Panduan Bisnis Dropshipping Untuk Pemula Cepat Sukses

bisnis dropshipping

Panduan Bisnis Dropshipping Untuk Pemula Cepat Sukses – Jika kita bertanya mengenai bisnis online tanpa modal, ada beberapa jalan untuk bisa memulainya. Bisnis online tanpa modal, bisa kita mulai dari bisnis jasa online, menjual jasa di online merupakan awal atau cara untuk memulai bisnis online dengan tanpa modal, cara lain adalah dengan bisnis dropshipping.

Bisnis dropshipping bekerja dengan keterlibatan 3 pihak, yang pertama adalah supplier, yang kedua pembeli dan yang ketiga adalah dropshipper. Dalam hal ini dropshipper hanya bertugas untuk mempromosikan produk, yang mengurus segala sesuatu adalah pemilik produk atau suplier.

Dropshipping biasanya dilakukan dengan peraturan pembayaran komisi tertentu, jadi suplier membatasi untuk menaikan harga sampai harga tertentu, atau dengan memberikan komisi langsung saat berhasil menjual produk tersebut.

panduan bisnis dropshipping

Namun ada juga suplier atau pemilik produk tidak memberikan batasan untuk menjual lagi dengan harga tertentu, sehingga kita bisa menjual produk dengan harga yang kita inginkan. Dalam bisnis dropshipping, seorang dropshipper hanya berusaha menjual produk sebanyak-banyaknya, yang mengatur pengiriman, stok barang dan lainnya akan ditangai oleh pemilik produk.

Cukup menarik bukan, berikut artikel ini akan membahas sedikit mengenai bagaimana melakukan bisnis dropshipping.

Panduan bisnis dropshipping untuk pemula cepat sukses

Cara kerja bisnis dropshipping

Sebelum melangkah mengenai cara memulai bisnis dropshipping, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara kerja bisnis dropshipping ini. Bisnis drophipping yang merupakan salah satu cara untuk memulai bisnis internet tanpa modal adalah bisnis yang dilakukan sebagai perantara.

Sederhananya bisa di jelaskan sebagai berikut:

  • Dropshipper mengambil atau mendaftar di pemilik produk
  • Dropshipper mencari pembeli
  • Pembeli transfer uang ke pada dropshipper
  • Dropshipper melakukan pembelian pada pemilik produk
  • Pemilik produk kirim barang kepada pembeli atas nama dropshipper

Sangat mudah dan menguntungkan bagi dropshipper, sekaligus juga dengan sistem ini kedua pihak bisa diuntungkan. Pihak pemilik produk dapat menjual lebih banyak produk dengan mudah, semakin banyak dropshipper semakin banyak pula produk yang bisa terjual.

 

Pilih produsen terbaik

Panduan bisnis dropshipping berikutnya adalah memilih pemilik produk atau produsen terbaik, pastikan produsen yang Anda pilih adalah produsen yang sudah terpercaya, berpengalaman dalam bisnisnya dan tidak mengambil keuntungan dari menjual langsung ke pembeli yang Anda dapatkan.

Pencarian produk yang terbaik ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan karena, bisnis dropshipping Anda akan semakin berkembang jika Anda bekerja sama dengan produsen yang terpercaya. Contoh sederhana jika, Anda berhasil menjual barang misalnya dengan ukuran dan warna tertentu, namun produsen salah mengirim barang. Tentu Anda sebagai penjual langsung ke pembeli akan mendapatkan komplain. Apalagi jika barang tersebut barang cukup mahal, Anda bisa dikatakan seorang penipu oleh pembeli

Untuk itu memilih produsen yang profesional dan pengalaman dalam bisnisnya adalah hal penting. Contoh lain juga adalah jika Anda berhasil membawa pembeli ke toko online atau produsen tersebut, namun di paket saat pengiriman produk tersebut, produsen hanya mencantumkan website resminya tentu ini akan merugikan Anda, dan membuat reputasi Anda akan turun.

Kemungkinan orang tidak akan membeli produk lain di toko online Anda, namun langsung berbelanja di website utama produsen

bisnis dropshipping

Promosi di marketplace

Setelah Anda mengetahui bagaimana bisnis dropshipping bekerja, Anda juga sudah mendapatkan atau memilih produsen yang terpercaya dan profesional, hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah dengam promosi produk dropshipping tersebut di berbagai tempat. Karena tugas utama dari dropshipper adalah menjual produk.

Salah satu cara berjualan yang bisa Anda manfaatkan adalah dengan menjual produk dropshipping di marketplace seperti BukaLapak atau Tokopedia. Dengan mempromosikan produk dropshipping di marketplace, Anda akan menghemat ratusan ribu atau bahkan jutaan dalam rupiah dalam kebutuhan promosi.

Karena beriklan di marketplace adalah salah satu solusi promosi gratis, meskipun dimarketplace biasanya terdapat fitur premium yang memungkinkan iklan kita lebih mudah untuk ditemukan oleh orang lain di marketplace tersebut.

Demikian beberapa cara dan panduan bisnis dropshipping, cara lain yang bisa Anda gunakan untuk berpromosi adalah melakukan promosi produk disosial media seperti facebook atau instagram. Baca juga panduan memulai bisnis di facebook.

Related Articles