Panduan Bisnis Apotek Tips dan Trik Untuk Memulai

panduan bisnis apotek

Panduan Bisnis Apotek Tips dan Trik Untuk Memulai – Bisnis apotek atau toko obat merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan, bisnis apotek sendiri bisa didirikan di daerah perkotaan ramai ataupun didaerah kota yang belum ramai. Kebutuhan akan obat merupakan salah satu kebutuhan mendesak dan kebanyakan orang akan mengeluarkan uang untuk mendapatkan kesehatan dan kesembuhan.

Bisnis apotek sebenarnya bisa dimulai dari modal kecil, namun perlu diingat bahwa bisnis apotek adalah bisnis yang khusus dan memerlukan syarat khusus untuk membuka apotek, sehingga bagi Anda yang ingin membuka bisnis apotek untuk mempersiapkan syarat-syarat pembangunan bisnis apotek.

panduan bisnis apotek

Berikut panduan bisnis apotek secara singkat

Penuhi perizinan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memenuhi perizinan pebukaan apotek, perizinan ini berkaitan dengan legalitas usaha apotek yang Anda bangun, Anda bisa mencari informasi di dinas kesehatan setempat, tempat Anda ingin membuka toko apotek dan melengkapi semua syarat-syaratnya.

Biasanya setelah dokumen syarat Anda lengkapi maka akan ada tim yang melakukan survey ke lokasi atau toko yang akan Anda buat, setelah semua persyaratan terpenuhi Anda kemudian akan mendapatkan izin menjalankan bisnis apotek ini.

Syarat-syarat yang biasanya harus dipenuhi adalah yang berkaitan dengan apoteker yang menjadi pengelola dari apotek tersebut, misalnya foto kopi KTP, surat pernyataan dan lain sebagainya.

Tentukan lokasi apotek yang strategies

Hal yang penting selanjutnya dalam panduan bisnis apotek yang harus Anda perhatikan adalah lokasi dari apotek, pilih tempat strategies misalnya dekat perempatan atau pertigaan yang ramai. Jauhi membuka bisnis ini di lorong kecil atau gang, tentu akan menyulitkan akses pelanggan ke apotek Anda.

Lokasi bisnis akan sangat mempengaruhi ramai tidaknya apotek Anda, jika memungkinkan mendapatkan tempat di daerah tengah kota yang padat penduduk, atau dekat universitas ternama akan jauh lebih baik.

Perencanaan bisnis apotik yang benar

Bisnis apotek adalah salah satu bisnis yang harus benar-benar direncanakan dengan baik, mengingat syarat untuk membuka apotek tidaklah mudah, tentu akan rugi waktu dan tenaga jika Anda tidak merencankan rencana bisnis dengan baik. Hal-hal yang harus dalam perhitungan dan perencanaan yang baik adalah gaji karyawan, pemasok obat terpercaya, dan strategi promosi.

cara berbisnis apotek

Sarana prasarana apotek

Sarana dalam ruang apotek kita juga harus diperhatikan, apotek dengan ruang tunggu yang nyaman dan juga fasilitas seperti kursi dan meja yang nyaman dapat membuat orang semakin senang untuk datang membeli kebutuhan obat mereka, bahkan walaupun apotek kita berdekatan dengan apotek orang lain sudah pasti banyak orang lebih memilih apotek kita karena pertimbangan kenyamanan.

Profesionalitas dan keramahan

Kadang kala yang datang ke apotek membeli obat adalah orang yang memang sedang dalam keadaan sakit, yang seringkali kesabarannya tidak bisa dikontrol. Sehingga tidak jarang jika pelanggan tersebut datang dalam keadaan yang sedikit cepat marah atau tidak sabaran.

Dalam keadaan seperti ini profesionalitas dan keramahan dari apoteker sangat dibutuhkan, sehingga akan jauh lebih baik jika Anda membuat sebuah standar pelayanan yang mengutamakan keramahan pada pelanggan atau pembeli obat di apotek Anda.

strategi bisnis apotek

Strategi promosi

Beberapa tips di atas dapat digolongkan strategi untuk menjaga pelanggan tetap datang di apotek kita, lalu bagaimana cara atau tips untuk mendatangkan pengunjung ke apotek kita? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendatangkan banyak pelanggan di apotek kita.

Salah satunya adalah dengan memberikan layanan konsultasi gratis di hari-hari tertentu, tentu untuk pembayaran biaya konsultasi ke dokter Anda yang bayarkan, sehingga dengan begini akan sangat banyak orang datang berkonsultasi dan membeli obat yang direkomendasikan dokter tersebut di apotek Anda.

Salah satu cara juga adalah dengan menempelkan profil dan pendidikan terakhir dari apoteker Anda, di bingkai-bingkai foto sehingga orang-orang akan semakin yakin jika menanyakan perihal obat-obat yang tepat untuk mereka.

Strategi promosi lainnya yang bisa Anda gunakan adalah ikut aktif dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan dengan menjadi sponsor, misalnya saja jika akan dilaksanakan jalan santai dikota Anda, Anda bisa mencari cara agar bisa mensponsori acara tersebut, dengan memasang banner-banner iklan dari apotek Anda.

Dengan demikian akan semakin banyak orang yang mengenal apotek Anda di kota tersebut. Semoga bermanfaat, baca juga: Cara menawarkan produk ke konsumen

Related Articles