Cara berbisnis beras – bahan pokok satu ini merupakan kebutuhkan paling banyak di cari oleh masyarakat Indonesia, sehingga tak di pertanyakan lagi jika jumlah kebutuhan ini sangat di meningkat. Oleh karena itu peluang bisnis dalam bidang ini terbuka sangat lebar, walaupun sudah banyak jumlah toko telah menyediakan beras. Salah satu cara berbisnis beras yang banyak dilakukan oleh masyarakat ialah dengan mendirikan toko beras.

cara berbisnis beras

Tips Berbisnis Beras

Pemilihan tempat berjualan juga harus di perhatikan, biasanya lokasi yang bagus untuk membuka toko ini ialah di pasar yang menjual kebutuhan pokok, karena pelanggan yang berbelanja sejumlah kebutuhan sehari-hari juga akan memerlukan toko beras. Disamping itu wilayah yang di kelilingi dengan perumahan padat pun dapat menjadi pilihan lokasi berjualan anda.

Harus di perhatian pula gudang untuk penyimpanan stok beras toko anda.

Hal ini karena beras sangat rawan terserang kutu serta berbau apek bila di simpan lebih lama, oleh karena itu anda harus perhatikan keperluan stok beras setiap bulan hingga menyimpan stok beras yang terlalu lama sebab dapat menurunkan kualitas beras.

Usaha tersebut tidak begitu membutuhkan promosi yang gencar

Bila pemilihan lokasi maupun stok berasnya berkualitas serta harga yang anda berikan sesuai pada pasaran, maka promosi bisa menggunakan spanduk pada toko anda. Dengan ditambah memberi pelayanan terbaik pada konsumen, dapat dipastikan toko anda akan menghasilkan keuntungan sangat besar.

Stok barang toko beras biasanya akan di pasok dari pihak agen ataupun distributor beras.

Kemudian pihak agen sendiri dari membeli gabah petani yang kemudian telah digiling dan juga dikemas. Umumnya tidak sulit dalam mencari agen beras sebab umumnya di setiap tikungan tersedia, namun agen juga dapat datang dari luar wilayah yang berjauhan terhadap lokasi anda.

Sedangkan untuk membuka toko yang menyediakan beras terlebih dahulu anda harus memahami kualitas tipe-tipe, hal ini agar anda bisa membedakan kualitas beras bagus dengan yang buruk, disebabkan saat ini di pasaran ada jenis beras telah di eksploitasi kualitasnya supaya terlihat baik oleh para agen yang tidak bertanggung jawab seperti memakai pemutih, pewangi serta lain sebagainya.

Sehingga anda harus lebih berhati-hati dengan produk seperti ini, dan jangan sampai toko anda menjual jenis beras yang telah di campur dengan bahan kimia. Karena bila hal itu terjadi, maka anda akan kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Sehingga pelajari terlebih dahulu macam-macam beras dan kualitasnya, jangan cuma percaya dengan perkataan agen, namun anda harus mengetahui secara benar mengenai kualitas beras jualan anda.

Sekarang ini ada berbagai macam beras pada pasaran seperti beras cianjur, pandan wangi, dan rojo lele. Dari berbagi macam beras tersebut anda harus dapat menerangkan pada konsumen tentang kualitasnya, hasil tanahnya dan juga kelebihan ataupun kekurangannya.

tips berbisnis beras

Sasaran Konsumennya ialah lingkungan terlebih dahulu.

Tetapi setiap usaha janganlah langsung anda melihat kesuksesan yang sudah diraih orang lain, karena anda juga harus mempelajari semua strategi dalam berbisnis mulai dari merintis sampai anda meraih kesuksesan. Dengan kata lain bila anda terfokus untuk konsumen lingkungan, bisa membuka warung beras dahulu. Tetapi jika anda masih belum memiliki modal yang cukup, anda harus bisa mensiasati bisnis ini.

Sebaiknya penjual juga menyiapkan literan bervariasi, misalnya 0,5 liter, 1 liter dan juga 2 liter. Hal tersebut sangat penting sebab ada pembeli terkadang “tidak yakin” terhadap literan yang digunakan. Misalnya 1 liter disangkanya 0.5 liter. Dengan anda memiliki 3 macam takaran tersebut, anda bisa meyakinkan pihak pembeli jika literan yang anda gunakan sudah benar dan sesuai dengan takaran.

Sedangkan untuk keuntungan yang ingin anda ambil juga terserah. Namun alangkah baiknya jika anda sebagai pemula pebisnis beras mengambil keuntungan yang tidak terlalu banyak dulu, anda bisa menaikkan keuntungan anda nanti jika usaha anda sudah besar. Cara berbisnis beras tersebut memang tidak mudah, tapi jika anda memiliki niat dan tekad yang kuat pasti bisnis anda bisa berjalan sesuai keinginan anda.


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.