Cara Bisnis Di Facebook Mulai Dari Nol Untuk Pemula – Saat ini, produk-produk teknologi sangat memanjakan manusia.Yang jauh terasa dekat, yang terisolir terlihat populer. Itulah sebagian kecil dari manfaat teknologi. Dalam dunia pendidikan,lat-alat teknologi sangat membantu menyelesaikan berbagai tugas akademis bagi mahasiswa dan memudahkan urusan administrasi bagi pegawai. Sungguh menakjubkan kekuatan teknologi, di dalam dunia usaha alat teknologi telah membantu pelakunya untuk menyebarluaskan produk usahanya.

Tulisan ini akan membantu Anda khususnya yang belum tahu cara mengelolah bisnis di facebook. Aplikasi ini mudah, sepanjang Anda punya Handphone atau laptop. Bisa dipastikan hampir semua anak-anak muda yang bermukim di kota maupun di desa yang sudah difasilitasi koneksi internet memiliki akun facebook. Jika Anda ingin mengelolah satu usaha, media sosial facebook sangat efektif dijadikan medium.

Zaman modern ini, pelaku usaha di wajibkan mengetahui cara promosi  usaha di Facebook dan media sosial lainnya. Ada beberapa cara yang akan paparkan pada kesempatan kali ini dan semoga menjadikan usaha anda berkembang serta di kenal oleh khalayak ramai lainnya. Sebelum kita bicara teknisnya, saya akan sedikit memberikan data mengenai facebook yang melatarbelakangi bahwasanya promosi melalui facebook sangat potensial. Secara global, Facebook kini memiliki 1,28 miliar pengguna aktif setiap bulan.

bisnis di facebook

Selain Indonesia, India dan Brasil juga merupakan negara dengan pertumbuhan pengguna yang cukup tinggi. Dari jumlah tersebut, 34 persen di antaranya mengakses Facebook dari perangkat bergerak. Secara khusus, jumlah seluruh pengguna Facebook yang ada di Indonesia kini mencapai 69 juta orang. Pernyataan resmi di atas dikeluarkan oleh kepala Facebook Indonesia, Anand Tilak, seperti dikutip VentureBeat. Padahal, enam bulan sebelumnya, jumlah pengguna Facebook di Indonesia cuma 65 juta orang. Ini artinya ada kenaikan sekitar 6%.

Saat ini, Indonesia diakui sebagai salah satu pasar terbesar bagi Facebook. Akan tetapi ironisnya, meski jumlah penggunanya terus berkembang banyak, akses orang terhadap Internet masih minim. Lembaga riset Nielsen mencatat, dari 240 juta penduduk Indonesia, hanya 23% yang memiliki telepon seluler pintar (Smartphone) yang bisa digunakan untuk membuka Facebook.

cara bisnis di facebook

Agar bisnis di facebook berhasil, makan pertama Anda harus menetapkan tujuan Usaha lebih dulu.  Jangan berharap untuk mendapatkan ribuan penggemar dalam bulan pertama Anda, tetapi berpikirlah realistis dengan puluhan atau ratusan dahulu, yang penting mulai dulu dari yang kecil untuk pencapaian yang besar di masa mendatang. Apabila kemudian anda mendapatkan hasil diluar ekpektasi anda, syukurilah, anda berarti sudah berada di jalur yang tepat. Memang begitulah dunia bisnis, selalu saja ada dua kemungkinan yang akan muncul saat mengelolah usaha, kalau tidak berhasil berarti gagal. Hal ini bukanlah masalah, tetap saja berani untuk maju. Yang salah itu kalau tidak mau mencoba karena takut gagal.

cara bisnis di facebook

Cobalah untuk menyisihkan waktu anda, paling tidak satu jam sehari untuk update posting facebook tentang bisnis anda dan berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan penggemar. Pelajari sebanyak yang Anda bisa: Ambil catatan berdasarkan pengalaman Anda dengan halaman Facebook dan layanan bisnis lainnya , setidaknya, tulislah pertanyaan tentang hal-hal yang Anda tidak mengerti sehingga Anda dapat membuat catatan untuk dapat anda lihat nanti.

Anda dapat mencari tahu banyak informasi dengan search di google, yahoo atau bing atau bisa juga bertanya pada yang sudah paham tentang facebook marketing. Hal yang paling banyak terguras jika menekuni bisnis online adalah waktu. Karena waktu Anda akan lebih banyak berinteraksi dengan para konsumen melalui dunia maya. Itu tidak jadi masalah jika ada manfaatnya.

cara bisnis di facebook

Sebaiknya mulailah dari usaha dengan modal kecil. Anda dapat memulai melakukan iklan tes kecil untuk melihat seperti apa hasilnya dengan pengeluaran yang dibayarkan untuk iklannya, efektif atau tidak, dan kemudian anda dapat meningkatkannya  ketika Anda mengetahui mana demografi dan kata-kata kunci yang ingin Anda targetka dan dapat menghasilkan return of investment (ROI) yang bagus.

Buat Halaman Fanpage bukan Profil: Jangan membuat profil baru untuk bisnis anda, karena itu menyalahi aturan, jadi buatlah halaman fanpage untuk bisnis anda. Setelah anda buat fanpage, undanglah semua teman-teman anda agar menjadi fans pertama dari halaman facebook anda.

Setelah Anda sudah menentukan tujuan usaha Anda, saatnya mengelolah akun facebook Anda untuk menyebarkan bisnis yang dikelolah. Agar bisnis di facebook lancar ikuti caranya berikut.

Sharing Status

Produk yang Anda tawarkan harus diketahui banyak orang. Makan untuk itu lakukan promosi. Cara promosi bisnis di facebook yang pertama ialah update status, disini anda bisa melakukannya dengan akun pribadi atau akun khusus nama merk yang ingin di jual, tapi saya tidak mempermasalahkan ini karena yang terpenting adalah audience atau teman-teman anda di facebook sesuai target yang akan melihat status jualan yang anda tulis.

cara bisnis di facebook

Anda bisa dengan aliran hard selling ataupun  soft selling, karena masing-masing ada kelebihannya dan tidak salahnya menggabungkan, yang terpenting adalah terjadi penjualan/closing. Disini tidak sembarang teman yang kita add, tapi adalah teman-teman yang sesuai target market dan memang aktif di facebook. Sebaiknya Anda memiliki dua akun facebook, satu untuk keperluan pribadi dan yang satunya lagi khusus untuk urusan bisnis Anda.

Temukan teman yang menjadi sasaran bisnis Anda

Cara promosi di facebook yang ke dua ialah mencari teman sesuai target, mengapa? Ini dari strategi lanjutan yang di atas yaitu “update status”. Perlu di perhatikan sekali lagi, bahwasanya ketika kita menulis status (jualan) maka yang akan melihat adalah teman-teman facebook, untuk itulah perlunya mencari teman yang sesuai target market apa yang akan kita jual.

Langkah pertama ialah mencari fanspage ataupun grup yang berkaitan dengan apa yang ingin di jual, cara mencarinya di tab pencarian  Jika kita telah mendapat teman yang tertarget dan aktif maka update status yang kita lakukan tidak akan sia-sia.  Sebagai catatan Jangan terlalu banyak me add teman, max 15 orang perhari. Karena akan di blokir facebook untuk meminta pertemanan jika terlalu banyak kita melakukan aktivitas tersebut.

cara bisnis di facebook

Meningkatkan Edge Rank

Setelah mendapatkan banyak teman, selanjutnya lakukan cara promosi bisnis di facebook yang ketiga adalah meningkatkan edgerank, intinya ialah agar setiap postingan itu terlihat di news feed atau home semua teman FB anda walaupun 10 atau 15 jam yang lalu anda postingnya. Jika teman FB anda ada 2500, maka teman yang 2500 itu akan melihat semua.

Diantara anda mungkin pernah berpikir mengapa tidak semua postingan teman anda terlihat di facebook? Itu karena edgerank yang rendah. Kali ini saya tidak membahas panjang lebar mengenai edgerank, tetapi bagaimana CARA nya agar terlihat semua postingan kita, Anda harus selalu posting. Ketika kita rutin memposting, maka teman-teman yang kita target tersebut akan melihat terus dan pastinya mereka akan suka, karena kita telah memposting hal yang menarik tentunya.

cara bisnis di facebook

Tampilkan Gambar, Video dan Link

Salah satu kelemahan bisnis online adalah, pembeli tidak bisa menyentuh langsung barang jualan. Gambar dan deskripsi yang jelas mengenai produk sangat penting. Menyertakan unsur-unsur di atas ialah berguna untuk menarik perhatian teman-teman kita supaya mereka meklik foto/video/link yang kita posting kan. Tapi perlu di perhatikan poin yang tertinggi ialah yang di dapat dari urutan pertama foto, kedua video, dan ke tiga link. Maka di usahakan setiap postingan anda melampirkan foto.

Dapatkan share, coment, dan like

Setelah 2 cara meningkatkan edgerank telah anda lakukan, maka langkah terkahir adalah dapatkan sebanyak-banyaknya share, coment, dan like. Point ini adalah inti untuk mendapatkan edgerank tinggi, maka usahakan aktif dan jawab setiap pertanyaan ini akan menyebabkan efek viral yang menjadikan tersebar postingan.

Kira-kira seperti itulah cara bisnis di facebook yang bisa Anda ikuti. Perlu diketahui bahwa promosi memerlukan usaha yang telaten, jangan pernah bosan apalagi sampai berputus asa. Anda hanya butuh waktu dan tenaga untuk mengelolahnya. Media disediakan secara Cuma-Cuma tinggal manfaatkan sebaik-baiknya. Semoga artikel kali ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang berencana untuk membangun usaha yang berbasis teknologi. Baca juga pengertian proposal bisnis


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.