah coba untuk membuat inovasid alam produk bisnis kuliner Anda. Panduan bisnis kuliner pertama adalah buat inovasi dalam bisnis kuliner Anda. Sebelumnya sudah dipaparkan bahwa masyarakat masa kini berada zona kejenuhan. Mereka butuh hal unik yang terbarukan. Karena Anda harus melakukan inovasi. Tunjukan pada masyarakat bahwa usaha kuliner anda tidak ada duanya artinya, sebisa mungkin Anda menghindari untuk mengikuti konsep kuliner yang sudah ada. Semakin banyak konsep yang sama maka akan semakin banyak orang yang jenuh. Anda harus berani berinovasi dengan hal baru tapi bernilai tinggi buat konsumen.

inovasi bisnis

Jika Anda ingin mendapatkan penilaian istimewa dari para pelanngan, sebaiknya berinovasi dan dan kalau bisa Anda menghasilkan produk baru yang membuat konsumen penasaran setengah mati. Konsekuensi jika tidak bisa berinovasi alias hanya mengikuti konsep yang sudah adalah  bisnis Kuliner Anda akan mengalami perlambatan, dan bisa saja mungkin lumpuh hingga tak bisa dipulihkan.

Sangat disayangkan, bisnis sudah berjalan namun tiba-tiba saja macet hanya persoalan malas untuk berinovasi. Untuk mencegah hal itu terjadi maka mulailah memikirkan ide brilian yang bisa membuat para konsumen melihat dan merasakan kesan berbeda setelah mencicipi masakan kuliner Anda.

Pilihlah lokasi yang Strategis

Panduan bisnis kuliner pertama adalah cari lokasi bisnis kuliner yang strategis. Jika ingin menjalankan usaha, lokasi juga menjadi sangat penentu perkembangan satu usaha. Yah karena sudah pasti usaha yang bisa berkembang dengan cepat adalah usaha yang berada ditempat yang strategis.

lokasi bisnis kuliner

Sebenarnya, bagian ini hanya sekedar mengingatkan pentingnya pemilihan lokasi yang tepat. Sebaiknya kalau sudah punya tempat, fikirkan juga kira-kira kegiatan apa yang bisa dilakukan selain para konsumen mencicipi makanan. Paling tidak saat mereka lagi memesan dan menunggu makanan, mereka bisa melakukan satu kegiatan, biar mereka tidak jenuh, apalgi kalau bisnis kuliner Anda sudah populer, yah bisa saja ada antrian lama. Maka memikirkan hal apa yang bisa ditawarkan selain makan itu juga poin penting untuk keberlangsungan bisnis.

Harga Kuliner Jangan Sampai Terlampu Mahal

Cara bisnis kuliner berikutnya adalah menjaga agar harga tidak terlalu mahal. Panduan bisnis kuliner pertama adalah menjaga harga agar terus terjangkau. Kalau kuliner terlalu mahal, paling yang bisa mencicipi hanya orang yang punya banyak modal. Jadi berilah dengan harga standar, dimana semua kalangan bisa menikmatinya. Sudah lumrah, perilaku para konsumen yang selalu ingin mendapatkan harga murah namun dengan layanan yang maksimal.

Sebagi pelaku usaha tidak harus menyalahkan hal tersebut, tinggal yang dilakukan hanya beradaptasi dengan sikap para konsumen yang demikian.

bisnis kuliner

Jika ingin berhasil mengelolah bisnis kuliner maka disarankan untuk memberikan harga terbaik pada konsumen. Dengan melakukan itu Anda telah memilki alasan pertama yang membuat para konsumen membeli produk Anda. Apalagi jika menjual produk kuliner dengan harga terjangkau namun tetap  dengan pelayanan yang baik pula. Sudah bisa dipastikan bisnis Anda akan berkembang lebih cepat dan bertahan.

Mempertahankan citra usaha

Cara bisnis kuliner berikutnya adalah mempertahankan citra bisnis kuliner Anda. Banyak bisnis yang gulung tikar karena citranya buruk. Bisnis yang bertahan lama adalah bisnis yang bisa menjaga dan mempertahankan reputasinya. termasuk bisnis kuliner, bisnis kuliner bisa dibilang alergi terhadap issue. Oleh karena itu sebisa mungkin untuk dapat menjaga reputasi kuliner Anda, misalnya, tetap memberikan pelayanan yang baik, menjaga kehigienisan makanan dan kebersihan tempat anda menjalankan bisnis.

Kalau sudah melakukan itu, para konsumen patakan tetap mempercayai restoran dan makanan Anda untuk memenuhi keinginan dan kebutuhannya.

panduan bisnis kuliner

Itulah beberapa cara yang bisa menjadi panduan Anda untuk memulai dan menjalankan bisnis kuliner, sekedar mengingatkan kembali bahwa masyarakat kini berada di titik jenuh dalam hal rasa. Untuk itu pastikan usaha kuliner Anda bisa mengobati kejenuhan mereka dengan cara menawarkan konsep yang baru yang mungkin belum merek temukan di tempat lain.

Caranya, Anda harus belajar berinovasi, cerdas membaca keadaan dan segera menawarkan apa keinginan para konsumen. Kalau Anda sudah miliki sikap mau berinovasi, umur bisnis Anda akan bisa bertahan lama.

Promosi di sosial media

Cara bisnis kuliner berikutnya adalah promosi bisnis di sosial media. Saat ini cara promosi yang paling efisien dan efektif adalah promosi bisnis di sosial media, promosi bisnis disosial juga salah satu cara untuk promosi bisnis tanpa mengeluarkan banyak uang, karena promosi dengan sosial media bisa dilakukan dengan gratis. Meskipun promosi disosial media dilakukan tanpa keluar biaya, namun promosi kuliner dengan sosial media bisa sangat ampuh untuk mendatangkan pelanggan.

promosi bisnis di sosial media

Khususnya bisnsi makanan, tentu foto-foto makanan yang menjadi informasi utama dari promosi Anda menggunakan sosial media. Anda bisa memanfaatkan instagram yang memang memiliki kekuatan viral di foto dan video yang menarik. Pastikan Anda dapat mengambil gambar bisnis kuliner Anda dengan jernih. Baca juga panduan bisnis online untuk pemula


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.