9 Cara Promosi Hotel Agar Laris dan Cepat Terkenal!

cara promosi hotel

Cara Promosi Hotel – Setiap pelaku usaha baik itu yang bertindak dalam bidang pemasaran atau dalam bidang promosi pasti memiliki cara tersendiri dalam menyebarluaskan usaha yang mereka kelolah. Salah satu usaha promosi yang akan dibagikan dalam artikel ini adalah cara promosi hotel. Para pengusaha Hotel yang serius mengembangkan bisnis Hotel, mereka menyadari bahwa aktivitas pemasaran dan promosi usaha Hotel harus dilakukan lewat berbagai cara untuk mencapai kesuksesan.

Binis hotel saat ini mulai memenuhi tanah-tanah kosong khususnya dikota. Dengan tingginya minat para wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia menjadi salah satu penyeba bisnis hotel ramai kelolah oleh pengusaha-pengusaha berduit. Disini, akan diberikan cara mempromosikan hotel agar usaha Hotel Anda bisa mencapai puncak kesuksesan. Sekali lagi, pertumbuhan jumlah hotel mengindikasikan bahwa industri pariwisata Indonesia sedang mengalami perkembangan yang baik, dan ini membuka peluang bagi pengusaha pariwisata untuk ikut andil dalam menjalankan bisnis wisata di berbagai daerah di Indonesia.Berikut ada beberapa cara promosi hotel yang bisa Anda gunakan.

9 Cara Promosi Hotel Agar Laris dan Cepat Terkenal

cara promosi hotel

Ada yang bilang fokus pada saat-saat sepi.

Apa yang dimaksud dengan pernyataan diatas? Ini dia penjelasannya, jika Anda ingin menarik perhatian masyarakat setempat tanpa melakukan banyak upaya, pilihlah musim-musim sepi. Perlu Anda ingat bahwa siasana sepi ini berpengaruh juga pada lingkungan Anda dan kemungkinan masyarakat setempat ingin merasakan sedikit perubahan suasana, meskipun dalam jarak yang sangat dekat!

Di musim sepi, pikat mereka dengan kode promosi khusus penduduk dan tampilkan di blog regional serta situs web lingkungan sebagai bentuk pendekatan berisiko rendah namun menguntungkan. Atau, jika ada sejumlah kamar kosong di properti Anda pada akhir pekan, gunakan media sosial guna mengumumkan “penawaran menit terakhir” khusus yang sesuai untuk masyarakat setempat yang ingin menginap tanpa perlu melakukan persiapan.

Iklankan Kegiatan Liburan Lokal

Bagi Anda yang pernah berkunjugn ke Negeri paman sam, disanKata liburan lokal atau local holiday sangat populer di Amerika pada tahun 2008, namun 5 tahun kemudian gaya liburan ini terasa sedikit membosankan. Berikan nuansa baru pada gaya liburan ini di antara masyarakat setempat dengan mempromosikan Liburan Lokal yang Lebih Menarik. Anjurkan tamu untuk menggunakan properti Anda sebagai tempat beristirahat saat menelusuri objek wisata yang tidak terlalu dikenal di daerah tersebut.

cara promosi hotel

Beri nama pada paket seperti Menginap dan Bersenang-senanglah serta susun beberapa jadwal yang terpusat pada tempat menarik terpopuler di daerah Anda, misalnya anda bisa mengunjungi pabrik bir kecil, objek wisata unik, wisata kuliner dll.  Selanjutnya, untuk membantu tamu merasakan semangat liburan. Coba bekerja sama dengan perusahaan lokal yang sesuai untuk menawarkan promosi paket akomodasi yang dipadukan dengan aktivitas yang dibuat menurut minat masyarakat di lingkungan Anda.

Bangun Keakraban dengan memberikan tiket kepada masyarakat setempat

Satu usaha yang diinginkan untuk sukses, salah satu jalannya adalah ia harus dikenali banyak orang termasuk masyarakat disekeliling area hotel. Jika lobi atau area hiburan luar ruangan Anda memadai, mengadakan acara dengan tiket yang ditujukan untuk masyarakat setempat dapat meningkatkan kesadaran akan properti Anda serta menjalin keakraban dan menciptakan loyalitas pelanggan, juga mengisi hotel untuk malam itu! Pilih tema yang benar-benar sesuai dengan lingkungan Anda, misalnya acara mencicipi bir bersama semua pabrik bir lokal atau pengumpulan dana untuk membantu yayasan amal setempat. Menawarkan pilihan tiket yang dipadukan antara kamar dan kegiatan akan memberi pelanggan sedikit insentif tambahan agar dapat bersenang-senang sepanjang malam. Setelah acara usai, berikan kode promosi khusus kepada tamu pesta untuk masa menginap berikutnya.

cara promosi hotel

Gaungkan Fasilitas Terbaik

Umunya, ketika orang memesan satu hotel, mereka menanyakan fasilitas terbaik dari hotel yang akan mereka pesan. Masyarakat setempat akan tertarik untuk menginap di hotel Anda jika tersedia fasilitas yang tidak mungkin ada di rumah. Apakah properti Anda baru direnovasi? Apakah properti Anda dilengkapi kolam renang, spa, atau restoran yang bagus? Apakah lokasi properti dekat dengan beberapa objek wisata terpopuler di daerah Anda?

Dalam upaya pemasaran kepada masyarakat setempat, optimalkan fasilitas unik yang “tidak ada di rumah” ini untuk memikat tamu agar datang dan menginap. Karena itulah anda bisa memanfaatkan internet sebagai strategi penjualan hotel yang anda miliki. Pada dasarnya penjualan hotel itu bukan hanya pemasaran saja namun bagaimana anda melayani tamu saat berada di hotel. Service excellent di hotel anda juga menentukan penjualan hotel.

cara promosi hotel

Sebelum anda melakukan cara promosi hotel, perbaikilah fasilitas dan SDM pada hotel tersebut. Jika semuanya sudah baik, barulah anda melakukan pemasaran melalui internet. Untuk melakukan strategi penjualan hotel via internet, berikut beberapa cara yang bisa anda coba:

Manfaatkan Media Website

Satu kemudahan era sekarang adalah karena adanya kecanggihan produk teknologi. Banyak orang yang memanfaatkan website untuk berjualan via internet, anda pun juga bisa seperti mereka. Buatlah website yang berisikan produk hotel, kelebihan hotel dan juga keterangan lainnya untuk promosi hotel tersebut. Setelah itu, optimasikan kata kunci agar orang bisa dengan mudah menemukan website hotel anda. Optimasi ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung website. Jika pengujung website banyak maka peluang penjualan hotel juga akan banyak.

Pergunakan Media sosial Facebook

Saat ini, jumlah orang yang belum menggunakan facebook mungkin relatif sedikit dibandingkan dengan yang aktif. Situs jejaring sosial ini memang banyak digunakan orang untuk berjualan apapun. Anda bisa memanfaatkan facebook ini untuk penjualan hotel. Pemasaran ini bisa menyertakan link website hotel anda ataupun dengan membuat home page pada facebook. Promosi hotel melalui facebook juga bisa dilakukan dengan promosi facebook berbayar.

Mengaktifkan Milis

Untuk strategi Promosi hotel lainnya adalah dengan memanfaatkan milis. Milis ini adalah salat satu layanan internet yang digunakan untuk mengirimkan pesan kepada beberapa email anggota secara otomatis. Anda bisa mendaftar pada milis dan berjualan dengan mudah melalui layanan ini.

cara promosi hotel

Sebarkan Iklan di internet

Iklan google, pay per click dan beberapa jenis iklan di internet bisa menjadi pilihan anda untuk menjual hotel dengan cepat. Beberapa iklan tersebut memang berbayar namun hasilnya lebih cepat anda rasakan dibandingkan dengan iklan yang tidak berbayar.

Tawarkan sesuatu yang Unik

Tak bisa dipungkiri bahwa penawaran yang menarik memiliki daya tarik tersendiri dalam promosi hotel. Untuk promosi, Anda tawarkan pengalaman yang unik kepada tamu AndaHotel-hotel sekarang sudah terlalu sering dipasarkan dengan embel-embel fitur dan kelebihan yang terkesan “mainstream atau biasa saja”, misalnya lokasi yang strategis, fasilitas, dan kemewahan. Alih-alih mejual fitur tersebut, lebih baik Anda mencoba menjual pengalaman yang unik dan menarik untuk calon tamu Anda.

Ketika merencanakan bahan promosi untuk brosur ataupun situs web, cobalah untuk memfokuskan promosi pada pengalaman apa yang bisa tamu dapatkan jika menginap di hotel Anda. Fikirkan tentang mengapa orang-orang menginap di hotel. misalnya, untuk melepas lelah dari pekerjaan sehari-hari, berwisata ataupun berkumpul dengan keluarga di suasana yang berbeda – dan promosikan perasaan serta motivasi tersebut kepada target pasar Anda. Menginap di hotel – bagi wisatawan khususnya – merupakan suatu sarana untuk beristirahat sembari tetap bersantai dan mencari pengalaman baru di hotel tempat menginap. Ini yang membuat penawaran pengalaman unik di hotel menjadi sangat penting.

cara promosi hotel 6

Lakukan Evaluasi  Respon Tamu

Untuk bahan perbaikan dimasa mendatang, mintalah saran dari tamu Anda. Sekarang ini, semakin banyak manajemen hotel yang memasang iklan berbayar baik secara online maupun offline untuk menjangkau lebih banyak calon tamu. Ini tentu merupakan strategi pemasaran yang bagus dan terukur. Tapi sayangnya, tidak semua pengiklan manajemen hotel dalam hal ini mengerti dan tahu bagaimana karakteristik dari calon tamu yang mereka target melalui iklan. Dampaknya. Bahasa iklan menjadi tidak sesuai dengan karakteristik tamu, sehingga iklan pun tidak berkesan.

Cara terbaik untuk mengenal calon tamu adalah dengan melakukan survey kepada tamu yang pernah menginap di hotel Anda.misalnya, Anda bisa tanyakan tentang jenis kegiatan wisata apa saja yang mereka sukai, Kapan mereka merencanakan liburan (karena biasanya wisatawan merencanakan liburan jauh-jauh hari, bukan hanya pada saat menjelang hari libur panjang), serta Data lainnya yang akan memberikan Anda gambaran tentang calon tamu hotel Anda dengan lebih jelas.

Demikianlah beberapa cara melakukan promosi hotel yang bisa Anda ikuti dan kembangkan sendiri. Jika Anda sudah membaca tips diatas, maka saatnya Anda mulai berfikir dan segera bertindak untuk menjalankan promosinya. Semoga artikel kali ini bermanfaat buat Anda, khususnya yang sedang merencanakan untuk mengelolah promosi hotel. Selamat. Baca juga cara poromosi gorden

 

Related Articles