Panduan Bisnis Online Shop Untuk Pemula Cepat Sukses – Umumnya, persoalan utama yang menyulitkan sesorang untuk membuka usaha adalah keuangan atau modal yang tidak memadai. Banyak orang beranggapan bahwa modal adalah senjata utama untuk mendapatkan barang yang akan menjadi usaha, namun saat ini, anggapan itu mulai melemah karena dengan kecanggihan teknologi ada banyak penawaran usaha secara online melalui internet dan itu tidak membutuhkan dana yang banyak.

Jadi tidak usah khawatir, Anda pasti bisa, hanya saja harus bersabar dan tekun jika sudah memutuskan untuk memulai usaha bisnis online shop ini. Salah satu keuntungan dengan berbisnis online Anda bisa mengerjakannya dari rumah tanpa harus mengeluarkan biaya dan tenaga yang banyak.

Walaupun terdengar mudah tapi Anda harus mempersiapkan cara agar bisnis online shop anda bisa dikenali dan pastinya dicari para pembeli. Jika sudah memutuskan untuk memulai usaha bisnis online shop, saatnya memperhatikan panduan atau cara memulai bisnis ini yang memberi keuntungan buat Anda dalam jangka panjang. Inilah beberapa yang harus Anda ketahui. Berikut artikel ini akan membahas sedikit mengenai panduan bisnis online shop.

panduan bisnis online shop

Panduan bisins online shop untuk pemula

Laptop dan Koneksi Internet

Yang pertama dalam panduan bisnis online shop adalah fasilitas atau alat. Alat ini sudah harus menjadi benda wajib jika anda berbisnis online, sebenarnya sih Anda bisa saja mampir dan duduk berlama-lama di warung internet, tapi akan sulit rasanya jika dilakukan setiap hari untuk mengecek barang jualan Anda. Jika laptop sudah tersedia, sekarang yang menjadi hal wajib kedua adalah kuota internet, dengan koneksi internet yang lancar bisnis online shop Anda akan berjalan lancar.

Miliki Website Sendiri.

Panduan bisnis online shop berikutnya adalah website. Jika Anda tidak bisa membuat website sendiri, saat ini sudah tersedia secara online jasa pembuatan Website untuk usaha jualan online, meskipun sedikit agak mahal. Sebagai pemula anda bisa menggunakan blogspot atau wordpress yang tidak berbayar alias gratis sebagai awal untuk membuka usaha Anda. Cara membuatnya sangat muda. Untuk cara pembuatan blogspot anda bisa membaca begitu banyak tutorial cara membuat blog. artikel ini hanya membahas mengenai panduan berbisnis online shop.

Pendeknya, membuat blog tidak harus mengeluarkan uang, Anda bisa menggunakan blogger.com. Jika usaha anda berjalan dan bisa tetap eksis, blog anda perlu diperbaharui menjadi website professional, tujuannya untuk membuat para client atau pembeli lebih yakin lagi untuk memesan produk anda Anda.

cara bisnis online shop

Perkenalkan Website Bisnis Anda

Setelah Anda memiliki website untuk bisnis shop online, selanjutnya, bisnis Anda butuh untuk dipromosikan. Saat ini, ada berbagai macam cara yang bisa digunakan untuk memperkenalkan website bisnis pribadi kepada publik, mulai dari penggunaan Iklan Gratis sampai penggunaan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan whatsap. Media seperti ini sudah menjadi alat ampuh yang sangat efektif untuk mempromosikan barang-barang jualan. Pastikan di website Anda tercantum nama website dan nomor kontak agar para peminat yang tertarik untuk membeli bisa langsung menghubungi.

Pelajari dan Pahami tentang Internet Marketing.

Kesulitan utama dalam menjalankan bisnis online adalah menarik minat para konsumen. Mungkin akan lebih mudah jika kita menawarkan barang kepada pembeli secara langsung atau dengan kata lain saling bertatap muka, tapi karena berbisnis online kita tidak pernah mengenal dan bertemu para pembeli maka wajib untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan ketertarikan para pembeli.

Untuk itulah pemahaman tentang internet marketing sangat dibutuhkan untuk usaha bisnis online shop sehingga semakin menguntungkan Anda. Jika Anda sudah paham saatnya memutuskan produk yang menjadi usaha jual Anda.

panduan online shop

Kategorikan Jualan Online anda

Panduan bisnis online shop selanjutnya adalah kategori produk. Jika anda pernah mengunjungi website online shop, disana ada banyak jenis barang yang bisa dipilih sebagai fokus bisnis online shop Anda tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak. Anda bisa bertindak sebagai reseller produk mulai dari alat-alat teknologi, produk kecantikan, baju gamis batik atau baju muslim, produk kesehatan seperti produk untuk menurunkan kolestrol sampai produk peninggi badan.

Pilihlah kategori yang sedang menjadi trend, intinya kategori barang yang Anda pilih harus selalu selalu seirama dengan minat dan permainan pasar. Salah satu cara agar produk Anda bisa dilirik para konsumen, maka sebarlah ke media sosial.

Media sosial facebook

Banyak yang menyarankan, sebagai pemula dalam berbisnis online shop, sebaiknya Anda menyebarkan produk bisnis melalui facebook, sampai sekarang media yang satu ini masih sangat digemari para pengguna media sosial. Dengan memaksimalkannya Anda bisa meningkatkan brand dan mendapatkan ketertarikan para konsumen dengan tidak melanggar aturan apalgi menggangu publik.

Berbisnislah Dengan bijak

Sikap Anda dalam menjalankan bisnis online shop juga sangat perlu dijaga meskipun tidak secara langsung bertemu dengan pelanggan, tetapi mempromosikan produk dengan tidak bijaksana itu akan bisa mengganggu ketenangan dan kenyamanan para konsumen, akibatnya pelanggan bisa saja tidak lagi tertarik sama produk jualan Anda.

Untuk menghindari itu terjadi, Anda disarankan memilih audiens yang cocok sebagai sasaran, teruslah menyebarkan produk anda ke media facebook secara konsisten, kalau para pelanggan masih tetap bertahan dan makin bertambah barulah Anda menyebarkann ke media sosial lain. pelan-pelan saja tapi meyakinkan para konsumen

cara bisnis online shop

Isilah Bisnis Online Anda Dengan Keterangan Tiap Produk Sebanyak-Banyaknya.

Hal yang paling tidak menyenangkan adalah saat Anda pernah mengunjungi satu website belanja online, namun keterangan mengenai produk di website itu sangat sedikit. Anda yang awalnya berniat ingin membeli malah berubah menjadi kesan buruk terhadap produk itu. Inilah yang harus Anda perlu perhatikan jika sudah menjalankan bisnis online shop, kenapa setiap produk itu penting diberikan deskripsi sebanyak mungkin, karena para konsumen atau pembeli hanya bisa melihat produk tanpa bisa mencoba.

misalnya, bisnis baju online. Sangat diperlukan Ada menulis mengenai jenis bahan, ukuran baju serta keterangan lain sehingga kesan yang sampai kepada pembeli bukan kesan penipuan. Selain itu jangan lupa menyediakan foto produk yang menarik.

Tampilkan Gambar Produk dengan Jelas

Panduan bisnis online shop berikutnya adalah gambar produk. Tidak bisa dipungkiri bahwa gambar suatu produk di website sangat mempengaruhi minat pembeli. Semakin jelas foto produk semakin besar keinginan pembeli untuk memilikinya tetapi jika gambar yang di tampilkan kurang jelas, itu bisa saja memalingkan gairah para pembeli untuk tidak membeli.

Produk dengan gambar yang jelas merupakan kunci utama dalam berbisnis online shop. Kesimpulannya, sebisa mungkin Anda harus menampilkan gambar produk dengan kualitas foto yang maksimal sehingga anda para pembeli bisa yakin bahwa yang Anda lakukan bukanlah tindakan penipuan.

panduan bisnis online shop

Buatlah Katalog Produk pada Website Anda

Katalog merupakan salah satu strategi pemasaraan dalam berbisnis online. Anda bisa membuat katalog produk pada Website Toko Online, Blog maupun pada Halaman Facebook Anda. cara ini sangat mudah, sudah ada beberapa fasilitas yang gratis yang bisa Anda modifikasi sebagai tempat memasarkan barang jualan misalnya gambar produk dan kegunaan produk.

Gunakan aplikasi yang bisa berkomunikasi dengan pelanggan secara cepat

Salah satu yang membuat para pelanggan tertarik untuk membeli barang online adalah karena tersedianya ruang komunikasi dengan penjual, misalnya dengan adanya CS (chat Service) atau CP (contact person). Beberapa website sudah memasang layanan komunikasi ini dimana para pembeli langsung bisa menanyakan perihal produk yang mereka minati.

Ada bnyak jenis media yang bisa anda aktifkan khusus untuk melayani para pelanggan, contohnya, layanan Yahoo Messenger yang gratis, layanan Whats App, applikasi Facebook Chat dan BBM. Sebaiknya Anda perlu mencantumkan nomor, pakailah nomor khusus untuk website jualan agar supaya para pelanggan bisa berkomunikasi setiap saat.

panduan bisnis online shop

Berikan kesan pelayanan yang maksimal kepada konsumen

Salah satu strategi menarik minat pengunjung adalah dengan menunjukan sikap Anda yang Aktif dan ramah serta senang memberikan informasi kepada pelanggan dengan cara yang menyenangkan. Hal ini perlu anda lakukan agar pelanggan Anda merasa senang dan betah untuk menjadikan anda sebagai tempat terbaik penyedia kebutuhan mereka.

Jangan pernah menunjukkan sikap emosi saat melayani para pelanggan, Anda pasti sudah tahu bahwa para pembeli punya karakter yang berbeda- beda. Jika Anda menerapkan strategi ini pasti konsumen Anda merasa nyaman dan menanti produk-produk anda yang baru.

Kagetkan Para pembeli dengan produk surprise

Jika bisnis jualan online Anda sudah berhasil jangan pernah takut untuk memberikan produk kepada para pembeli dengan harga murah atau memberikan mereka voucher untuk berbelanja di website Anda.

Itulah beberapa cara atau panduan yang bisa anda ikuti jika ingin memulai usaha bisnis online shop. Sebagai pemula dalam menapaki usaha ini, Anda tidak harus mengikuti semua panduan diatas, mulailah dengan langkah yang sederhana dulu, nanti setelah usaha online shop Anda berjalan dengan lancar barulah Anda bisa mendesain bisnis ini secara profesional. Baca juga panduan bisnis modal kecil


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.