Cara Berjualan Secara Online

cara berjualan secara online 2

Cara Berjualan Secara Online– Bisnis internet merupakan peluang yang luar biasa bagi siapa saja. Jika sedang mencari usaha, anda bisa membuka usaha online, seperti toko online. Lalu, bagaimana caranya untuk memaksimalkan penjualan? Kami ingin berbagi beberapa tips tentang pengelolaan toko online. Yang pertama adalah perkenalkan toko online yang dimiliki kepada teman-teman terdekat. Jangan dulu berpikir untuk mempromosikannya memakai jasa periklanan online. Anda perlu mempromosikannya kepada orang-orang disekitar, seperti rekan kerja, tetangga di lingkungan perumahan, keluarga, dll. Orang-orang tersebut bisa menjadi konsumen pertama anda.

cara berjualan secara online 2

Setiap kali merilis atau memperkenalkan usaha baru, mereka ada orang pertama yang perlu tahu. Anda bisa mendapatkan banyak penjualan jika produk yang ditawarkan disukai oleh mereka. Kemudian kami juga menyarankan untuk membuat brosur atau selebaran. Brosur merupakan salah satu media promosi yang sangat efektif. Tidak hanya murah, tapi brosur juga mampu meningkatkan penjualan dengan cukup signifikan. Anda bisa membuat brosur sederhana ataupun berwarna. Sesuaikan saja dengan budget yang dimiliki. Jika anda memiliki modal investasi yang besar untuk toko online, maka tidak ada salahnya mengeluarkan lebih banyak uang untuk mencetak brosur berkualitas.

Di dalam brosur tersebut anda bisa mencantumkan katalog produk, harga, dan berbagai informasi lainnya. Sebaiknya pakai kertas yang ukurannya besar terutama jika anda memiliki banyak produk. Ketebalan kertas juga perlu menjadi perhatian. Banyak brosur dibuat dengan kertas yang tipis untuk menghemat biaya. Jika anda tidak memiliki biaya terlalu besar, maka boleh saja membuat brosur sederhana. Tapi jika anda punya modal cukup besar untuk berpromosi, pilihlah kertas yang lebih tebal dan besar untuk membuat selebaran.

Kemudian anda juga bisa memperkenalkan produk kelewat marketplace online. Marketplace online merupakan media promosi yang efektif sebab website seperti ini umumnya memiliki banyak pengguna setia. Selain itu, traffic harian mereka juga sangat tinggi. Ada banyak sekali marketplace online di mana anda bisa memasarkan produk, seperti bukalapak, tokopedia, forum jual-beli kaskus, olx, dan masih banyak yang lainnya. Masing-masing marketplace memiliki konsumen yang berbeda-beda. Selain itu proses transaksinya juga berbeda. Ada marketplace yang secara langsung menjadi perantara antara konsumen dan penjual. Ada pula marketplace yang hanya memberi ruang bagi penjual untuk mengiklankan produk mereka. Sementara untuk proses transaksi, mereka lepas tangan.

cara berjualan secara online

Jika anda ingin memanfaatkan marketplace untuk berpromosi, maka jangan lupamencantumkan daftar produk secara lengkap. Mulailah dengan memberi informasi seputar profil usaha, alamat, kontak yang bisa dihubungi, tata cara pemesanan, proses pembayaran, dan yang lainnya. Kemudian jangan lupa juga untuk melisting produk yang ditawarkan. Usahakan setiap produk memiliki deskripsi yang lengkap supaya konsumen tidak merasa kebingungan. Selain lewat marketplace online, promosi lewat media sosial juga sama efektifnya. Kebanyakan dari kita merupakan penggemar aktif dari sosial media.

Tapi untuk penjual, media atau situs pertemanan seperti ini bisa menjadi ajang untuk menjaring konsumen. Anda bisa memakai Facebook, Twitter, Instagram, serta media sosial lainnya untuk memperkenalkan produk yang dimiliki. Jangan lupa untuk memberikan pelayanan terbaik sebab konsumen yang merasa puas dengan pelayanan anda kemungkinan besar akan menjadi konsumen setia dan mereka akan terus melakukan pemesanan produk ke depannya. Yang juga penting adalah memberikan promo agar penjualan semakin meningkat. Misalnya untuk pembelian dalam jumlah besar, anda bisa memberikan harga khusus atau diskon. Siapapun ingin harga paling murah, jadi trik marketing ini akan bekerja saat diterapkan pada produk yang dijual. Atau berikan hadiah gratis untuk pembelian beberapa produk sekaligus. Itu tadi cara berjualan secara online. Semoga membantu.

Related Articles