Cara Berbisnis Kambing

cara berbisnis kambing

Cara Berbisnis Kambing – Kebutuhan akan konsumsi daging adalah slah satu kebutuhan yang tidak akan pernah habis setiap harinya, baik itu untuk perorangan maupun untuk rumah makan dan skala besar seperti restoran dan juga hotel-hotel berbintang. Salah satu daging yang banyak peminatnya adalah daging kambing, selain gizi yang didapatkan dari mengkonsumsi daging kambing, khasiat dari daging kambing juga sangat banyak untuk kesehatan.

Berbisnis ternak kambing adalah salah satu bisnis yang dapatk memberikan keuntungan yang sangat banyak, seperti kita ketahui mengurus kambin atau hewan ternak lain, cenderung tidak memerlukan biaya yang banyak, bahkan disebagian daerah berternak kambing bisa tanpa biaya sama sekali, karena ternak kambingnya di biarkan lepas untuk mencari makan sendiri yang nantinya akan di bawa pulang lagi jika malam hari.

Bagi Anda yang berbisnis kambing yang tidak memiliki lahan ada cara dan triknya untuk memelihara kambing di lahan sempit namun masih mencukupi untuk pakan. Berikut akan kami bahas sedikit tentang cara berbisnis kambing.

cara berbisnis kambing

Memilih jenis kambing

Hal pertama yang dilakukan sebelum memulai bisnis kambing adalah memilih jenis kambing, jenis kambing yang dipilih harus sesuai dengan peruntukan ternak, misalnya jika Anda ingin ternak kambing untuk di ambil dagingnya, jenis kambing yang harus Anda pilih adalah kambing pedaging bukan yang menghasilkan susu seperti kambing etawa, meskipun memang bisa saja memelihara kambing perah untuk digunakan sebagai kambing pedaging, namun disisi lain bisa menjadi kerugian karena biasanya kambing perah lebih mahal di bandingkan kambing yang biasa di ambil dagingnya. Untuk itu sebelum terjadi kerugian diawal, memilih jenis kambing adalah hal yang wajib dilakukan sebelum berbisnis kambing

Memilih bibit kambing

Berbisnis kambing biasanya dimulai dari bibit kambing, pastikan anakan kambing dalam keadaan sehat dan sudah dapat berlari meskipun belum besar. Normalnya kambing betina akan melahirkan anak setiap 7 bulan sekali, sehingga sangat penting juga untuk memilih betina yang sehat dan produktif. Perbanyak betina dibandingkan jantan agar proses produksi anakan akan semakin cepat.

Perawatan ternak kambing

Beternak bukan hanya sekedar panen atau penjualan saja, karena ternak adalah hewan hidup yang butuh untuk diperhatikan kesehatannya, baik fisik maupun jiwanya. Kandang yang kotor dan sempit akan membuat ternak mudah stres dan bisa berakibat sulit untuk mendapatkan bobot daging yang besar. Semakin besar ukuran kambing yang kita miliki tentu akan semakin besar pula harga jual, juga kesehatan dari ternak menjadi penting untuk diperhatikan. Namun ternak kambing cenderung lebih mudah karena hewan ini tidak perlu dimandikan karena memang sangat tidak menykai air. Meskipun demikian kebersihannya dari segi kandang dan linkungan ternak ini harus di jaga, agar kesehatan dari kambing yang kita ternak akan terus terjaga.

cara berbisnis kambing

Pakan makanan

Jika Anda beternak kambing di lokasi yang tidak begitu luas, Anda bisa mensiasati dengan menanam pohon makanan kambing dengan secara tidak bersamaan, sehingga produksi daun akan terus ada karena waktu produksi yang tidak bersamaan, misalnya Anda membagi menjadi 4 petak dari lokasi tersebut, dan 2 petak di tanam 2 petak belum di tanam, nanti ketika sudah mulai tumbuh besar barulah 2 petak kosong tadi di tanami tumbuhan pakan ternak kambing. Sehingga saat panen di 2 petak sebelumnya, 2 petak lainnya masih memiliki cukup banyak daun segar karena baru tumbuh dan tidak secara bersamaan. Selanjutnya mengambil daun untuk pakan kambing bisa dilakukan secara bergantian setiap petaknya

Demikian beberapa tips cara berbisnis kambing yang bisa kita lakukan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kesahatan hewan ternak kita.

 

Related Articles