Pengertian dan Tujuan Proposal Secara Bisnis – Tidak sedikit orang yang ingin mendirikan satu usaha, pernah menulis dan mengajukan proposal ke beberapa instansi terkait. Tujuannya agar mereka bisa mendapatkan dana berupa uang atau fasilitas yang bisa mendukung usahanya. Biasanya orang yang mengajukan proposal usaha adalah masyarakat kecil yang tidak memiliki banyak modal untuk mengembangkan usaha. Misalnya, di masyarakt desa, ada unit kegiatan usaha masyarakat.

Dari UKM inilah sebagai institusi mereka tempat bernaung untuk mengelola usaha. Contoh proposal yang banyak diajukan, proposal yang ada pestisida untuk pertanian. kaitannya dengan peternakan, pembibitan hingga proposal untuk mendapatkan bantuan pupuk. Dengan banyaknya jenis proposal yang sering diajukan oleh UKM kepada instansi tertentu demi terlaksananya usaha yang mereka rencanakn. Tapi apakah mereka tahu, apa tujuan proposal itu secara bisnis. Ini sedikit akademis. Tulisan ini bermaksud ingin memberikan gambaran bagi Anda yang belum tahu apa tujuan proposal secara bisnis.

proposal secara bisnis

Mungkin setelah membaca ini Anda akan tertarik untuk mengajukan satu proposal usaha, semoga saja. Sebagai calon wirausaha, tentu kita harus paham mengenai proposal usaha, apa pengertian dari proposal, apa jenis -jenis proposal, apa unsur unsur yang seharusnya di sertakan dalam proposal, apa tujuan proposal dan apa manfaat dari proposal usaha yang bisa kita peroleh. Berikut adalah artikel yang menerangkan beberpa point di atas, yang dapat anda pelajari dalam membuat sebuah proposal usaha yang lebih berkelas, lebih berpotensi untuk mendapatkan tujuan anda dalam pembuatn proposal usaha tersebut.

Pengertian dan Tujuan Proposal Secara Bisnis

Definisi Proposal Secara Bisnis

Proposal usaha adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan yang menggambarkan semua unsur yang relevan, baik internal maupun eksternal, mengenai usaha atau proyek baru, atau dapat dikatakan bahwa proposal usaha merupakan dokumen tertulis yang berisi mengenai usaha baru yang sedang direncanakan

Untuk memudahkan pemahaman,diberikan pengertian. Proposal berasal dari bahasa inggris yaitu to propose yang artinya mengajukan,secara bahasa proposal dapat di artikan sebagai bentuk pengajuan atau permohonan. Penawaran itu bisa berupa ide,gagasan, pemikiran atau sebuah rencana kerja yang di tujukan kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan, baik itu yang sifatnya izin, persetujuan, Dana dan lain-lain.

proposal bisnis

Proposal bisa juga diartikan sebagai sebuah tulisan yang dibuat oleh penulis yang bertujuan untuk melakukan penjabaran atau menjelaskan sebuah rencana dengan suatu tujuan atau kegiatan kepada pembaca atau pihak yang menjadi target. Proposal dapat di rumuskan sebagai sebuah rencana berupa tulisan yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja kegiatan, yang terdiri dari pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data, yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau untuk mendapat persetujuan atau jika anda masih ragu tentang pengertian berikut saya sertakan pengertian proposal dari beberapa pandangan dari para ahli.

Menurut Hasnun Anwar proposal adalah rencana yang disusun utnuk kegiatan tertentu.  Sedangkan Jay mengemukan berbeda, proposal adalah alat bantu manajemen standar agar menajemen dapat berfungsi secara efisien. Dari sudut pandang dunia ilmiah Proposal bisa di artikan sebagai rancangan dari suatu usulan sebuah penelitian yang kemudian akan dilaksanakan oleh peneliti terhadap bahan penelitiannya

proposal bisnis

Akhirnya, dapat dikatakan pengertian proposal Usaha adalah sebagai pengajuan yang berupa tulisan yang berisi perencanaan dan pemaparan usaha, mulai dari dana, keperluan perlengkapan, rencana penjualan hingga rencana keuntungan yang mungkin bisa di dapat dari usaha tersebut.

Gambaran unsur usaha yang dikemukakan sangat penting untuk memberi penjelasan mengenai usaha bisnis apa yang akan dilakukan, kemana proposal usaha akan dibawa dan bagaimana wirausahawan dapat mewujudkan segala yang tertuang dalam proposal usaha. Begitu pentingnya proposal usaha, maka hendaknya penyusunan proposal usaha harus murni dibuat oleh wirausahawan sendiri dan tidak sekadar menyalin proposak usaha milik orang lain. Proposal usaha pada intinya mencakup atas sasaran strategi. Sasaran adalah apa yang ingin dicapai perusahaan, sedangkan strategi adalah arah tindakan untuk mencapa sasaran usaha. Dalam strategi mencakup perihal persiapan perusahaan untuk menghadapi situasi yang ada.

Faktor-Faktor Penyusunan Proposal secara bisnis

Dalam menyusun proposal usaha perlu diperhatikan beberapa faktor diantaranya, tujuan yang realistis, Tujuan yang akan dicapai hendaknya disesuaikan dengan kemampuan, spesifik, dan dapat diukur serta ada kesatuan antara waktu dan parameternya. Kedua, fleksibilitas, harus mudah disesuaikan dengan perkembangan usaha dan memungkinkan munculnya alternatif strategi yang dapat diformulasikan. Ketiga batasan waktu, sub-sub tujuan proposal usaha harus dibuat secara berkesinambungan dan adanya evaluasi waktu atau kemajuan yang akan dicapai didalam usaha. Dan yang terakhir adalah komitmen, usaha perlu mendapat dukungan dari seluruh pihak yang terlibat, baik itu dari pihak keluarga, mitra bisnis, karyawan atau anggota lain

proposal bisnis

Manfaat Proposal Usaha

Berikut adalah manfaat proposal secara bisnis yang bisa kita dapatkan jika proposal yang kita buat di setujii, dan manfaat proposal usaha tersebut adalah : Proposal usaha berguna untuk membandingkan antara perkitaan /rencana dengan hasil yang nyata. Proposal usaha membantu wirausahawan untuk mengembangkan dan menguji strategi yang diharapkan dari sudut pandang pihak lain.

Proposal secara bisnis dapat  membantu wirausahawan untuk dapat berpikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang akan dimasukinya/digeluti. Persaingan faktor ekonomi dan analisis finansial yang masuk dalam subjek proposal usaha dapat mendekati asumsi-asumsi secara cermat, mengenai seberapa besar tingkat keberhasilan salam usaha. Semakin jelasnya sumber-sumber keuangan yang diterima maupun yang akan dikeluarkan.

Proposal Usaha dapat memberikan gambaran awal dan seberapa jauh kemampuan manajerial seorang wirausahawan. Proposal usaha dapat mengidentifikasi adanya kemungkinan resiko kritis pada saat penting, untuk mempermudah penentuan langkah antisipasi.

proposal bisnis

Proposal secara bisnis dapat memberikan informasi potensi pasar dan perkiraan market share yang mungkin bisa dengan mudah diraih. Proposal usaha dapat memberikan sumber-sumber finansial yang lebih jelas, dokumen ringkas yang mengandung informasi penting serta evaluasi finansial. Proposal usaha dapat memberikan gambaran tentang kemampuan wirausahawan untuk memenuhi kewajibanya sebagai wirausahawan sekaligus pemimpin.

Sekedar tambahan, diberikan gambaran mengenai manfaat lain dari proposal usaha adalah semakin jelasnya sumber-sumber keuangan. Hal ini dimungkinkan karena beberapa hal, pertama, Proposal usaha dapat menjadi sebuah gambaran awal dan seberapa jauh kemampuan manajerial seseorang wirausahawan. Kedua, Dapat mengidentifikasikan adanya risiko kritis pada saat penting, guna memudahkan penentuan langkah antisipasi. Ketiga, memberikan informasi potensi pasar dan perkiraan market share yang mungkin diraih.

Kemudian, memberikan sumber-sumber finansial yang jelas, dokumen ringkas yang mengandung informasi penting dan evaluasi finansial. Dan yang terakhir memberikan gambaran tentang kemampuan wirausahawan untuk memenuhi kewajibannya. Oleh karena proposal usaha itu dibuat bukan untuk dikonsumsi sendiri, melainkan untuk pihak lain yang terkait, seperti bankir, investor, konsumen, konsultan, pengacara, pemerintah daerah, dan sebagainya, maka wirausahawan dalam menyajikan proposal usaha harus selengkap mungkin, Dengan bahasa yang mudah dipahami dan sederhana.

proposal bisnis

Penyusunan Proposal Usaha

Manfaat dan tujuan proposal secara bisnis lainnya adalah menetapkan jenis usaha yang diinginkan dan sekaligus menguntungkan adalah pekerjaan yang tidak mudah. Seorang wirausahawan harus bersedia bekerja keras mencari informasi kira-kira usaha apa yang paling cocok dan menguntungkan. Setelah mempunyai keyakinan yang mantap , tindakan selanjutnya adalah menyusun proposal usaha. Namun, secara umum, proposal usaha harus disusun berdasarkan analisis wirausahawan terhadap kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang akan dihadapi.

Ada beberapa petunjuk dalam penyusunan proposal usaha, pertama menetapkan jenis usaha yang diinginkan. Kedua, menetapkan aspek produk yang akan dibuat. Ketiga,menetapkan apek pemasaran produk. Selanjutnya, menetapkan aspek teknis, penyaluran produk. Menetapkan aspek organisasi dan manajemen, Menetapkan aspek yuridis,  Melaksanakan aspek administrasi,Mengetahui aspek keuangan, Mempelajari aspek kebijakan pemerintahan daerah, Mempelajari Dampak Lingkungan.

proposal bisnis

Setelah semuanya dipersiapkan, maka  hal yang paling terakhir adalah  melakukan peresentasi di hadapan para calon investor. Presentasi secara lisan menjadi kunci penting dalam menjual proposal usaha kepada investor.Presentasi proposal usaha perlu didiskusikan secara terorganisir, dipersiapkan dengan baik, menarik dan fleksibel.

Itulah ulasan mengenai pengertian proposal usaha, ditambah beberapa pembahasan seperti fungsi, tujuan dan manfaat proposal usaha. Diatas sudah dipaparkan mulai dari definisi proposal usaha, Faktor-Faktor Penyusunan Proposal Usaha sampai manfaat proposal usaha. Semoga tulisan kali ini dapat memberikan gambaran dan acuan lebih jelas untuk pembuatan proposal usaha anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Baca juga cara bisnis tas


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.