Belajar Bisnis Online Affiliasi – Seringkali para pemula mengalami kesulitan dalam membuat produk sendiri kemudian dijual secara online. Namun jika anda memang berniat untuk berjualan online, hal itu bukanlah suatu hambatan yang berarti untuk mencoba peluang memperoleh income tambahan dengan cara online.

Yuk Belajar Bisnis Online Affiliasi!

Karena saat ini anda bisa berjualan online tanpa harus memiliki produk sendiri, yaitu dengan menjualkan produk milik orang lain. Adapun cara menjual produk atau jasa orang lain dapat dilakukan dengan cara mengikuti program afiliasi.

Belajar Bisnis Online Affiliasi saat ini memang banyak diminati oleh para pebisnis. Karena dengan mengikuti program ini anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal dalam menjalankan sebuah bisnis. Meski begitu anda punya peluang besar untuk memperoleh keuntungan dari bisnis ini jika anda mampu menjalankannya dengan baik.

Sebelum kami jelaskan lebih jauh ada baiknya kita paham dulu apa yang disebut dengan program affilasi. Adapun program affiliasi merupakan sebuah program pemasaran dimana membernya akan memperoleh komisi jika ada transaksi antara pemilik dari program dengan pembeli berdasarkan rekomendasi member afiliasi. Adapun besarnya komisi sangatlah bervariasi yaitu kisaran 50%-75% dari harga barang atau produk afiliasi yang telah berhasil dijual.

belajar affiliate marketing

Belajar Bisnis Online Affiliasi selanjutnya yang perlu anda tahu yaitu siapa saja yang terlibat dalam “program afiliasi”. Adapun pihak-pihak yang terlibat yaitu Penjual atau Merchant, member Afiliasi yang tugasnya yaitu sebagai perantara transaks, dan juga Pembeli atau Buyer. Agar sukses maka member afiliasi atau yang biasa disebut dengan affiliate haruslah gencar dalam melakukan promosi baik itu secara online maupun secara offline untuk memperoleh komisi dari adanya transaksi yang terjadi.

Belajar Bisnis Online Affiliasi, secara garis besar memiliki alur sebagai berikut :

  1. Menemukan sebuah produk afiliasi yang akan dijual. Produk tersebut haruslah yang banyak diminati konsumen sehingga anda perlu melakukan riset kecil-kecilan agar tahu produk mana yang sekiranya bisa menguntungkan.
  2. Daftarkan diri anda sebagai member afiliasi. Setelah mendaftar Anda akan memperoleh kode afiliasi, kemudian kode inilah yang nanti harus Anda promosikan supaya memperoleh komisi jika terjadi transaksi atas rekomendasi dari Anda
  3. Buat website ataupun blog atau bisa juga landing page. Website ataupun blog bisa diibaratkan sebagai toko Anda yang ada di dunia maya, dan landing page merupakan surat penawaran Anda dengan cara online
  4. Beli domain, hosting dan juga auto responder. Domain berisikan alamat dimana para pengunjung dapat menemukan website milik Anda. Sedangkan hosting bermanfaat untuk menyimpan file-file website milik Anda dimana para pengunjung dapat mengaksesnya secara online. Auto responder sangat bermanfaat untuk meningkatkan traffic pengunjung dengan cara melaksanakan email follow-up ke prospek dengan cara terus-menerus dan secara otomatis.
  5. Promosikan produk tersebut baik secara offline maupun secara online. Masing-masing dapat anda lakukan secara gratis dan ada pula yang harus membayar.
  6. Sales dan profit

Langkah-langkah tersebut sering dilupakan oleh pemula sebab banyaknya informasi yang didapat, baik itu informasi dari seminar, maupun informasi dari buku-buku mengenai bisnis online atau informasi yang berasal dari email marketing sehingga menyebabkan pemula tidak fokus dalam melakukan tahapan-tahapan program afiliasi.

Adapun beberapa contoh penyedia program-program afiliasi yang ada di internet dan dapat anda pertimbangan untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan modal kecil yaitu Amazon.com, Click2Sell.eu, eBay.com, Clickbank.com, Paydotcom.com, dan CJ.com. Amazon.com dan juga eBay.com mempunyai program afiliasi untuk produk-produk fisik diantaranya seperti perhiasan, barang-barang elektronik, mobil, rumah, apartemen, dan sebagainya. Sedangkan untuk Click2Sell.ue dan juga Clickbank.com punya program afiliasi untuk produk-produk digital.

Banyak sekali pemula yang ingin memperoleh penghasilan tambahan kemudian melirik program afiliasi. Hal ini karena program afiliasi tidak butuh banyak modal, karena biasanya telah didukung oleh pemilik program misalnya seperti website replika dilengkapi kode afiliasi, contoh-contoh surat penawaran serta teknik promosi baik itu gratis maupun berbayar.

Jika anda juga tertarik untuk mengikuti program affiliate ini maka silahkan terapkan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas.

Sekian artikel tentang Belajar Bisnis Online Affiliasi. Selamat mencoba.

 

 


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.