Panduan Bisnis Travel Agent Untuk Pemula – Semua orang pasti pernah mengalami kebosanan, stres, dan bingung. Padahal orang – orang itu sudah memiliki hidup yang cukup. Bisa makan sehari – hari, membeli peralatan rumah tangga, dan kebutuhan – kebutuhan lainnya, tetapi perasaan selalu sedih jika malam tiba. Juga para pengangguran yang kebingungan, membuka usaha sendiri tidak yakin, dan jadi pekerja pun tidak mau.

Apa yang terjadi sehingga orang – orang yang memang sudah berkecukupan itu bisa tidak bahagia? Kita patut mencurigai apa yang terjadi pada orang – orang tersebut. Tetapi, untuk selanjutnya kita tidak akan membahas porsoalan yang lebih mendalam tentang masalah orang – orang tersebut, akan tetapi yang akan kita jabarkan di bawah ini adalah berupa solusi – solusinya.

Ketika saya mengamati semua orang yang biasa – biasa saja, saya sering berpikir kenapa orang – orang tersebut tidak melakukan suatu hal di luar kebiasaan mereka. Mungkin itu pergi liburan, mencoba membuka usaha sampingan, atau mendaftar kuliah lagi.

Sangat lah menarik jika mereka mencoba hal – hal yang baru dan medapatkan pengalaman yang jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Kalau saya, menyarankan untuk membuka sebuah bisnis. Tetapi, tak sedikit pun saya membatasi orang – orang yang saya tuju.

Semua orang bisa membaca ini begitu juga untuk orang yang menganggur, agar semua orang yang ingin berusaha bisa terbantu dengan adanya tulisan ini. Bisnis yang saya anjurkan pun adalah bisnis travel agent. Karna sepertinya bisnis ini sangat menarik jika di kembangkan dengan hanya mengamati keadaan hari ini dengan seksama.

Panduan memulai bisnis travel agent

Saat ini ketika orang – orang di anjurkan untuk membuka bisnis maupun berkerjasama dengan travel agent, banyak yang tidak percaya bahwa itu akan membantu mereka untuk menjalani hidup yang lebih baik. Apalagi yang memiliki hobi yang sangat jauh keberedaannya dari apa yang ditawarkan. Makanya kita sering melihat orang – orang yang menggeluti bisnis travel agent yang memang berangkat dari hobi mereka masing – masing.

Karena bisnis ini sudah sangat banyak yang menggeluti, dan orang – orang menjadi pesimis begitu saja. Padahal bisnis travel agent bisa sangat menjanjikan kalau melihat perkembangan manusia saat ini bukan, apalagi di Indonesia.

Bisnis travel agent, kita tidak hanya mengurus persoalan transportasi saja, ada penginapan, tour guide dan banyak lagi ragamnya. Bisa saja sebenarnya kita sesuaikan dengan selera kita kalau memang ada keseriusan yang besar dalam diri kita. Yang penting adalah niat dan keinginan untuk berkembang, serta aplikasinya dengan tindakan yang nyata.

Mencoba menjadi subagent bisnis travel

Panduan bisnis travel agent berikutnya adalah menjadi subagent. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menjadi subagent dari travel agent yang sudah eksis dan selalu ada perkembangannya. Karena Anda tidak memerlukan modal yang begitu besar, maka sangatlah mudah sebenarnya untuk memulai bisnis ini. Yang diperlukan hanyalah jaringan internet, telepon, komputer dan printer.

Jika peralatan itu sudah ada, maka Anda bisa menjalaninya. Anda bisa mulai promosi lewat internet, dan juga membuat website tersendiri untuk usaha anda agar menimbulkan kemudahan dalam bekerja. Pilah satu – persatu sosial media, mana yang anda rasa cocok untuk anda masuki.

Cari pasar yang tepat dengan memberi penawaran yang mantap. Dan yang terpenting adalah, Anda harus sangat kreatif dan pintar untuk membaca selera pasar, dan juga bagaimana cara masuk yang pas pada sekelompok manusia (soalnya, sekarang banyak yang sensitif).

panduan bisnis travel agent pemula

Memberikan penawaran yang sulit ditolak

Panduan bisnis travel agent berikutnya adalah mencoba memberikan penawaran. Berilah penawaran semenarik mungkin. Dan untuk memudahkan anda, lebih baik pilihlah salah satu dari bermacam pilihan paket travel agent. Agar anda mudah untuk mengembangkannya secara perlahan. Bisa saja kan, anda menawarkan paket travel yang unik tetapi disenangi orang – orang.

Dan kalau memang yang anda tawarkan adalah apa yang orang banyak senangi, anda tidak harus terlalu sibuk mempromosikan usaha anda di sosial media, karena yang memang harus diketahui adalah, apa yang di inginkan orang banyak itu kuncinya. Tetapi, anda jangan senang dulu, karena yang juga harus anda perhatikan adalah apa yang akan anda dapatkan jika memilih paket travel yang berbeda dari orang-orang.

panduan bisnis travel agent

Apakah anda bisa menjamin, bahwa penawaran yang anda berikan akan membantu untuk jangka waktu yang panjang? Maka optimislah dan selalu bertanggung jawab.

Usaha anda pasti akan terus berkembang tentunya, dan rencana anda harus semaki jauh untuk untuk di layangkan. Anda harus selalu mencari celah, bagaimana anda bisa meningkatkan usaha anda. Paling tidak dengan jangka waktu yang sudah anda bayangkan, anda sudah bisa membuka satu cabang yang lain, dan selalu buat inovasi yang akan menarik orang – orang kepada anda.

Berikan kenyamanan

Panduan bisnis travel agent berikutnya adalah selalu menjaga kenyamanan konsument. Karena memang yang di butuhkan orang – orang adalah kenyamanan, dan itu berpengaruh pada selera, dan itu berpengaruh dengan budaya, maka dari itu memang lah harus anda mengetahui banyak hal tentang kesenangan – kesenangan konsumen anda. Selain bermanfaat untuk bisnis, anda juga akan memiliki wawasan yang luas sebagai seorang manusia yang sederhana, asik lah ya.

melayni pelanggan bisnis

Untuk mengembangkan usaha anda, carilah rekan kerja yang akan membantu anda dalam pengelolaan atau pun yang lainnya. Ya tapi kalau anda yakin bisa bekerja sendiri, paling tidak anda mencari rekan yang kiranya bisa menjadi pelanggan tetap pada usaha anda. Anda bisa berkeliling dan mencari informasi, masung ke perusahaan – perusahaan, dan masih banyak cara yang bisa anda gunakan untuk mencari konsumen.

Kreatif dalam berbisnis travel agent

Panduan bisnis travel agent berikutnya adalah selalu kreatif dalam berbisnis. Anda harus sekreatif mungkin dan jika anda sudah memiliki pelanggan tetap, anda bisa memanfaatkan dan ingat, anda harus melayaninya dengan baik. Karna memang takutnya, kalau anda tidak paham dengan konsumen sendiri, habislah sudah. Manfaatkanlah setiap peluang yang anda temui, baik dari rekan anda anda, musuh (kalau ada), konsumen ataupun calon konsumen, dan kerabat terdekat anda. Harus selalu peka untuk setiap peristiwa yang anda jalani.

Setelah anda mendapati banyak pelanggan, layani dengan baik, beri penawaran yang bagus, buatlah mereka senang dan bantu mereka mencapai kenyamanannya. Maka keberadaan usaha anda akan mulai di akui banyak orang. Konsisten dalam berpendirian, buatlah satu ciri khas pada usaha anda agar orang – orang mudah untuk mengingat jasa anda.

bisnis travel agent

Hal ini sangat penting karna begitu banyak orang – orang membuka bisnis yang sama dengan anda. Jadi pertanyaannya, apakah kita akan diam saja jika produk kita sam dengan orang – orang, dan tiba – tiba ketika orang – orang melakukan perubahan, kita juga mengikuti perubahan yang sama? Alangkah pasifnya hidup kita, sangat di sayangkan. Jadi belajarlah sebanyak mungkin dari bidang apa pun yang bisa membantu anda untuk mengembangkan bakat anda, bahkan berguna untuk perkembangan usaha anda dalam waktu yang cukup lama.

Berhati-hati dalam melayani konsumen

Hati – hatilah ketika melayani konsumen, karena apa yang anda lakukan pada konsumen akan membuat iklan tersendiri dari si konsumen kepada orang – orang di sekitarnya. Etika yang baik sangat di junjung tinggi di bidang ini.

Tentunya anda semua tahu bahwa ketika anda sudah memutuskan, semuanya harus anda pahami dengan baik. Walaupun semua itu bertentangan paham dan keyakinan anda. Yakinlah jasa anda akan sangat di kenal orang banyak.

bisnis travel agent

Itu adalah beberapa panduan yang bisa saya jabarkan, selajutnya adalah tindakan saudara – saudari sekalian. Ketika memang anda sudah memutuskan, adalah harus untuk melanjutkan semuanya dengan keseriusan, dan mencoba tahapan – tahapan di atas.

Berhati – hatilah setiap memulai langkah pertama, dan dasari apa saja yang anda lakukan dengan semua niat yang anda kampulkan sebelumnya. Semoga tulisan ini bisa membantu saudara – saudari sekalian dan saya pastinya juga akan mendo’akan saudara – saudari untuk sebuah kesuksesan.

Demikian apa yang bisa kita lakukan sebagai tahap awal untuk memulai bisnis travel agent, panduan bisnis travel agent ini semoga bisa memberikan gambaran bagaimana untuk berbisnis travel agent. Selain dari beberapa point penting diatas, teknik promosi juga penting untuk di perhatikan. Saat ini teknik promosi paling potensial dan menguntungkan adalah berpromosi menggunakan media internet, atau yang biasa dikenal dengan internet marketing. Baca juga

 


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.