Cara Promosi Iklan di Facebook Efektif Dan Gratis

cara-promosi-di-facebook

Cara Promosi Iklan di facebook – Saat ini, dunia bisnis yang berbasis teknologi sangat digandrungi tidak saja dari kalangan anak muda tetapi juga orang-orang tua yang mengerti bagaimana menggunakan produk teknologi tersebut. Salah satu produk teknonologi dalam media sosial adalah facebook. Media ini menjadi senjata ampuh dalam memasarakan produk. Artikel kali ini akan membantu anda dalam memahami cara melakukan promosi iklan di facebook. Jika anda tertarik untuk menekuni usaha promosi ini, ikuti terus ulasannya dalam artikel ini.

Sepintas, artikel ini akan memberikan mengenai facebook secara umum. Saat ini pengguna facebook memiliki 1,28 miliar pengguna aktif setiap bulan. Ada beberapa negara yang menjadi sarang utama produk teknologi yang fenomenal ini, selain Indonesia, India dan Brasil juga merupakan negara dengan pertumbuhan pengguna yang cukup tinggi. Dari jumlah tersebut, 34 persen di antaranya mengakses Facebook dari perangkat bergerak.

Cara promosi iklan di facebook

cara promosi di facebook

Secara khusus, jumlah seluruh pengguna Facebook yang ada di Indonesia kini mencapai 69 juta orang. Menurut pernyataan resmi yang disampaikan oleh kepala Facebook Indonesia, Anand Tilak, seperti dikutip VentureBeat. Padahal, enam bulan sebelumnya, jumlah pengguna Facebook di Indonesia cuma 65 juta orang. Ini artinya ada kenaikan sekitar 6%.

Menurut data informasi yang berkembang saat ini, Indonesia dikategorikan dan diakui sebagai salah satu pasar terbesar bagi Facebook. Update Status. Dari informasi ini, bisa diprediksi bahwa media facebook kemungkinan besar akan tetap diminati oleh masyarakat sebagai satu media sosial. Jika Anda ingin melakoni satu usaha yang tugasnya adalah melakukan promosi iklan di facebook, coba ikuti bagaimana tips atau cara yang diberikan oleh tulisan ini.

Sering Updating Status

Cara promosi iklan di facebook yang pertama adalah dengan sering melakukan update status. Jika Anda sudah memiliki akun facebook. Maka waktu Anda harus lebih banyak berhadapan dengan media ini, karena lewat inilah Anda bisa menghasilkan uang. Cara promosi iklan di facebook yang pertama ialah update status, disini anda bisa melakukannya dengan akun pribadi atau akun khusus nama merk yang ingin di jual, tapi saya tidak mempermasalahkan ini karena yang terpenting adalah audience atau teman-teman anda di facebook sesuai target yang akan melihat status (jualan) yang anda tulis.

Anda bisa dengan aliran hard selling ataupun  soft selling, karena masing-masing ada kelebihannya dan tidak salahnya menggabungkan, yang terpenting adalah terjadi penjualan/closing. Disini tidak sembarang teman yang kita add, tapi adalah teman-teman yang sesuai target market dan memang aktif di facebook, caranya berlanjut di bawah.

cara-promosi-di-facebook

Adding friends yang menjadi target.

Meskipun ada banyk jumlah status yang Anda tampilkan setiap hari, itu tidak ada artinya tanpa ada yang membaca. Maka cara promosi di facebook yang ke dua ialah mencari teman sesuai target. Ini dari strategi lanjutan yang di atas yaitu “update status”. Perlu di perhatikan sekali lagi, bahwasanya ketika kita menulis status (jualan) maka yang akan melihat adalah teman-teman facebook, untuk itulah perlunya mencari teman yang sesuai target market apa yang akan kita jual. Langkah pertama ialah mencari fanspage ataupun grup yang berkaitan dengan apa yang ingin di jual.

Meningkatkan EdgeRank

Cara promosi iklan di facebook adalah dengan berusaha meningkatkan edgerank. Pelaku usaha promosi iklan yang memanfaat facebook sebagai mediumnya harus mengetahui yang namnay edgerRank. Kenapa karena jika setiap hari Anda mengirimkan post ke dinding anda maka postingan lama akan semakin sulit muncul. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara promosi iklan di facebook yang ketiga yaitu meningkatkan edgerank, intinya ialah agar setiap postingan itu terlihat di news feed atau home semua teman FB anda walaupun 10 atau 15 jam yang lalu anda postingnya. Jika teman FB anda ada 2500, maka teman yang 2500 itu akan melihat semua. Diantara anda mungkin pernah berpikir mengapa tidak semua postingan teman anda terlihat di facebook? Itu karena edgerank yang rendah.

cara-promosi-di-facebook

Rutin Memposting, ketika kita rutin memposting, maka teman-teman yang kita target tersebut akan melihat terus dan pastinya mereka akan suka, misalnya seperti cocntoh-contoh diatas, Jika Anda membidik target ke arah para pecinta klub Juventus dan menjual jersey, maka sertakan Foto,Video dan Link, Menyertakan unsur-unsur itu bisa berguna untuk menarik perhatian teman-teman kita supaya mereka meklik foto/video/link yang kita posting kan. Tapi perlu di perhatikan poin yang tertinggi ialah yang di dapat dari urutan pertama foto, kedua video, dan ke tiga link. Maka di usahakan setiap postingan anda melampirkan foto.

Dapatkan share, coment, dan like Setelah 2 cara meningkatkan edgerank telah anda lakukan, maka langkah terkahir adalah dapatkan sebanyak-banyaknya share, coment, dan like. Point ini adalah inti untuk mendapatkan edgerank tinggi, maka usahakan aktif dan jawab setiap pertanyaan (jika ada), ini akan menyebabkan efek viral yang menjadikan tersebar postingan.

cara-promosi-di-facebook

Target Audiens Anda Siapa

Cara promosi iklan di facebook adalah dengan menargetkan audiens khusus yang memiliki minat terhadap bisnis Anda. Dimana-mana dalam dunia promosi, selalu disarankan untuk menargetkan 1 kelompok audiens, ini dianggap jauh lebih efektif daripada yang terlalu umum. Sulit membuat strategi yang bisa ampuh untuk semua kalangan.Ini akan berguna pada saat anda membuat konten. Kesalahan yang paling fatal di sini biasanya menggunakan bahasa yang tidak pantas buat target audiens mereka sendiri.

Misalnyaa, Sebuah bisnis, target pasarnya adalah orang berusia 35+, Tapi lantas di Facebook mereka membuat post yang ditujukan untuk anak muda. Misalnya menggunakan bahasa gaul, atau membuat gambar lucu. Tidak pantas kan? Itu bentuk yang paling sederhana. Intinya, kita harus menyediakan apa yang pantas dan menarik bagi target audiens kita sendiri. Untungnya, dengan Facebook kita bisa dengan mudah mengenali siapa audiens yang kita incar. Caranya lagi-lagi dengan memanfaatkan brand saingan.

cara-promosi-di-facebook

Optimasi website untuk Facebook

Setiap usaha promosi iklan yang dilakukan di facebook. Sudah harus memiliki website sendiri yang khusus menampung iklan-iklan yang akan di promosikan. Website ini menjadi sangat vital dalam menjalankan usaha secara online. Jadi jika Anda belum memiliki, maka segerakan untuk segera memiliki akun. Melakukan pemasaran online tanpa website itu seperti bunuh diri secara perlahan. Contoh share di FB yang kurang baik adalah gambarnya buram, tidak berhubungan, atau yang muncul bukan gambar utamanya. Lalu judulnya beda dengan aslinya, deskripsinya juga tidak jelas. Itu salah satu akibat dari website yang tidak dioptimasi. Kita ingin supaya ketika website kita di-share, semuanya pas. Gambarnya tepat, resolusinya bagus, serta punya judul dan deskripsi yang menarik. Ini supaya yang mengunjungi website kita semakin banyak. Untuk itu, ada beberapa meta tag yang harus anda pasang di website.

Manfaatkan Penggunaan open graph meta-tag

Untuk penggunaan ini, memang sedikit harus belajar. Cara melakukannya, Jika Anda sudah memiliki akun WordPress, install plugin bernama Yoast SEO. Dari plugin ini Anda bisa mengatur meta-tag yang disebutkan tadi dengan lebih mudah. Kalau anda bukan pengguna WordPress dan tidak mengerti bahasa HTML sama sekali, cara termudah yaitu kirimkan artikel ini ke developer website anda.

cara promosi iklan di facebook

Pelajari Cara post yang berkualitas di facebook

Mengirimkan post ke dinding facebook haruslah yang berkualitas. Apalagi akun facebook Anda digunakan sebagai ruang promosi, maka setiap yang akan ditampilkan selalu bisa menarik perhatian pengunjung. Di Facebook, Anda tidak bisa membuat post terlalu banyak dalam sehari. Alasannya ada dua, Post lebih dari 2x sehari akan mendapatkan lebih sedikit like Setiap post harus berkualitas, sulit untuk membuat banyak post berkualitas dalam sehari. Maka dari itu, setiap post harus anda pikirkan matang-matang.

Tips untuk masing-masing jenis post teks, gambar, video, link. Pertama, post berjenis teks sebaiknya tidak berdiri sendiri melainkan dibarengi gambar, video, atau link. Orang cenderung melewatkan post berupa teks karena tidak menarik. Selain itu, sulit menyampaikan pesan dengan teks karena Facebook akan memotong teks yang terlalu panjang. Jadi sebisa mungkin hindari teks tanpa media. Sedangkan kalau anda menggunakan video, pastikan video tersebut anda upload di Facebook. Hindari menaruh link video dari YouTube.

Demikianlah beberapa gambaran mengenai cara promosi iklan di facebook yang bisa Anda ikuti. Semakin sering Anda mempraktekan dan juga meningkatkan edgerank facebook Anda maka semakin besar peluang untuk mendapatkan pengunjung dan penjualan melalui facebook. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi Anda semua, khususnya yang akan menekuni usaha promosi iklan. Sukses dan salam. Baca juga cara promosi ice cream.

 

Related Articles