10 Panduan Bisnis Makanan Untuk Pemula

panduan bisnis makanan

10 Panduan Bisnis Makanan Untuk Pemula – Kepada muda-mudi di tanah air yang kami cintai, sebuah pesan dan tips yang berisi petunjuk untuk kebaikan hidup anda di masa depan, akan kami jabarkan disini. Mudah-mudahan tulisan yang saya buat ini dapat membantu beberapa pihak yang sedang berniat menggeluti dunia bisnis di zaman yang memiliki tuntutan yang banyak dalam berbagai hal.

Kemudian saya berharap ini memiliki fungsi dan manfat yang sangat banyak bagi lingkup masyarakat muda utamanya, harapan saya semoga ini menjadi awal dan niatan yang dapat membantu semua pihak yang bersangkutan.

Sebenarnya apa yang akan dijelaskan disini, adalah untuk semua kalangan. Bukan hanya muda-mudi, yang sudah berumur agak banyakpun juga bisa. Bisnis tidak akan memandang usia sanak saudara sekalian. Kita banyak mendengar orang – orang yang berhasil dengan berbisnis, baik itu bisnis makanan, tekstil serta pecah belah dan banyak lagi.

Tetapi, kita juga banyak mendengar orang-orang yang mengeluh karena gagal dalam berbisnis dan setelah itu merelakan menjadi buruh karena pasrah bahwa tak ada yang dia bisa lakukan selain itu. Sayang sekali pemirsa, kita sangat menyayangkan orang – orang yang pesimis itu.

panduan bisnis makanan

Kalau memang kata – kata motivasi tidak cukup membantu, biarlah kita jabarkan disini. Dan karena memang sasarannya adalah orang – orang yang belum berbakat di bidang ini, kita akan memandu saudara – saudara sekalian untuk berbisnis dengan baik.

Dan bisnis yang sangat tepat adalah bisnis makanan karena makanan adalah kebutuhan pokok bagi kehidupan dan untuk persoalan bisnis tak mengharuskan untuk modal yang besar, dari bahanpun bisa dipilih bahan yang ada di dapur masing masing.

Untuk memulai, pertama tama anda harus memiliki keseriusan dan tekat yang kuat. Maka dari itu anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat hati-hati agar anda tidak mendapatkan keluhan-keluhan dari konsumen di kemudian hari. Inilah beberapa tips untuk saudara-saudari sekalian.

Panduan bisnis makanan untuk pemula

Niat

Kita semua sudah tahu kalau hendak melakukan sesuatu itu harus didasari dari Niat. Sama pula dengan berbisnis, Niat adalah awalan yang sangat penting. Untuk memulai sebuah bisinis anda harus memiliki niat dan kesiapan yang matang. Terutama kesiapan untuk menerima kegagalan. Tak semua orang dapat bangkit kembali setelah kegagalan maka dari itu anda harus mempersiapkannya sedini mungkin. Tapi jangan lupa anda harus memiliki sifat optimis dan positive thinking.

Pilihan item bisnis

Panduan bisnis makanan berikutnya adalah item bisnis. Memilih produk yang tepat untuk didagangkan sangatlah penting, apalagi yang berbentuk makanan anda harus memikirkan kapan tanggal kadaluarsanya, apakah bahan ini layak di buat suatu produk, apakah makanan ini bisa tahan lama, apakah makanan ini cocok untuk daerah tertentu, apakah selera pasar saat ini sesuai dengan pilihan dagangan anda, apakah makanan tersebut sehat, bermanfaat dan sebagainya.

bisnis makanan

Kemasan

Kemasan dagangan anda haruslah unik dan kreatif, yang berguna untuk menarik minat pembeli. Kalau dari kemasan saja tidak bisa menimbulkan rasa ingin memiliki atau mencicipi dagangan anda, hal ini bisa mengurangi keuntungan anda. Sekalipun produk yang anda jual benar benar enak. Tapi ketika kesan pertama saja sudah tidak ada maka hal itu akan menjadi sangat percuma. Jadi disini anda memang benar benar dituntut harus mengasah keterampilan dan kekreatifan anda sebagai penjual.

Menentukan harga jual

Untuk yang satu ini sangat perlu diperhitungkan. Jangan sampai kemahalan , jangan sampai juga terlalu murah. Sebenarnya untuk harga yang terlalu murah pun tidak apa apa tapi perlu juga melihat dari segi kualitas dagangan kita. harga yang mahal dengan kemasan yang biasa, dengan bahan yang murahan akan membuat konsumen memikir ulang untuk membeli dagangan anda. Juallah dengan harga yang standar dengan kualitas rasa dan kemasan yang memuaskan konsumen.

panduan bisnis makananMenetukan sasaran penjualan

Tidak semua produk makanan bisa tepat sasaran, jika ingin menjual sebuah produk makanan yang ngetrend, maka si penjual harus pintar-pintar memilih konsumennya. Contohnya jika si penjual menjual sebuah produk untuk program diet, maka sasarannya adalah para remaja, gadis serta ibu-ibu kekinian itu kan salah satu sasaran yang tepat. Beda dengan ketika anda menjual produk kecantikan kepada pemain sepak bola. Nah, maka dari itu sangat penting untuk menentukan sasaran terlebih dahulu.

panduan bisnis makanan pemula

Lahan jualan/promosi

Panduan bisnis makanan berikutnya adalah perhatikan lahan dan promosi. Untuk menarik perhatian banyak konsumen agar tertarik untuk membeli produk, banyak cara untuk lahan promosi salah satunya dengan cara memanfaatkan media sosial.

Penjual harus pintar-pintar menggunakan teknologi yang semakin canggih ini. Si penjual bisa membuat sebuah akun di sosial media yang khusus untuk menawarkan produknya. Kemudian rajin-rajinlah untuk memosting produk anda ke sosial media. Buat kata kata semenarik mungkin tentunya.

Diskon

Panduan bisnis makanan selanjutnya adalah strategi untuk memberikan diskon. Jika menyebut kata diskon maka tidak hanya seorang wanita saja yang akan tertarik, tapi semua kalangan pasti menginginkannya. Agar pembeli bisa mencicipi produk kita, maka pada bulan pertama berikanlah diskon atau harga yang murah. Jika harga murah maka pembeli akan tertarik untuk membelinya lagi, terlebih lagi jika produk makanan yang dijual sangatlah enak.

Jika pembeli sudah merasa ketagihan, selanjutnya di bulan selanjutnya bisa mengurangi jumlah diskon yang di tentukan, tentu tidak mengurangi kualitas rasa dari barang dagangan anda ya.

panduan bisnis makanan

Memastikan kualitas dan kuantitas

Panduan bisnis makanan selanjutnya adalah perharikan kualitas. Makanan yang enak pasti bakal di gandrungi oleh banyak orang. Oleh sebab itu buatlah produk makanan yang berkualitas, terutama dalam segi rasa. Karena kepuasan pembeli adalah kewajiban dari sang penjual.

Buatlah produk makanan anda menjadi produk yang mempunyai cita rasa tinggi yang akan membuat lidah para penikmatnya puas.ditambah lagi dengan variant yang berbeda beda.

Beda dari penjual biasanya, barang dagangan anda dituntut untuk tidak monoton apalagi sama dengan produk dagangan orang lain. Ini pun salah satu cara ampuh menggaet minat pembeli.

Membuat catatan pengeluaran dan pemasukan

Agar anda bisa tau apakah produk anda sudah menguntungkan apa belum, maka anda harus menuliskan setiap pengeluaran dan pemasukan produk. Sebelumnya anda harus menulis modal awal, kemudian bahan-bahan apa saja yang anda beli untuk membuat produk tersebut. Dan jika produk itu sudah laku maka tulislah berapa pendapatan anda di setiap harinya.gunanya untuk mengetahui apakah anda sudah berhasil atau belum. Dan juga, anda bisa tau ada berapa modal yang akan anda gunakan pada pembuatan produk berikutnya.

Menabung

Tentu saja anda akan memulai bisnis dengan segenap niat dan impian kan tentunya? Dan yang terakhir ini adalah jawaban dari salah satu impian anda yaitu menabung. Ya menabung. Mungkin bagi beberapa orang hal itu sangat sulit dilakukan bahkan ada juga yang tidak mengetahui apa manfaat dari menabung.

Tapi bagi pebisnis awal seperti anda hal ini menjadi sangat penting untuk usaha anda. Jika suatu hari di rasa modal anda sudah kembali, sisihkan uang pemasukan anda untuk tabungan di masa depan. Ya untuk itu tadi untuk impian yang sudah anda rangkai yang tentunya itu membutuhkan banyak biaya. Seperti contohnya mengembangkan usaha anda.

panduan bisnis makanan

Sebenarnya untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses, maka kita harus benar-benar mempunyai niat yang baik untuk memulai sebuah usaha. Kenapa demikian? Karena untuk mendapatkan sebuah keuntungan yang besar, banyak pengusaha yang bertindak curang.

Bahkan membohongi konsumennya. Seperti menjual makanan yang tidak layak untuk di makan, makanan yang di buat dari bahan-bahan yang berbahaya untuk di konsumsi dan masih banyak lagi. Dan harus siap menerima segala kekurangan menerima kritikan, itu sangat berguna untuk kemajuan usaha anda.

Oleh karena itu sebagai seorang pegusaha, terlebih lagi pengusaha makanan, maka kita harus benar-benar membuat konsumen puas dengan cita rasa produk kita. Supaya pembeli kita tidak lari ke penjual yang lain. Ingat! Kepuasan pelanggan adalah kewajiban bagi sang penjual.

Mungkin itu beberapa trik dari saya, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua. Dan yang terpenting adalah satu jangan lupa tersenyum itu adalah poin plus dari penjual untuk pembeli nya. selamat mencoba semoga kita semua berhasil.

Demikian panduan bisnis makanan untuk pemula. Baca juga panduan bisnis modal kecil

Related Articles