Panduan Bisnis Beras Modal Kecil Hasil Maksimal! – Salah satu barang yang paling banyak dicari dan paling laris untuk toko kelontong adalah beras, beras merupakan kebutuhan bahan pangan setiap hari bagi masyarakat Indonesia sehingga berbisnis beras adalah salah satu cara tepat untuk mendapatkan keuntungan rutin setiap bulan, karena harga beras tidak akan pernah turun dan peminat tidak akan sepi karena merupakan kebutuhan pokok.

Berbisnis beras juga tidak mengharuskan untuk memiliki modal yang sangat besar, berbisnis beras bisa juga di mulai dengan modal kecil, meskipun memang dengan modal yang besar akan lebih cepat berkembang dan juga memiliki potensi penghasilan yang besar pula.

Berbisnis beras juga tidak membutuhkan tempat yang khusus, meskipun berbisnis di kota yang tidak begitu ramai juga di lokasi yang tidak harus ditengah kota, karena dimanapun lokasi berbisnis beras tentu akan terus di cari dan dibutuhkan oleh masyarakat.

panduan bisnis beras

Meskipun demikian berbisnis beras juga membutuhkan strategi-strategi khusus agar mampu bersaing dengan pebisnis beras lainnya, juga agar dapat memberikan keuntungan dan penghasilan maksimal meskipun dengan modal kecil. Artikel berikut akan membahas sedikit mengenai panduan berbisnis beras

Panduan bisnis beras modal kecil hasil maksimal

Menjaga kebersihan beras

Semakin baik kualitas beras maka semakin banyak pula orang yang akan datang berbelanja beras di toko beras yang kita buka. Kualitas ini juga termasuk kebersihan dari beras, biasanya jika kita mengambil beras langsung dari petani dan juga pabrik beras, kemungkinan akan terdapat gabah atau kerikil kecil dalam karung beras, akan jauh lebih baik jika kita telah membersihkannya lagi sehingga beras kita benar-benar terjaga kebersihannya.

Selain dari kebersihan, kualitas beras lainnya yang harus diperhatikan adalah kualitas penanaman padi yang dilakukan, sebisa mungkin hasil dari beras memang bebas dari pupuk-pupuk yang berbahaya bagi kesehatan untuk jangka panjang. Untuk pasar-pasar beras biasanya sudah memberikan informasi mengenai beras mana dengan kualitas tinggi dari proses penanaman padi hingga pengemasan.

Menyiapkan gudang beras

Jika Anda siap berbisnis beras dalam jumlah besar hal yang penting untuk diperhatikan adalah gudang beras, gudang beras harus terus dijaga kebersihannya, dan hanya dapat diakses oleh pekerja yang benar-benar terpercaya untuk menjaga kualitas beras dan menjaga dari hal-hal yang tidak digininkan.

Jika Anda berbisnis beras modal kecil tempat penyimpanan beras juga tetap harus di jaga kebersihannya, jauhi dari benda-benda yang berbau tajam misalnya minyak, karena dapat mempengaruhi dari aroma khas beras yang bisa membuat orang tidak akan membeli beras tersebut.

cara berbisnis beras

Menjual beras secara eceran

Penjualan beras secara eceran bisa jadi lebih menguntungkan jika menjual beras karungan, sehingga salah satu strategi untuk berbisnis beras adalah dengan menjual beras secara eceran, selain itu bisnis beras eceran juga sangat cocok dilakukan untuk bisnis beras modal kecil dan dengan lokasi yang berada di tengah perkotaan.

Harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan toko beras lainnya akan membuat toko beras Anda cepat ramai, apalagi jika beras yang Anda tawarkan sudah bersih, tentu pembeli akan semakin senang berbelanja di toko beras Anda dan tidak menutup kemungkina mereka akan mempromosikan lokasi toko Anda.

Menjaga pelayanan bisnis

Panduan bisnis beras berikutnya adalah menjaga pelayanan bisnis beras, setiap pembeli tentu akan lebih senang jika dilayani dengan ramah dan profesional. Pelayanan ramah, cepat dan profesional akan membuat toko Anda lebih mudah dikenal orang banyak, selain harga yang relatif murah keramahan dalam melayani konsumen bisa menjadi suatu faktor yang diperhatikan konsumen.

Untuk beras dengan penjualan ecer, pastikan timbangan beras dapat dilihat langsung oleh pembeli sehingga tidak ada kecurigaan dari pembeli terhadap Anda, yang bisa saja membuat pembeli tidak nyaman dan memutuskan untuk berhenti berbelanja di toko beras Anda

panduan bisnis beras

Strategi promosi

Bisnis beras sebenarnya adalah bisnis yang tidak begitu mengharuskan adanya strategi promosi khusus, karena beraas merupakan kebutuhan pokok sehingga setiap hari pasti akan banyak orang yang selalu mencari beras, kita hanya perlu menjaga kualitas pelayanan dan kualitas beras yang dijual.

Strategi promosi yang bisa dilakukan adalah membuat banner daftar harga yang semakin banyak orang melihat daftar harga beras yang Anda jual, karena beberapa orang calon pembeli sangat malas untuk menanyakan harga beras, akan sangat membantu jika mereka dapat melihat daftar harga beras dari jalanan saat mereka berkendara.

Demikian beberapa panduan bisnis beras yang dapat di lakukan, baca juga cara pemasaran produk ke supermarket

 


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.