4 Panduan Memulai Bisnis Untuk Pemula Agar Cepat Sukses

cara memulai bisnis

Panduan Memulai Bisnis Untuk Pemula Agar Cepat Sukses – 2017 jumlah yang cukup banyak jika kita benar-benar menghitung serta menjabarkan sejarah setiap tahunnya. Dari zaman purba hingga saat ini semuanya berkembang begitu pesat. Yang paling dominan dan sengat menonjol adalah perkembangan teknologi yang mempengaruhi segala aspek yang ada pada kelompok-kelompok manusia di dunia, baik di segi ekonomi, sosial, budaya dll.

Indonesia, semua itu masuk begitu cepat, dan mempengaruhi hampir semua orang di negeri ini. Hingga tahun 2017 ini kita bisa menemukan apa saja yang kita butuhkan dengan mudah. Ketika sudah banyak keinginan yang mulai berdatangan karena pengaruh dari sekeliling kita, ada satu hal yang sangat membatasinya, yaitu uang. Tak bisa disangkal bahwa uang adalah benda sangat bernilai, yang bisa membuat orang-orang menjadi jahat.

panduan memulai bisnis

Karena itulah seringkali terjadi kasus pencurian, copet, maling dan kejahatan-kejahatan yang didasarkan kebutuhan untuk bertahan hidup. Terkadang kita sering berpikir bahwa kita yang hidup di zaman sekarang ini terlalu sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup (sebagian orang aja sih) karena berbagai macam peraturan dan kebiasaan yang sudah ditetapkan sejak dulu.

Akhirnya orang-orang yang mempunyai banyak keinginan termotivasi untuk bekerja keras, salah satunya adalah bisnis. Tetapi, terlalu sering kita mendengar orang-orang mengeluh karna gagal ketika mencoba berbisnis. Apakah penyebabnya? Apakah tidak sembarangan orang yang bisa berbisnis? Apakah benar? Atau mungkin bisnis itu memerlukan otak yang cerdas? Atau bagaimana ya?

Panduan Memulai Bisnis Untuk Pemula Agar Cepat Sukses

Saudara-saudari sekalian, apakah kita akan terus bertanya bahwa bisnis itu cocok atau tidak dengan hidup, selera dan gaya kita? Alangkah baiknya kita sedikit membuka pikiran bahwa setiap hal yang terlihat itu bisa saja di dekati, dan juga dimiliki.

Banyak orang yang mengira bisnis itu adalah sesuatu yang rumit sehingga orang-orang enggan untuk memulai karirnya dalam berbisnis. Kadang ada sebagian orang yang bilang bahwa bisnis itu tidak pas baginya, sulit, tidak sesuai dengan gaya hidupnya, padahal dia belum pernah mencobanya sekalipun. Sayang sekali bukan, belum pergi malah sudah pulang.

cara memulai bisnis

Disinilah tepatnya, akan saudara-saudara temukan bahwasanya bagaimana memulai bisnis dengan efektif dan menyenangkan. Karena sangatlah mengahrukan jika saudara-saudari sekalian hanya menyerahkan diri kepada orang lain untuk dipekerjakan, digaji, dan statis sampai Tuhan mengambil nyawa saudara-saudari sekalian.

Apakah sudah yakin akan begitu-begitu saja sampai mati? Saran saya sih jangan, akan menyedihkan hidup ini jika kita terus berada pada posisi tertekan dan akhirnya menganggap hidup ini sebagai beban. Baiklah, karena sudah terlalu banyak kiranya pengantar yang saya jabarkan dan anda sudah terlalu bosan untuk membaca, maka saya akan memberi beberapa petunjuk.. adalah panduan memulai bisnis.

Analisa pasar bisnis

Panduan memulai bisnis berikutnya adalah analisa pasar saat ini. Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah mengamati perkembangan zaman sampai hari ini, serta jangan lupa mengamati kebiasaan dan kecenderungan anda. Setelah itu anda akan tahu bahwa anda cenderung kepada sesuatu, dan akan mudah sekali menilai antara diri sendiri dengan orang-orang di sekitar anda. Ketika tahap pengamatan sudah selesai, putuskanlah bisnis apa yang akan anda geluti.

panduan memulai bisnis

Baik itu pakaian, makanan dan masih banyak lagi yang bisa anda pilih. Agar mudah dan menyenangkan, pilihlah yang sesuai engan selera anda. Misalnya anda senang mengikuti perkembangan band-band barat dengan genre rock n’ roll, manfaatkanlah kesenangan itu dengan mencoba bisnis sablon baju, pin, stiker yang bergambar logo band kesayangan anda.

Mempunyai fokus yang tinggi

Panduan memulai bisnis berikutnya adalah mempunyai motivasi dan juga fokus. Fokuslah pada bisnis anda dan tekuni terus menerus serta sajikan semenarik mungkin. Jangan lupa, sangatlah bagus kalau anda mencari seseorang yang bisa memotivasi dan bisa di contoh untuk bisnis anda kedepannya. Mungkin itu orangtua, pacar, kerabat, ataupun tetangga. Belajarlah dari orang-orang di sekitar anda, apapun itu.

Aturlah strategi anda untuk jangka waktu yang panjang. Buatkan target dan pengingat bahwa setiap hal yang anda kerjakan haruslah untuk mengembangkan usaha anda. Agar setiap hal yang anda lakukan bernilai dan tidak terbuang sia-sia. Setelah anda sudah mulai menyelesaikan tahap di atas, carilah pasar tetap anda. Sebab saingan di bidang ini sangatlah banyak dan untuk pasarpun juga akan saling rebutan secara tidak langsung.

memulai bisnis untuk pemula

Sebenarnya mudah saja ketika tahap awal sudah anda kerjakan, anda akan tahu siapa sasaran anda dalam berbisnis. Tentunya banyak orang di negara ini yang satu selera, gaya dan hobi dengan anda bukan, maka dari itu anda harus pintar memanfaatkannya.

Anda sudah memiliki langganan, apalagi yang harus anda lakukan? Tentunya masih banyak lagi yang harus dikerjakan serta memikirkannya. Setelah bisnis anda berjalan lancar, pelajarilah berbagai hal yang bersangkutan dengan bisnis anda sehingga akan mudah untuk melakukan apapun dalam bisnis yang anda kembangkan.

Jangan terlalu bersantai dengan hidup anda, jauhi semua hal yang negatif, semua hal yang membuat tidak adanya progres pada bisnis anda.

panduan memulai bisnis

Lingkungan sekitar akan berperan banyak dalam keinginan, yang akan menjadi masalah besar dalam dunia bisnis. Karena sekali larut pada keiginan yang sangat besar padahal itu sama sekali tidak penting, rencana awal anda akan melenceng jauh dari yang sudah ditetapkan. Satu saran untuk menghindari itu adalah mencari penasehat, pembimbing, atau sejenis teman curhat yang bisa selalu mengingatkan anda pada batasan-batasan yang seharusnya tidak dilewati.

Kehidupan yang awalnya mungkin anda rasa sangat sederhana, biarlah berjalan sederhana. Hiburlah hari-hari anda dengan segala sesuatu yang tidak terlalu rumit, lakukan kesenangan – kesenangan yang lahir dari hal yang kecil dari hidup anda. Misalnya sarapan pagi dengan kekasih, nonton film jika waktu luang, membawakan hadiah untuk orangtua, dan lakukan sesuai dengan kata hati anda.

Selalu optimis

Panduan memulai bisnis berikutnya adalah optimis. Ada satu hal yang ingin saya ingatkan, yaitu tentang kegagalan. Persiapkanlah diri anda karena dalam usaha apapun kegagalan bisa saja singgah. Jadi janganlah takut pada kegagalan, siapkan diri untuk setiap hal yang akan menjatuhkan anda dari pijakan yang sudah kokoh.

Karena seringkali gagal menjatuhkan orang-orang yang tidak siap untuk mengulang kembali usaha yang sudah jauh ditempuhnya. Jadilah orang yang optimis, apapun yang terjadi. Jangan sekalipun memperlihatkan kesulitan anda kepada orang lain. Selalu simpan beberapa penghasilan untuk cadangan jika terjadi apa-apa dengan usaha anda.

Selain itu anda juga harus menjaga kesehatan, dan bangunlah mood yang baik setiap hari. Ketika perasaan yang bagus mempengaruhi pola hidup anda, pikiran akan terbuka jernih dan bagus sekali jika anda gunakan untuk memikirkan perkembangan bisnis anda.

Lihat kembali tahapan anda dari awal, apa saja yang sudah di lakukan untuk bisnis anda, pertanyakan, apakah sudah cukup? Kalau memang belum, carilah celah dimana anda bisa mengembangkannya. Bisa membuka cabang, membangun relasi dan memulai bekerja sama. Sangat banyak sekali jika anda bisa berpikir cerdas.

Yang penting jangan pesimis, tak perlu hebat pelajaran fisika, ekonomi, biologi dan pelajaran yang rumit-rumit itu. Cukup etika yang baik, bisa membaca keadaan serta memahami sehingga mudah untuk memanfaatkannya. Usahakan mencari celah untuk menunjukan kepada pasar atau sasaran anda bahwa produk yang di jual adalah yang terbaik. Tunjukan kelebihan dari berbagai macam aspek.

Saat ini banyak sekali orang-orang yang berbisnis lewat media sosial, atau kita kenal dengan bisnis online. Anda juga bisa memanfaatkannya, tetapi jangan terlalu cepat mengambil keputusan.

Pelajari dengan baik bisnis Anda

Panduan memulai bisnis berikutnya adalah pelajari bisnis dengan baik. Kenali terlebih dahulu polanya, bagaimana sistemnya, bagaimana cara kerjanya,  biar anda bisa menyusun strategi untuk pengembangan melalui internet. Tetap hati-hati setiap mengambil keputusan, tetapi jangan juga terlalu takut dengan alasan anda tidak ahli menggunakan internet. Anda bisa bertanya pada kerabat atau siapapun yang berada di sekitar anda. Yang penting adalah optimis

memulai bisnis bagi pemula

Saya rasa sudah cukup panjang sekali jabaran ini untuk anda baca, maka saran saya adalah pikirkanlah apa yang harus anda lakukan setelah membaca artikel ini. Apakah anda masih akan memikirkan lagi bahwa bisnis itu cocok atau tidak engan hidup anda? Jangan menghabiskan waktu dengan pikiran yang tidak membantu sama sekali. Lakukan sekarang juga, nikmati setiap hal yang anda kerjakan.

Lawan kebiasaan yang membuat anda malas bergerak maju. Setelah ini mulailah membuat strategi, dan buatlah targetan untuk setiap harinya dari apa yang anda lakukan. Baca juga panduan bisnis travel

Related Articles