Cara Promosi Wedding Organizer Mudah Menguntungkan – Saat ini dengan intensitas kesibukan yang tinggi, banyak orang yang melaksanakan pernikahan sepenuhnya diserahkan kepada jasa wedding organizer, maka tak heran ketika usaha jenis yang satu  ini sudah sangat mudah ditemukan di berbagai daerah. Setiap orang pasti menginginkan momen terindah pernikahan mereka diselenggarakan dengan baik dan meriah, sehingga mereka tak segan-segan menyewa jasa wedding organizer yang profesional meski dengan bayaran mahal.

Melihat kebutuhan manusia yang menginginkan pernikahannya istimewa tanpa harus bekerja keras, cukup hanya mengeluarkan uang dan acara pun bisa terlaksana dengan meriah, ditambah lagi dengan jam kerja yang padat, maka ini sudah jelas, kedepan usaha Wedding Organizer (WO) sangatlah memiliki nilai jual yang tinggi dipasaran Indonesia.

Sebelum Anda mengetahui cara promosi wedding Organize, sebaiknya ketahui dulu tugas wedding orginizer itu? sebenarnya terbagi dua tugas utama yaitu ada wedding organizer yang mengurusi calon pengantin saat pernikahan berlangsung dan ada juga yang membantu mengurusi calon pengantin jauh hari sebelum pesta pernikahan berlansung, mulai dari persiapan pernikahan, mengurusi tempat gedung atau hotel tempat berlangsungnya acara resepsi pernikahan, katering, dekorasi, sampai urusan pernikahan berlangsung, yang ini disebut wedding planer.

cara promosi wedding organizer

Nah, sekarang artikel ini akan memberitahu bagaimana cara memasarkan Usaha Wedding Organizer ini. Penting untuk diketahui, karena pemasaran yang baik akan menjadikan usaha wedding organizer menjadi lebih bernilai dibandingkan dengan wedding organizer lainnya.

Dalam usaha promosi bisnis wedding organizer itu dapat memakai dua cara yaitu promosi dengan cara offline marketing dan pemasaran dengan online marketing. Sebagai pemula disarankan anda mempromosikan bisnis wedding organizer Anda ini dimulai dengan cara komunikasi person ke person melalui pelanggan, karena mengingat bisnis ini datang lewat dari mulut ke mulut. Anda juga mungkin bisa berpartisipasi pada event -pameran pernikahan/ wedding expo yang biasanya diselenggarakan di mall atau tempat-tempat tertentu.

Ada berbagai strategi yang dilakukan oleh berbagai jasa WO, ada yang memberikan servis kepada pelanggannya, adapula yang menyesuaikan biaya dengan apa yang diinginkan klien. Selain dari itu ada wedding organizer yang rela menyediakan sistem paket untuk pernikahan gratis.

Artikel ini mempromosikan bisnis wedding organizer yang baru mulai. Sebagai bisnis baru, langkah awal yang harus dilakukan adalah mendapatkan klien sebanyak mungkin dan mendapatkan kepercayaan dari mereka. Anda bisa memberikan promosi jasa wedding Organizer Anda kepada pasangan yang akan menikah dengan harga murah ditambahkan dengan bonus yang berupa souvenir.

Tapi tetap mempertahankan kualitas sebagai hal utama. Dengan menjalankan cara ini ada dua kemungkinan yang bisa Anda peroleh, pertama tentunya pengalaman dan promosi jasa Anda oleh klien kepada orang lain.

Cara Promosi Wedding Organizer Mudah Menguntungkan

Memanfaatkan portfolio

Cara promosi wedding organizer yang pertama adalah dengan portfolio. Bentuk promosi lain yang mungkin cocok Anda lakukan adalah dengam fortofolio dengan kesan yang menarik. Seperti yang orang pahami bahwa jasa wedding organizer adalah usaha yang menomor satukan keindahan dan kecantikan. Keterampilan artistik sangat dibutuhkan dalam mempromosikan bisnis wedding organizer.

Anda bisa membuat fortofolio dalam bentuk media  digital atau media cetak, kedua-duanya masih sangat efektif sebagi alat promosi. Jika anda tidak memiliki kemampuan dalam mendesain fortofolio salah satu solusinya adalah mencari pekerja yang ahli dalam bidang seni fotografi dan seni grafis.

panduan promosi wedding organizer

Memanfaatkan social media

Penggunaan media sosial juga sangat cocok dijadikan alat untuk menyebarkan jasa wedding organizer. Media ini sangat trend dan paling efektif dijadikan sebagai alat menyebar dan menjaring klien untuk menggunakan jasa yang sedang Anda tawarkan.

Caranya bagaimana, Anda tinggal memasukkan fortofolio yang telah didesain dengan cantik ke media sosial Anda. Jika anda mengetahui penggunaan internet marketing, jasa Anda akan diterima oleh pasar dan tersebar secara luas, dengan anda akan mendapatkan klien yang lebih banyak

Selain cara ampuh diatas untuk mempromosikan jasa wedding organizer Anda, Brosur juga mungkin bisa dimanfaatkan untuk menjangkau para konsumen yang kemungkinan tidak memiliki fasilitas layanan internet. Mungkin inilah salah satu kendala yang ditemui jika promosi hanya melalui media sosial. Dengan memanfaatkan penggunaan brosur anda akan bisa secara langsung melakukan promosi ke tempat yang strategis sehingga Anda bisa berkomunikasi langsung dengan para konsumen atau klien.

panduan promosi wedding organizer

Rekrut tim penjual jasa

Kemungkinan lain yang bisa Anda jadikan cara untuk mempromosikan Wedding organizer adalah dengan mencari sales bagi jasa Anda, Jika tidak punya waktu Anda bisa mempekerjakan beberapa orang untuk menangani tugasi ini. Bagi bisnis yang sudah besar sales menjadi ujung tombak dari keberhasilan usaha kita. ia merupakan personal yang juga sangat menentukan dalam mencari dan menemukan para konsumen dan selalu bisa membangun koneksi dengan pelanggan.

Dalam usaha wedding organizer Anda, Sales dipakai sebagai ujung tombak untuk mempromosikan produk jasa Anda langsung kepada para konsumen dan bertugas untuk mempengaruhi konsumen sehingga mereka lebih memilih menggunakan jasa yang sedang Anda tawarkan. Posisi sales sangat penting dalam membawa jasa wedding organizer Anda kepada masyarakat dimanapun berada, selain itu sales juga berfungsi untuk membangun nama dan citra perusahaan Anda. jadi jangan sepelekan fungsi sales, tapi Anda harus memilih sales yang betul-betul mampu berkomunikasi yang baik, karena cara komunikasilah yang menjadi senjata utama para sales.

Menjaga kualitas WO

Disamping Anda gencar mempromosikan jasa wedding organizer, Anda harus tetap menjaga dan meningkatkan kualitas dan mutu produk jasa yang sedang anda tawarkan. Dengan menjaga kualitas dan mutu produk Anda dengan baik,  Para konsumen akan merasakan kepuasan dan kepuasan yang mereka terima dari Anda itu akan membangun citra yang baik untuk usaha Anda. Adapun keuntungan yang bisa anda dapatkan adalah manfaat untuk jangka panjang, karena konsumen dan para pelanggan jasa Anda akan tetap setia dan tidak akan berpaling dari bisnis anda. tetaplah memperhatikan kualitas jasa wedding organizer Anda, semakin bagus maka para konsumen pun akan semakin bertambah.

cara promosi wedding organizer

Coba pemasaran door to door

Akhirnya, cara terakhir yang mungkin bisa Anda pakai adalah dengan pemasaran langsung atau door to door. Caranya dengan mendatangi langsung para konsumen yang menggunakan jasa kita dan menanyakan secara langsung kepuasan mereka serta mengetahu keluhan-keluhan yang mereka dapatkan saat menggunakan jasa Anda. Kenapa ini penting Anda lakukan agar supaya bisa tetap mempertahankan pelayanan yang diberikan atau memperbaiki apabila para konsumen mengeluhkan jasa Anda. Dengan mengetahu keluhan dan beberapa informasi mengenai jasa anda, kedepan bisa menjadi alat evaluasi untuk sehingga bisa kembali memberikan yang terbaik kepada pelanggan setia anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda jadikan rujukan dalam mempromosikan jasa wedding organizer Anda. Mulai dari cara mendapat klien, penggunaan fortofolio, penyebaran melalui media sosial, brosur, sampai pemasaran langsung atau door to door.

Semuanya bisa anda praktikkan jika Anda sudah memiliki jasa wedding organizer. Semua cara diatas haruslah  didukung dengan kuwalitas jasa yang anda tawarkan, cara promosi wedding organizer yang baik tanpa dibarengi dengan jaminan kualitas, maka yakinlah usaha Anda tidak akan berumur panjang. Itulah pentingnya kualitas. Semoga artikel ini bermanfaat dan jasa wedding organizer anda semakin diterima dipasaran dan tersebar secara luas.

cara promosi wedding organizer

Selain dari memperhatikan beberapa cara promosi wedding organizer diatas, yang harus diperhatikan juga adalah bagaimana menjaga kualitas dan juga pelayanan yang baik. Karena dengan menjaga kualitas dan pelayanan, orang-orang yang sudah menggunakan jasa wedding orginzer kita akan senang mempromosikan kepada keluarga atau teman mereka.

Kekuatan dari promosi mulut kemulut ini akan sangat hebat dan berpengaruh pada konversi penjualan jasa wedding orginzer Anda. Jika perlu Anda minta testimoni dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa WO Anda, dan bisa dijadikan bahan promosi di internet seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Promosi dengan harga adalah salah satu cara agar bisa menguasai pasar dan lebih banyak lagi orang yang mengenal, karena selain kualitas yang baik tentu orang akan mempertimbangkan harga yang terjangkau, meskipun Anda mungkin tidak mendapatkan banyak keuntungan namun juga dengan harga terjangkau tentu akan sangat banyak orang yang menggunakan jasa wedding orginizer kita. Demikian cara promosi wedding organizer, baca juga panduan bisnis online modal kecil


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.