Panduan Bisnis Fotocopy Cepat Balik Modal dan Menguntungkan

panduan bisnis fotocopy

Panduan Bisnis Fotocopy Cepat Balik Modal dan Menguntungkan – Salah satu bisnis yang sangat banyak peminatnya di daerah perkotaan adalah bisnis fotocopy, bisnis ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya, bahkan jika digabungklan dengan percetakan dan juga penjualan ATK akan sangat ramai pengunjung setiap harinya.

Bisnis fotocopy bisa dibilang cenderung mudah untuk dijalankan, hanya butuh beberapa keahlian untuk menjalankan mesin fotocopy dengan baik. Juga keahlian untuk melakukan perawatan terhadap mesin fotocopy agar selalu bisa bergunsi dengan normal.

Dengan kemudahan mengoperasikan mesin fotocopy bisnis ini cenderung lebih mudah untuk dikerjakan oleh karyawan. Proses pelatihan karyawan untuk bisa menguasai mesin fotocopy tidaklah memerlukan waktu yang lama.

Menjalankan bisnis fotocopy juga memerlukan strategi dan cara berbisnis yang benar, berikut beberapa tips dan juga panduan bisnis fotocopy.

panduan bisnis fotocopy

Pilih lokasi bisnis yang strategi

Lokasi bisnis tetap menjadi salah satu hal yang harus sangat dipertimbangkan, apalagi bisnis seperti fotocopy membutuhkan tempat yang strategis karena tidak semua orang membutuhkan fotocopy, jasa fotocopy biasa sering dibutuhkan oleh orang kantoran dan pelajar SMP, SMA atau mahasiswa.

Sehingga lokasi yang tepat akan membuat bisnis fotocopy lebih mudah berkembang. Lokasi bisnis fotocopy yang strategis dan mudah diakses menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Semakin baik lokasi bisnis ini semakin besar pula penghasilan yang akan didapatkan.

Sebisa mungkin untuk mencari tempat usaha didaerah kampus dan perkantoran, jika memungkinkan untuk menyewa lokasi bisnis tentu akan jauh lebih baik, meskipun berukuran tidak begitu besar yang terpenting harga sewa masih terjangkau dan lokasi benar-benar strategis.

Biaya operasional relatif murah

Seperti bisnis lainnya, bisnis fotocopy membutuhkan biaya operasional bulanan. Biaya operasional bulanan ini mencakup listrik, PDAM, gaji karyawan dan biaya kertas. Kurang lebih semua biaya operasional berkisar di bawah 3 juta 500 ribu, tentu akan semakin besar biaya operasional seiring dengan semakin ramai pula bisnis fotocopy kita.

Pembelian bahan baku kertas akan jauh lebih murah jika kita mendapatkan langsung dari distributor kertas dengan harga grosis, penting untuk mencari informasi tentang hal ini agar biaya operasional jauh lebih murah dan untuk bisa jauh lebih besar.

cara bisnis fotocopy

Menjaga kualitas fotocopy

Semakin baik kualitas fotocopy, kerapihan kerja dan kualitas cetak maka akan semakin ramai bisnis fotocopy kita. Biasanya bisnis fotocopy memiliki kualitas cetak yang baik di awal-awal buka, namun setelah beberapa bulan terdapat kekurangan pada kualitas cetak. Jangan sampai hal ini terjadi di bisnis fotocopy Anda.

Selalu usahakan untuk menjaga kualitas cetak dan juga kerapihan dalam melakukan fotocopy, jangan sampai ada hasil yang miring atau mungkin dalam proses penjilidan yang tidak rapi.

Merekrut tenaga berpengalaman

Karyawan dengan pengalaman yang dalam mengenai fotocopy dan juga penjilidan akan lebih baik untuk dimiliki, dibandingkan dengan karyawan baru yang belum pernah memiliki pengalaman sama sekali.

Atau jika harus menerima karyawan baru, pastikan untuk dilatih dengan baik terlebih dahulu secara teknis penggunaan mesin fotocopy dan juga hal-hal lain seperti kedisiplinan dan kerapihan dalam bekerja.

Pelayanan yang ramah

Kesibukan karyawan yang padat di bisnis fotocopy terkadang membuat pelayanan yang tidak maksimal, sering pelanggan dilayani dengan wajah yang menyeramkan atau kurang senyum. Hal ini akan menyebabkan minat pelanggan akan turun, dan lebih memilih bisnis fotocopy lainnya.

Terkadang juga ada pelanggan yang meminta untuk dilayani dengan cepat, dan juga memberikan permintaan khusus pada hasil fotocopy, hal ini harus dilayani dengan baik karena sekali saja pelayanan tidak ramah apalagi membuat orang lain sangat tidak nyaman, akan membuat pelanggan memilih jasa fotocopy lainnya.

Jika pelayanan yang tidak ramah ini terjadi terus menerus tentu bisnis fotocopy kita akan semakin sepi. Untuk itu dalam merekrut karyawan harus menerapkan standar ini, selain dari pertimbangan pengalaman teknis dengan mesin fotocopy.

bisnis fotocopy

Penjualan ATK

Tambahan keuntungan lainnya di bisnis fotocopy adalah dari keuntungan penjualan ATK atau alat tulis kantor, hal ini sangat cocok untuk dilakukan karena bisnis fotocopy sangat identik dengan alat tulis kantor. Bahkan tidak jarang orang datang hanya untuk membeli keperluan ATK dan tidak menggunakan jasa fotocopy

Demikian beberapa panduan bisnis fotocopy yang menguntungkan. Baca juga panduan bisnis franchise yang menguntungkan

Related Articles