12 Panduan Bisnis Untuk Pemula Yang Wajib di Ketahui

panduan memulai bisnis

12 Panduan Bisnis Untuk Pemula Yang Wajib di Ketahui  Menjadi sukses itu adalah pilihan, siapapun bisa memilih. Di dunia sudah begitu banyak pekerjaan yang bisa digarap manusia. Salah satu jenis pekerjaan yang sudah sangat tua adalah berbisnis. Namun dengan perubahan zaman yang begitu cepat, dunia bisnis juga mengalami perubahan. Artikel kali ini akan memberikan gambaran bagaimana membangun bisnis untuk pemula.

Ada ungkapan, tidak semua orang bisa menjadi pengusaha, terlepas dari benar atau salahnya ungkapan ini Anda bisa mencobanya. Pelajari dan miliki keahlian dalam berbisnis. Dengan begitu anda akan dekat kepada kesuksesan menjadi pengusaha. Berikut cara-cara atau tips yang bisa Anda pakai dalam berbisnis sebagai pemula.

panduan memulai bisnis

Arahkan Fokus Anda pada Satu titik

Panduan bisnis untuk pemula adalah fokus pada satu bisnis. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa dampak positif dunia bisnis. Sekarang ini, Anda mau berbisnis apa saja sudah tersedia dan mudah Anda dapatkan. Tinggal Anda sendiri yang memutuskan, mau mengerjakan yang mana. Disarankan bagi Anda yang baru memulai mencoba dunia bisnis untuk fokus pada satu pada satu peluang saja. Manfaat yang bisa anda peroleh jika bisnis anda hanya terfokus pada satu titik saja adalah fikiran untuk mengembangkan bisnis itu lebih terarah. Cukup satu saja sebagai langkah awal. Kata orang mengurus satu bisnis saja sudah sulitnya bukan main, apalagi kalau banyak. Benar gak yah? Silahkan alami sendiri.

memulai bisnis

Ikutilah Minat anda

Panduan bisnis untuk pemula adalah mengikuti minat. Satu pekerjaan yang dikerjakan berdasarkan minat akan terasa mudah dan menyenangkan, tapi sebaliknya, pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat Anda sulitnya luar biasa. Sebagai pelaku bisnis pemula, Lihat minat Anda, jangan karena melihat untung yang besar atau ingin terlihat keren, lakukanlah berdasarkan keinginan anda. Jika minatmu adalah penulis, Anda bisa menjual hasil tulisanmu ke website yang membutuhkan artikel. Saat ini sudah banyak website yang mempekerjakan penulis dengan upah yang lumayan tinggi.

Pahamilah Bisnis Anda

Panduan bisnis untuk pemula adalah pahami bisnis Anda. Bisnis yang bagus adalah bisnis yang  dipahami dengan oleh pelakunya. Di awal memulai bisnis, umumnya jarang ada investor yang berani menaruh uangnya disana. Namun kesempatan itu bisa datang kapanpun, jadi kamu harus kuasai betul segalanya tentang bisnis yang kamu geluti dan selalu siap menjelaskan dengan sejelas-jelasnya. Hal ini dimaksudkan agar kamu dapat membuat investor yakin bahwa ia menaruh uangnya di tangan yang tepat, yaitu kepada kamu, orang yang paling paham tentang bisnis ini.

target market bisnis

Buatlah Target Bisnis Anda

Panduan bisnis untuk pemula adalah buat target bisnis. Dalam mengembangkan satu bisnis, Anda harus bisa membuat target. Jika target bisnis tercapai Anda akan merasa puas dan terus bersemangat. Ada satu penelitian yang melaporkan bahwa  pengusaha yang sudah sukses pasti mempunyai mimpi besar dan target besar, mimpi dan target itulah yang membuat mereka menjadi kaya raya. Sebagai pemula, Anda tetap harus punya target tapi jangan terlalu dipaksakan jika belum bisa, nanti kalalu dipaksakan bisa-bisa Anda jadi tertekan, target tetap menjadi tujuan dan jangan lupa untuk selalu menghargai prosesnya.

Carilah sponsor atau partner

Panduan bisnis untuk pemula adalah cari sponsor atau partner. Salah satu kendala yang sering ditemui para pebisnis adalah persoalan dana. Peluang  untuk membuka usaha besar besar tetapi selalu ada resiko besar berupa kerugian materi karena mugnkin karena salah perencanaan. Disarankan, karena menjalankan bisnis sangat beresiko bagi seorang pemula bermodal minim maka sebaiknya anda mencari partner atau sponsor, keuntungan bisa dibagi dua dan apabila bisnis Anda mengalami kerugian tidak merasa stress karena Anda tidak sendiri.

Perlihatkan Keunggulan Bisnis

Panduan bisnis untuk pemula adalah perhatikan keunggulan bisnis. Faktor yang bisa membuat satu bisnis laku dipasaran adalah karena keunggulan yang dimilikinya. Meskipun sebagai pemula Anda terus memikirkan metode bisnis yang matang sehingga usaha Anda dapat bersaing dipasaran. Sebisa mungkin Anda menonjolkan satu sisi keunggulan bisnis Anda dibandingkan dengan bisnis yang lain. Jika Anda bisa melakukan ini, bisnis akan mendapat nilai tambah dari para konsumen.

Menyebarkan Koneksi

Dalam dunia bisnis orang lain sangatlah instimewa, karena mereka bisa menjadi kandidat  bagi usaha anda. Hukum sosial sudah menyatakan bahwa manusia akan selalu membutuhkan sesamanya. Semakin Anda memiliki banyak kerabat bisnis Anda akan semakin tersebar, karena melalui teman, Anda bisa memperkenalkan bisnis anda dan dari teman bisni anda disebarkan ke orang lain, tahap demi tahap bisnis Anda akan memiliki koneksi.

panduan memulai bisnis

Belajarlah dari orang lain

Tidak Ada yang sempurna di dunia ini, semuanya punya kekurangan dan kelebihan. Memiliki pemikiran terbuka dan mau menerima pendapat lain itu salah satu penentu bisnis bisa berkembang. Dengan fikiran terbuka, Anda bisa bertukar fikrian dengan para pelaku bisnis yang lain, anda bisa meminta saran dan masukan. Dari sinilah Anda bisa mengambil pelajaran yang tujuannya adalah demi pengembangan bisnis kedepaan. Sebagi Pemula mungkin ungkapan ini cocok Anda praktikkan, “Mungkin Lebih banyak mendengar akan lebih baik daripada lebih banyak berbicara

Bercerminlah Pada Kegagalan Masa Lalu

Setiap jalan pasti ada tikungannya, setiap orang yang akan mengejar mimpinya pasti pernah mengalami kegagalan. Dalam dunia bisnis kerap ditemui banyak orang yang mengalami kegagalan, tetapi banyak juga yang sukes luar biasa. Menjalankan dunia bisnis ada dua yang selalu menjadi pilihan, bergerak maju dan diam atau tidak bergerak alias berhenti. Jika kamu ingin maju, maka kamu juga harus siap untuk menghadapi kegagalan. Selalu ingat, tidak semua yang Anda targetkan akan selalu berhasil.

Banyak orang yang sukses setelah kegagalan mematuknya berkali-kali. Apa yang harus Anda persiapkan adalah sikap pantang, setelah Anda gagal jangan lupa bangkit kembali dan begitulah seterusnya yang harsus dilakukan sampai Anda mencapai target yang sesuai. Kata ungkapan bisa, Kegagalan Adalah kesuksesan yang tertunda dan guru yang baik.

ide bisnis

Perlihatkan Bahwa Ide Bisnis yang Anda bangun adalah yang terbaik.

Yakinlah bahwa tidak ada investor yang mau berinvestasi dalam bisnis kamu, karena mereka belum tahu standar dari konsep bisnis kamu. Oleh karena itu, tunjukkan bahwa konsep bisnis ini akan sangat menguntungkan bagi para investor. Jalankan konsep bisnismu dengan modal seadanya untuk memberi bukti nyata kepada investor. Ketika kamu sudah menunjukkan bahwa konsep kamu yang terbaik, lalu percayalah bahwa para investor yang akan mencari kamu.

Buktikan dengan tindakan, bukan dengan kata-kata

Perhatikan apa yang kamu katakan. Katakan hal yang mampu kamu lakukan, jangan terlalu banyak bicara tapi kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Buktikan yang kamu bisa lakukan melalui tindakan, bukan melalui kata-kata, karena dengan kamu bertindak, orang akan lebih bisa menilai hasil kerjamu. Speak less, do more, right?

Tahu kapan harus berhenti berusaha

Seorang kapten yang bijak tidak akan tenggelam bersama kapalnya. Itulah pepatah yang menjelaskan bahwa seorang yang bijak adalah orang yang tahu kapan harus berusaha dan kapan harus berhenti. Berhenti berusaha tidak selalu bentuk dari menyerah, terkadang ada hal-hal yang memaksa kamu untuk berhenti, jika tidak kamu akan semakin terpuruk. Demikian juga dalam merintis bisnis. Terkadang, bisnis yang kita mulai tidak membawa kamu kepada kesuksesan, melainkan malah membuat kamu menajdi terpuruk. Ketika situasi itu datang, maka kamu harus tahu kapan harus berhenti. Bersikap bijaksana dan peka terhadap keadaan akan membantu kamu untuk terhindar dari keterpurukan.

Nah. kira-kira seperti itulah tips Buat Anda, saatnya menentukan, mau sukses memulai bisnis atau tidak melakukan sama sekali. Artikel tentang panduan cara bisnis untuk pemula ini bisa anda jadikan rujukan. Jangan  pernah ragu untuk memulai ide bisnis Anda meski hanya seorang pemula, Seorang pebisnis ulung yang sudah memiliki kekayaan berlimpah pasti dimula dari langkah awal yaitu sebagai pemula.

Hukum hidup sudah mengatur bahwa selama kamu berani bermimpi dan mau berusaha tidak ada yang mustahi terjadi. Anda hanya butuh waktu untuk menjalaninya, suatu saat nanti anda akan bisa menikmati hasil keringat Anda. Yakinlah proses tak akan proses berhianat. Baca juga panduan bisnis travel agent

Related Articles