Panduan Bisnis Bebek Untuk Pemula – Berbisnis ternak adalah salah satu bisnis yang sangat menguntungkan, kebutuhan akan daging kian hari kian bertambah, salah satu sumber penghasil daging adalah hewan bebek sehingga ternak bebek menjadi salah satu bisnis yang terus ramai.

Permintaan daging bebek akan semakin mahal harganya jika pembeli yang datang berasal dari perkotaan, kelezatan daging bebek menjadikan bebek memiliki permintaan dan kelas tersendiri di daerah perkotaan. Beternak bebek juga termasuk salah satu ternak yang mudah untuk dipelihara, karena tidak seperti ternak lain yang cenderung lebih sulit untuk di arahkan atau di gembala, bebek bisa sangat tertib saat kita ingin mengembalikannya kekandang

Sering kita mendengar istilah “bebek saja bisa antri”, istilah ini memang benar bahwa hewan ternak ini cenderung lebih mudah untuk diarahkan kearah kandang dibandingkan dengan hewan lainnya, sehingga dalam hal perawatan ternak ini akan jauh lebih mudah dibandingkan ternak lain.

panduan bisnis bebek

Selain dari beberapa hal tadi ada beberapa pertimbangan lainnya bagi kita yang ingin memulai bisnis bebek, berikut artikel ini akan membahas sedikit bagaimana cara atau panduan memulai bisnis bebek.

Panduan bisnis bebek untuk pemula

Persiapan kandang ternak

Seperti halnya ternak lainnya, beternak bebek harus memperhatikan kualitas kandang. Kandang bebek bisa dibagi menjadi 3 jenis, yaitu kandang anakan, kandang dewasa dan kandang indukan atau kandang saat bebek mulai bertelur. Memisahkan jenis-jenis bebek sesuai dengan usia adalah salah satu cara yang dapat dilakukan agar bebek lebih mudah besar dan tidak stres.

Selain dari pemisahan bebek dari jenis dan usia juga yang harus dijaga adalah kelembaban dari kandang, tidak boleh terlalu lembab dan juga tidak terlalu kering, hal lain juga adalah suhu kandang yang tidak boleh terlalu dingin suhu kandang bebek bisa berkisar sekitar 39 derajat celcius.

Pembibitan ternak bebek

Persiapan berikutnya setelah mempersiapkan kandanga adalah persiapan pembibitan dari ternak bebek, akan jauh lebih baik jika kita beternak dan sekaligus mampu untuk mempersiapkan bibit dari ternak, ini akan menghemat biaya untuk membeli bibit dari peternak lainnya.

panduan bisnis bebek

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin membeli telur sebagai bibit dari peternak lainnya, yang pertama adalah belilah telur yang berasal dari indukan berkualitas, bukan dari indukan dalam keadaan tidak sehat. Anda bisa memperhatikan peternak atau penjual bibit tersebut dalam merawat indukan dan menjalankan bisnis jual bibit ini.

Saat membeli anakan atau bibit yang sudah menjadi anak, pastikan membeli anakan bibis bebek yang mempunyai kondisi sempurna, sehat, kuat dan tidak cacat agar pertumbuhannya lebih cepat.

Jika memungkinkan Anda mengembangbiakan bebek sendiri untuk memproduksi anakan tentu akan jauh lebih baik, yang harus diperhatikan adalah mempersiapkan pejantan dan betina yang siap reproduksi, atau Anda bisa membeli indukan bebek pada peternak lainnya.

Teknik pemeliharaan ternak bebek

Berikutnya yang akan dibahas pada panduan bisnis bebek adalah cara memelihara bebek, bebek normalnya dapat dipanen saat usia 2-3 bulan dengan berat badan kurang lebih 1.5 kg. Namun terkadang permintaan pasar menginginkan panen ini lebih cepat, misalnya membutuhkan bebek yang lebih mudah untuk mendapatkan daging yang lebih empuk dan lebih guring saat dikonsumsi.

cara berbisnis bebek

Teknik pemeliharaan bebek sama seperti memelihara ternak lainnya, hal yang harus diperhatikan adalah pakan ternak juga kesehatan kandang. Beberapa peternak bebek membiarkan ternaknya untuk mencari makan di luar kandang, hal ini biasa dilakukan agar ternak tidak mudah stres. Namun memberi makan ternak di area kandang juga jauh lebih baik jika mempertimbangkan dari serangan dari binatang buas lain.

Menjaga kesehatan ternak

Kesehatan bebek sangat penting untuk terus dikontrol, cara paling mudah untuk mengetahui bebek sehat atau tidak hanya dengan memperhatikan aktivitas dari bebek tersebut, jika bebek dalam keadaan tidak aktiv atau kurang gerak dalam kandang Anda bisa memberikan vitamin agar kesehatan dari bebek tersebut bisa kembali terjaga.

Menjaga kualitas pakan

Pakan berkualitas merupakan salah satu cara agar ternak bebek lebih sukses dan menguntungkan, dengan jenis pakan yang tepat juga waktu pemberian pakan yang teratur membuat pertumbuhan ternak bebek akan menjadi lebih cepat dan waktu panenpun akan semakin cepat.  Jangan lupa juga untuk memberikan vitamin yang bisa dicampurkan diair minum bebek.

Demikian beberapa panduan bisnis bebek yang menguntungkan. Baca juga cara berjualan secara online

 


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.