5 Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Cara Menghasilkan Uang dari Internet sebenarnya ada buanyakkk cara…

Seperti yang saya juga sudah yakin bahwa Anda sudah pernah banyak membaca artikel-artikel diluar sana yang memberitahukan gimana sih menghasilkan uang dari Internet… Tapi saya akan berbagi kepada kamu mengenai 5 cara yang sudah terbukti bagaimana menghasilkan uang dari Internet.

Sebelum juga masuk kepada topik pembahasan ini, saya juga sering menemukan seringkali pola pikir orang-orang yang salah mengenai bisnis online. Yaitu bahwa Bisnis Online itu bisa menghasilkan dalam waktu Cepat. Pada satu sisi, benar adanya demikian, hanya saja tolak ukur nya lah yang berbeda-beda…

Cara menghasilkan uang dari Internet memang lebih cepat… apabila kita bandingkan dengan Bisnis Konvensional, karena dengan bisnis online modal yang kita perlukan relatif jauh lebih sedikit. Karena tidak perlu investasi yang besar seperti pada bisnis konvensional. Sehingga ROI (Return on Investment) atau balik modal kita akan jauh lebih cepat pula…

Namun, tetap saja untuk menghasilkan uang dari Internet bukanlah terjadi dalam satu malam. Ada rangkaian-rangkaian proses untuk bisa menghasilkan uang tersebut.

Bisnis online secara simpel saya katakan adalah dari sekian Visitor/Traffic (Pengunjung) akan menghasilkan sekian Conversion (Konversi penjualan)

cara menghasilkan uang dari Internet

Kuncinya adalah pada permainan Angka.. Menurut Anda, mana yang lebih masuk akal dari kedua pernyataan ini…

Mengharapkan 1 penjualan dari 1,000 pengunjung, atau Mengharapkan 1 penjualan dari 10 pengunjung?

Saya yakin, kita akan sepakat jauh lebih masuk akal terjadi penjualan pada jumlah pengunjung yang lebih besar bukan? Dan online media, seperti website inilah yang akan membantu kita untuk mendapatkan 1,000 pengunjung tersebut.

Sekali lagi… Untuk menciptakan 1,000 pengunjung yang stabil setiap hari… Tidak terjadi dalam satu malam… ada rangkaian prosesnya… Kabar baiknya adalah Prosesnya sangat Asik, Menarik dan Menyenangkan…

Okay! Saya yakin Anda sudah sedikit mendapatkan gambaran mengenai Cara Menghasilkan Uang dari Bisnis Internet bukan? Kita akan masuk pada pembahasannya sekarang…

uang dari internet

5 Cara Menghasilkan Uang dari Bisnis Internet

1. Website yang Membayar

Ada begitu banyak website yang sebenarnya bisa membayar Anda dengan beragam aktivitas yang Anda bisa lakukan secara online. Seperti, saat ada orang yang berbelanja produk tertentu, saat Anda mengisi sebuah data survey tertentu, atau saat Anda bisa memberikan sebuah review atau testing produk tertentu. Namun sepengalaman saya, memang ini tidak akan membuat Anda kaya, tapi untuk mendapatkan uang untuk sehari-hari saya rasa ini bisa Anda gunakan…

  • iPanelOnline : adalah sebuah situs paid survey Indonesia yang menjadi primadona untuk menghasilkan uang di Internet. Beberapa keunggulan yang saya lihat adalah reward yang cukup besar dari setiap tugas yang dikerjakan. Sistem pembayaran menggunakan Paypal, tentu saja ini kredibel untuk menerima uang Anda dan minimum payout yaitu 5,000 poin yang bernilai Rp 50.000 ( $5 )
  • Fiverr : adalah situs tempat Anda bisa menghasilkan dollar yang cukup menarik menurut saya. Terlebih lagi, bila Anda memiliki kemampuan khusus berupa jasa yang bisa dibeli orang. Pada dasarnya semua harga dimulai dari $5 dari setiap penawaran yang bisa Anda tawarkan disana. Anda bisa mencoba untuk melihat-lihat kedalam websitenya juga untuk mempelajari apakah ada jasa yang bisa Anda tawarkan disana.

2. Penulis Freelance

Menjadi seorang penulis freelance adalah salah satu pekerjaan online yang sangat populer di dunia. Banyak penulis-penulis freelance yang bisa mendapatkan bayaran sekitar $0.5 dari setiap 50 kata yang mereka tulis. Bahkan beberapa diantaranya bisa beberapa kali lipatnya!

Namun tentu saja tidak langsung Anda bisa mencapai tahap tersebut, Anda perlu membangun portofolio, membuat resume pribadi Anda dan segala hal untuk mencitrakan diri Anda sebagai penulis yang layak digunakan dengan harga tertentu.

Tentu saja ini cocok sekali bagi kamu yang suka dengan menulis sesuatu. Karena passion menulis, saya sangat menyarankan untuk menekuni model bisnis ini. Serius!

Sedikit bocoran dari saya, untuk membuat portofolio online kamu bisa menggunakan Profile LinkedIn kok… Karena disanalah mereka-mereka suka untuk mencari jasa-jasa penulisan artikel, selain dari banyaknya pasar Bule yang membutuhkan jasa penulisan artikel.

Oh ya, dalam hal ini konteks yang saya bahas adalah penulisan dalam konten bahasa inggris ya… 🙂 Yuk kita lihat beberapa tempat yang bisa membayar Anda.

  • Listverse : ini adalah salah satu yang cukup wah menurut saya, karena Listverse ini akan membayar Anda sebesar $100 dari setiap artikel yang mereka setujui untuk dipublikasikan, memang ada beberapa ketentuan seperti minimal panjang artikel sekitar 1,500 kata. Menarik?
  • Toptenz : Toptenz juga website yang tidak kalah menarik, karena mereka akan membayar Anda $50 dari setiap artikel yang mereka setujui untuk dipublikasikan. Ketentuannya bisa Anda baca sendiri dari link yang saya tautkan diatas ya… Draft yang diperlukan untuk artikel 1,500 – 2,000 kata, dan ngomong-ngomong nihhh, Toptenz ini cukup sering melakukan update artikel, sehingga kemungkinan artikel kita diterima juga cukup tinggi loh…
  • International Living : Saya yakin banyak juga dari kamu yang suka travelling kan? Kenapa engga kamu bercerita dan berbagi pengalaman sambil menghasilkan uang? 🙂 Di InternationalLiving mereka membayar $75 dari setiap postingan yang diterima. Jenis artikel yang mereka terima adalah lebih kepada cerita pengalaman seseorang dalam melakukan perjalanan ke luar negeri. Untuk disini, mereka lebih menekankan kepada pengalaman kamu ketimbang kemampuan menulis.. asik ya…

3. Jual Produk Sendiri

Cara ini yang sering ditemui di Indonesia, hal ini bisa dalam bentuk Anda mempromosikan produk sendiri atau produk orang lain (dropship atau reselling). Beberapa hal yang Anda perlukan adalah hal-hal yang sifatnya seperti Bisnis Dagang Konvensional, Anda beli berapa, jual berapa… Sesimpel itu… Hanya saja yang berbeda adalah bentuk promosi Anda dan beberapa alur kerja bisnis online yang berbeda dengan Bisnis Konvensional. 🙂

Anda bahkan bisa cukup menggunakan media sosial untuk memperkenalkan produk yang Anda jual. Tanpa perlu membuat website terlebih dahulu apabila Anda menjual produk sendiri.

4. Blogging

Cara menghasilkan uang dari Internet yang ke empat adalah dengan cara membuat blog. Membuat blog yang menghasilkan uang sendiri tentu saja tidak harus artikel yang berupa promosi atas suatu produk atau jasa tertentu. Bisa dari artikel-artikel bermanfaat untuk orang lain…

Dalam melakukan aktivitas blogging ini diperlukan Kesabaran, Konsistensi dan Disiplin yang Kuat. Maksudnya adalah Anda bisa saja menuliskan artikel setiap hari selama setahun tanpa menghasilkan apapun… Namun saat Anda sudah mencapai traffic atau jumlah pengunjung yang stabil, maka Anda memiliki mesin yang terus bekerja untuk Anda.

Berikut ini ada beberapa cara memonetisasi website Anda yang telah memiliki banyak pengunjung…

  • Advertising ( Iklan ) : Anda bisa menyewakan space (sebagian tempat pada website Anda) untuk disematkan iklan-iklan dari advertiser. Yang lazim digunakan adalah Google Adsense atau Media.net.
  • Affiliates ( Afiliasi ) : Sama halnya iklan diatas, namun afiliasi adalah Anda menyematkan iklan dari kerjasama Anda atas produk orang lain yang Anda afiliasikan dengan komisi dari setiap penjualan yang terjadi dari referral link Anda. Apabila Anda mencari afiliasi yang saya promosikan bisa klik disini…
  • Membership : Anda juga bisa membuat keanggotaan berbayar sendiri, entah itu untuk sebuah pelajaran tertentu atau komunitas tertentu yang bisa Anda buat. Tentu saja sesuai dengan niche atau ceruk pasar yang Anda inginkan.
  • Jualan Produk dan Jasa : Anda juga bisa menjual produk Anda sendiri dengan membuat iklan yang ditujukan kepada sebuah promosi atas produk atau jasa yang Anda jual.
  • Sponsored / Paid Post : Apabila blog Anda sangat ramai pengunjung, Anda bahkan bisa menjual jasa Anda untuk membuat postingan review atas sebuah produk atau jasa yang kemudian dibayar atasnya… Anda cukup mereviewnya kemudian Anda akan dibayar oleh pihak tersebut.

5. Bekerja Untuk Perusahaan dari Rumah

Bentuk ini belum ramai di Indonesia, namun bila Anda tidak ada kesulitan dengan bahasa Inggris dan memiliki kemampuan yang baik tidak ada salahnya mencoba menghasilkan uang dari Internet dengan cara ini, yaitu Anda bekerja untuk perusahaan dari rumah.

Ada banyak perusahaan yang tidak mempermasalahkan dimana Anda beraktivitas selama tugas yang diberikan terselesaikan dengan baik. Karena mereka lebih menekankan pada hasil (results oriented). Berikut beberapa perusahaan yang bisa Anda jadikan referensi…

  • CrowdSource : CrowdSource memiliki banyak pilihan pekerjaan mulai dari “microtask” sampai pekerjaan penulisan naskah atau editing dalam skala besar. Anda bisa menyesuaikan dengan kapasitas Anda sendiri untuk bekerja dari laptop Anda sendiri…
  • Demand Studios : Demand Studios adalah sebuah perusahaan rekaman yang menerima semua profesional kreatif mulai dari penulis hingga pembuat film. Kompensasi yang diberikan mungkin tidak terlalu fantastis, namun untuk ukuran pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah, cukup baik :p.
  • SpeakWrite : SpeakWrite akan membayar Anda sampai dengan $15  dari setiap jam yang Anda dedikasikan untuk menuliskan informasi. Yang menarik adalah Anda bisa mengatur kapan Anda bekerja dari rumah.

Okay, itulah 5 Cara Menghasilkan Uang dari Internet yang bisa saya bagikan untuk Anda pada kesempatan kali ini.

Saya akan sangat senang sekali apabila ini bisa membantu Anda, dan apabila ada saran atau masukan yang ingin Anda sampaikan, Anda bisa menambahkan komentar dibawah artikel ini…


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.