Ini Dia Cara Berbisnis Kuliner dengan Mudah!

cara berbisnis makanan

Cara Berbisnis KulinerKuliner adalah salah satu usaha yang cukup popular hari-hari ini. Banyak sekali warung-warung, restoran, café dan lain sebagainya yang kini mulai menjamur dan bermunculan.

Kemudian dari sisi usaha kecil ada juga seperti pedagang tradisional, pedagang jajanan, pedagang kaki lima, dan lain-lain.

cara berbisnis makanan

Ladang usaha yang satu ini apabila diterapkan tidak hanya cocok untuk daerah perkotaan saja, namun juga cocok diterapkan di daerah pedesaan juga. Dan istimewanya lagi, bisnis yang satu ini juga bisa dilakukan oleh semua kalangan baik dari pegawai sampai dengan orang biasa. Yang terpenting anda memiliki salah satu antara modal atau keahlian saja bisa membuka usaha ini.

Tetapi yang perlu diingat bahwa dengan semakin merebaknya bisnis kuliner ini di masyarakat, berarti persaingan yang tercipta di dalamnya juga akan semakin ketat. Nah, maka dari itu kita semakin pejalan bisnis kuliner harus pintar-pintar untuk mengatur strategi pemasaran agar makanan atau minuman yang kita jual tetap laris. Sebelum jauh kesitu juga, kembali pada topik awal bahwa disini saya akan membahas tentang cara berbisnis kuliner.

  1. Anda harus menentukan jumlah modal yang dibutuhkan dalam bisnis ini sedikit ataupun banyaknya. Segera susun berapa banyak modal yang bisa anda investasikan. Apabila anda belum memiliki tempat, maka anda harus menyewa tempat terlebih dahulu. Kemudian fikirkan juga estimasi untuk bahan baku harian, biaya listrik,karyawan bila diperlukan, ijin usaha, pajak, sabun, dan lain-lain. Buatlah daftar kebutuhan itu secara terperinci agar mudah dalam memetakan modal yang dibutuhkan. Modal tidak selalu berasal dari kantong kita sendiri, kita bisa mengajak teman untuk mendirikan usaha bersama dengan pembagian modal masing-masing atau bahkan anda bisa meminjam ke bank terdekat. Apabila anda melakukan usaha bersama dengan teman, maka tipsnya adalah akad/ perjanjian yang dibuat haruslah jelas di awal agar untuk kedepannya tidak ada yang merasa dirugikan. Sedangkan untuk yang meminjam modal dari bank, yang perlu dilakukan setiap bualannya adalah buatlah laporan yang bagus setiap bulannya untuk membantu bank tersebut mengembangkan usaha kuliner yang sedang dirintis.

  2. Berikutnya anda harus menimba ilmu dari orang yang sudah memiliki pengalaman dan kesuksesan dalam bisnis tersebut. Anda harus memberikan sedikit waktu luang untuk belajar kepada yang sudah ahli. Yang dimaksud belajar disini bukan belajar memasaknya saja, tetapi leih dari itu yakni belajar memanajemen bisnis kulinernya. Mulai dari cara pengaturan keuangan, promosi, penataan tempat dan lain-lainnya. Ketika berbicara masalah modal, yang dimaksud disini bukanlah modal yang hanya berbentuk uang, tetapi modal yang berbentuk keahlian juga seperti seminar dan pelatihan. Semua ini butuh keuletan dan ketekunan untuk menuju sebuah kesuksesan.

  3. Langkah selanjutnya anda harus melakukan identifikasi produk dan juga penelitian di lapangan. Anda harus pandai-pandai melihat kondisi sekitar, kira-kira makanan apa saja yang saat ini sedang dibutuhkan dan disenangi oleh banyak orang. Kemudian anda juga harus melihat produk-produk penjual yang lain. Apabila sudah terlalu banyak yang menjual jangan ikut-ikutan menjual produk tersebut. Kalau bisa anda menciptakan menu yang berbeda dan baru.

  4. Pilihlah lokasi yang yang tepat, bersih dan kondusif. Apabila kita berbicara terkait bisnis kuliner, ini tentunya juga berbicara terkait lapar. Orang-orang yang lapar pasti akan memilih tempat makan yang jaraknya dekat dengan lokasi. Anda bisa memilih tempat di lokasi-lokasi umum seperti kampus, stasiun, terminal, kantor, tempat wisata dan lain-lain yang memungkinkan mengundang banyak orang.

  5. Anda harus memiliki pemasok bahan baku yang setiap hari bisa didatangkan barangnya. Apabila anda memiliki langganan pemasok bahan baku, pasti akan mendapatkan harga yang lebih miring. Milikilah juga pemasok alternatif.

Tips dan trik untuk membuka bisnis kuliner tersebut dalam menjalani tahap demi tahapnya memang sangat memrlukan keuletan dan kesabaran. Terus berusaha dan semangat dalam menuai rizki, dan harus selalu diiringi dengan do’a tentunya. Itulah sedikit yang bisa saya bagikan terkait cara berbisnis kuliner

Related Articles