Panduan Lengkap Bisnis Online Cara Memulai Untuk Pemula

panduan bisnis cpa

Panduan Lengkap Bisnis Online Cara Memulai Untuk Pemula  Buat Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan lebih diwaktu senggang, salah satu caranya adalah menjalankan bisnis online. Jadikan ini hanya sebagai pengisi waktu luang sembari meneguk kopi dimeja anda, sangat mudah dan menarik, mungkin inilah bisnis yang paling asyik dan menyenangkan dimasa kini.

Kemajuan teknologi sangat memanjakan pemakainya, contohnya, dengan memahami penggunaan layanan internet, Anda bisa berjualan meskipun hanya tinggal dirumah dengan santai, ini zaman berbisnis secara online, menjual barang tidak harus duduk berjam-jam di toko untuk menunggu pelanggan tiba, tetapi Anda bisa duduk manis dirumah hanya dengan menyediakan komputer atau laptop dan quota internet sudah bisa memasarkan produk bisnis Anda. keren kan? Bisnis online adalah menjual barang media online.

Dalam menjalankan bisnis online ini, produk apa saja yang bisa di pasarkan. Kata orang yang pernah menjalankan usaha jualan online, barang- barang yang bisa di jual didarat juga bisa dipasarkan melalui media online. Anda bisa menjual produk mulai dari pakaian sampai obat-obatan atau produk yang berbentuk digital seperti buku elektronik, vidio atau software atau bahkan menjual aplikasi smartphone. Selain itu Anda juga bisa menjual jasa seperti, pembuatan sepatu atau jaket. Intinya banyak produk yang bisa anda pasarkan secara online.

Jika Anda pernah mengunjungi satu website yang dipenuhi oleh banyak iklan, itu pertanda bahwa website itu telah berbayar. Caranya bagaimana? Anda tinggal mendaftarkan website Anda ke google adsense, jika pendaftaran website diterima, maka secara otomatis iklan akan terpasang disitu. Dari hasil iklan inilah anda akan memperoleh keuntungan.

Panduan Lengkap Bisnis Online Cara Memulai Untuk Pemula

Setelah memiliki akun website sebagai tempat jualan online, Anda harus aktif untuk memasarkan website produk ke publik, ini bisa Anda lakukan dengan mendayagunakan media sosial yang lagi aktif digandrungi banyak orang, seperti twitter, facebook, dan sejenisnya, tujuannya agar website produk jualan Anda banyak digunjungi para konsumen.

panduan lengkap bisnis online

Mengapa bisnis online?

Artikel ini perlu menekankan bahwa jualan online itu kurang lebih sama dengan jualan offline. Dua-duanya mempunyai prinsip yang sama yaitu menyediakan produk/jasa, kemudian membuat supaya orang lain datang kepada kita untuk membeli. Cara kerjanya pun sama. Maka dari itu, bisnis model online ini bukan cara yang asing. Yang perlu anda waspadai adalah ketika ada orang menawarkan bisnis ajaib yang menghasilkan ratusan juta rupiah dalam sekejap karena biasaya itu penipuan.

Hanya satu yang membedakan bisnis offine dengan online yaitu jualan secara offline kita membuka toko, kantor, restoran, warung, dan sejenisnya. Sedangkan untuk menjalankan bisnis online, kita membuat website dan produk/jasa yang dijual juga bisa berbeda. Kalau berbisnis offline umumnya menyediakan produk fisik. Sedangkan dalam bisnis online kita juga bisa menjual/menyediakan produk digital, berupa file di komputer tanpa bentuk fisik.

Sekali lagi, ini prinsipnya  jangan merasa ini asing, cara kerja online dan offline persis. Hati-hati dengan “bisnis ajaib” yang menawarkan penghasilan menggiurkan dalam sekejap. Bisnis online itu kurang lebih sama dengan offline, bedanya hanya pada penggunaan medianya saja.

mengapa bisnis online

Kemudahan menjalankan bisnis online itu adalah karena sistemnya akan berjalan secara otomatis jika sudah terbangun dan potensi pasarnya lebih besar daripada bisnis secara offline. Bisa dimulai dengan biaya dalam jumlah yang kecil, tidak terikat oleh waktu dan tempat. Jika Anda sedikit kurang paham penggunaan internet mungkin menjadi masalah, tapi selama Anda menyukai dan mengerti, usaha akan berjalan dengan lancar.

Meskipun terlihat menyenangkan, sudah banyak orang yang pernah mencoba kini berhenti alias menyerah karena mereka terlalu berambisi untuk mendapatkan penghasilan dengan cara instan. Usaha ini membutuhkan keseriusan dan ketekunan, karena ini bukan sulap yang bisa menghasilkan uang sambil mimpi ditempat tidur.

Kuncinya, jika anda ingin berhasil dalam bisnis online, jangan pernah berhenti saat menghadapi kendala atau sulit mengerti bahasa teknologi, Anda bisa melakukan pencarian di Google  untuk memahami maksudnya.

Jenis-jenis bisnis online

Panduan lengkap bisnis online yang berikutnya adalah mengenai jenis-jenis bisnis online. Saat ini, ada beberapa kategori  bisnis online yang sering dikerjakan oleh pelaku usaha bisnis online. Diantaranya, penjualan produk/jasa secara online. Usaha ini sangat mudah dilakukan, mungkin semua orang pasti sudah mengerti. Inilah letak perbedaannya dengan bisnis yang dilakukan secara ffline. Anda akan menjual barang atau melalui website, Anda bisa menggunakan website sendiri,atau anda menjadi reseller dari produk orang lain, ke media sosial atau Anda juga bisa memasarkan ke pasar online seperti Tokopedia, BukaLapak, dan lainnya.

Google Adsense

Panduan lengkap bisnis online lainnya adalah google adsense. Usaha lain yang populer kini ialah dengan menjadi publisher iklan, mungkin anda pernah bertanya atau heran saat mengunjungi blok tertentu kenapa banyak yang memasang iklan di website. Jangan salah, ini adalah pendapatan yang besar. Salah satu jaringan iklan paling besar di internet adalah milik Google yaitu adsense.

Itulah yang sering digunakan oleh pemilik website dan menjadi ladang penghasilan. Anda hanya diminta membuat website yang menyediakan informasi atau sebagai wadah komunitas lalu mengundang orang lain untuk berkunjung ke website anda.

Jika saja website Anda lolos verifikasi dari google AdSense, Anda akan mendapatkan kode yang bisa pindahkan ke website. Kemudian, iklannya akan muncul secara otomatis. Setiap kali pengunjung website Anda meng-klik iklan yang terpasang, Anda akan mendapatkan komisi. Mengenai komisinya itu berbeda, tapi kira-kira kisarannya antara $0,01 sampai $5 (bahkan lebih) per klik.

panduan bisnis online lengkap

Selain bisnis online diatas, Anda bisa Membuat layanan berlangganan, jenis usaha ini bisa dalam berbagai bentuk, kesamaannya ada pada sistem pembayarannya. Para kustomer akan membayar rutin bulanan atau tahunan, menggunakan blog dengan konten premium, bisa juga mengikuti forum dengan keanggotaan berbayar, menawarkan jasa Software/app berbayar, pelatihan/Kursus, konsultasi dan Majalah digital. Jenis usaha ini sangat cocok untuk anda yang punya dan memiliki barang sendiri.

Bisnis online CPA

Panduan lengkap bisnis online berikutnya yang harus Anda pelajari adalah bisnis online CPA. Jenis usaha lain yang mungkin menarik yaitu model bisnis dimana tugas Anda hanya memasarkan produk orang lain, Anda akan mendaptkan bayaran atau komisi setiap kali produk itu berhasil terjual atau sering juga disebut referral marketing atau CPA marketing. Jenis bisnis online ini sangat tepat untuk anda yang Ingin penghasilan semi-pasif tidak segera butuh uang cepat. Ini kemungkinan bisa anda lakoni karena modal tidak harus untuk memulai jenis usaha ini. Banyak pemula yang menjalankan bisnis online ini dengan hanya mengandalkan blog pribadi yang tidak berbayar. Namun jika usaha online suda Anda sudah berkembang, Anda bisa menjual produk online anda sendiri

panduan bisnis cpa

Bisnis startup

Satu jenis usaha lagi yang mungkin cocok tapi belum banyak dijalankan yaitu membangun startup, startup merupakan sebuah bisnis yang masih tergolong baru dibangun dengan model dan proses kerja yang benar-benar baru, tidak meniru bisnis atau usaha manapun yang sudah pernah ada sebelumnya.

Untuk memudahkan pemahaman, misalnya anda memulai usaha berupa toko online yang menjual baju batik, sepati atau alat-alat teknologi, jenis usaha ini belum masuk sebagi kategori bisnis startup, sebab cara kerjanya sama saja dengan model bisnis yang lain umum. Tetapi jika membuat satu applikasi, misalnya mem-booking ojek dari applikasi yang ada di smartphone, ini barulah disebut startup kemudian disebut startup Go-jek.

Itulah gambaran mengenai bisnis online yang bisa Anda jadikan panduan untuk mengembangkan usaha yang berbasis online. Dengan bertambahnya jumlah pengguna internet, besar kemungkinan usaha online akan semakin berkembang, disamping itu orang juga sudah mulai terbiasa bertransaksi secara online sehingga tidak ada kehawatiran dalam transaksi jual beli.

Semoga panduan bisnis online untuk pemula ini memberikan manfaat bagi Anda dan dengan panduan ini anda bisa bisnis online bisa tercapai. Semoga artikel panduan lengkap bisnis online ini bisa bermanfaat. Baca juga panduan bisnis modal kecil

Related Articles