Panduan Bisnis Franchise Bagi Pemula Yang Menguntungkan – Salah satu bisnis yang bisa dibilang sangat praktis untuk dilakukan adalah bisnis waralaba, dengan bisnis waralaba atau bisnis franchise investor tidak lagi memikirkan soal stok barang, atau model bisnis, bahkan teknik promosi, semua sudah disusun dengan baik oleh pemilik usaha franchise.

Bisnis franchise saat ini sangat berkembang pesat di Indonesia, dari mulai kuliner, kursus, cafe, dan lainnya selalu ramai dan dapat memberikan kesuksesan pada investornya.

Selain dari kepraktisan untuk memulai, standar menjalankan bisnis biasanya sudah diatur sangat ketat oleh pemilik franchise sehingga kita sebagai investor hanya perlu mengikuti standar bisnis tersebut, akan jauh lebih mudah untuk fokus. Apalagi beberapa bisnis franchise memberikan bonus dan hadiah khusus bagi investor yang mendapatkan target penjualan tertentu, dengan cara ini kita juga akan semakin bersemangat mengejar penjualan.

Yang hanya dibutuhkan investor bisnis franchise adalah modal untuk membeli paket usaha yang ditawarkan, sebagai investor memberikan modal pada bisnis franchise biasanya sudah dilengkapi dengan hitung-hitungan bisnis, potensi penghasilan harian dan berapa bulan investor mulai mendapatkan penghasilan.

panduan bisnis franchise

Meskipun terkesan mudah, namun bisnis ini juga membutuhkan strategi dalam menjalankannya, dari mulai perencanaan awal hingga promosi. Berikut artikel ini akan membahas sedikit tentang panduan bisnis franchise.

Panduan bisnis franchise bagi pemula yang menguntungkan

Menyiapkan modal usaha

Hal ini pasti perlu disiapkan, modal usaha bisnis franchise harus disiapkan dengan baik dan akan jauh lebih baik jika modal usaha ini melebihi dari harga paket bisnis franchise yang ditawarkan, jangan menggunakan semua modal untuk membeli bisnis franchise, karena bisa jadi ada hal-hal diluar paket bisnis yang juga memerlukan modal.

Misalnya saja untuk biaya promosi, dekorasi dan lain sebagainya, untuk itu modal bisnis sebaiknya lebih dari harga paket bisnis franchise.

panduan bisnis franchise

Tentukan bisnis franchise 

Ada banyak sekali pilihan bisnis franchise di Indonesia, Anda bisa memilih bisnis franchise sesuai dengan budget, lokasi calon tempat bisnis Anda dan juga tingkat keberhasilan dari franchise tersebut.

Untuk melihat keberhasilan dari bisnis franchise tersebut, Anda bisa mendapatkan informasi dari web resmi franchise tersebut, ataupun dengan melakukan survey sendiri pada bisnis franchise yang ingin Anda buka. Perhatikan jumlah pembeli dari bisnis tersebut setiap harinya, jika memang sangat banyak tentu ini indikasi bahwa bisnis tersebut sangat potensial.

Selain dari pertimbangan budget, lokasi dan keberhasilan bisnis franchise tersebut hal lain yang harus diperhatikan adalah profesionalitas dari pemilik franchise, bagaimana mereka menjaga investor agar ikut berhasil, dan bagaimana mereka terus menjaga bisnis dengan berbagai inovasi bisnis.

Penting untuk memperhatikan hal tersebut, karena inovasi produk ini tidak bisa kita lakukan sendiri. Pihak pemilik franchise yang melakukan inovasi bisnis franchise mereka.

Kenali lebih dalam pemilik bisnis franchise

Panduan bisnis franchise berikutnya adalah kenali lebih dalam tentang pemilik bisnis franchise, bagaimana perusahaan tersebut bekerja. Pilih perusahaan franchise yang menerapkan sistem yang ketat dalam menjalankan bisnis, dan tidak sering melakukan kebijakan bisnis.

Baik franchise lokal ataupun mancanegara hal ini harus selalu diperhatikan, semakin ketat sistem atau proses bisnis yang mereka lakukan, maka akan semakin baik pula untuk kita sebagai investor.

cara bisnis franchise

Pilih lokasi bisnis yang tepat

Lokasi bisnis yang tepat akan menentukan keberhasilan dan untuk besar dari sebuah bisnis, lokasi bisnis ini disesuikan dengan model bisnis franchise yang ingin Anda buka. Misal jika Anda ingin membuka bisnis franchise laundry, tentu lokasi yang paling cocok adalah dengan dengan kampus-kampus besar.

Begitu juga dengan franchise kuliner lokasi yang cocok adalah di tengah kota dan juga dekat dengan daerah kampus dan kantoran. Semakin cocok lokasi dengan bisnis franchise Anda akan semakin besar potensi keuntungan yang didapatkan.

Teknik promosi dan marketing

Meskipun pemilik bisnis franchise akan mempromosikan brand mereka, namun kita sebagai investor juga harus cerdas dalam melakukan promosi lokasi bisnis kita agar semakin ramai pelanggan yang datang. Salah satu yang bisa dimaksimalkan adalah melakukan promosi di social media dan strategi internet marketing lainnya.

Demikian panduan bisnis franchise dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam berbisnis franchise. Baca juga cara berjualan secara online


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.