Panduan Bisnis Ikan Lele Mudah Untung Besar

panduan bisnis ikan lele

Panduan Bisnis Ikan Lele Mudah Untung Besar – Bisnis budidaya ikan adalah salah satu bisnis yang sangat menguntungkan, bisnis ini selalu banyak permintaannya. Didaerah tertentu di Indonesia lele menjadi salah satu menu lauk favorit. Jika Anda berada di kota yang memiliki banyak rumah makan menjual lele, kota tersebut sangat cocok untuk Anda mulai bisnis budidaya ikan lele.

Ikan lele sendiri adalah ikan yang bisa dibilang dapat hidup dalam kondisi yang mungkin ikan lain tidak dapat hidup, misalnya kepadatan atau kapasitas kolam kecil, dan pemberian pakan yang tidak harus dengan jenis pakan tertentu sehingga ikan lele cenderung lebih mudah untuk dibudidaya.

Bisnis ikan lele sendiri bisa menjadi 2 bagian yaitu bisnis pembibitan ikan lele yang bertujuan untuk menjual bibit atau benih ikan lele, dan juga bagian pembesaran yang akan dipanen ketika sudah cukup usia panen. Kedua jenis bisnis lele ini sangat menguntungkan jika ditekuni dengan baik.

Ikan lele juga memiliki kelebihan dapat menyerap makanan untuk perkembangan tubuhnya yang baik, sehingga dengan pakan yang cukup ikan lele akan lebih mudah besar dan siap dipanen. Dari beberapa kelebihan dari budidaya ikan lele diatas, tentu menarik untuk kita bisa mengetahui bagaimana cara berbisnis dan budidaya ikan lele. Berikut artikel ini akan membahas sedikit tentang budidaya ikan lele.

panduan bisnis ikan lele

Panduan bisnis ikan lele mudah untung besar

Tahap persiapan

Tahap persiapan adalah tahap dimana pencarian tempat atau kolam ikan lele yang sesuai. Penting untuk diperhatikan kebersihan air kolam, jangan sampai kolam mudah terceram pembuangan limbah pabrik atau limbah rumah tangga. Jika memungkinkan dibudidayakan di dataran tinggi yang jauh dari kemungkinan terkena limbah pabrik atau limbah rumah tangga.

Selain dari kualitas air, yang harus diperhatikan juga ditahap persiapan adalah ukuran kolam. Pastikan kolam bisa menampung ikan lele dengan cukup, meskipun ikan lele memang bisa hidup walaupun dalam kolam yang tidak luas, namun akan jauh lebih baik jika ukuran kolam disesuaikan dengan jumlah ikan yang akan dibudidaya.

Sementara untuk keadalaman kolam biasanya hingga 30 cm untuk 100 ekor ikan lele (tergantung dari lebar kolam). Apabila Anda ingin budidaya lele di kolam tanah, maka setelah penggalian biarkan tanah kolam kering terlebih dahulu. Bisa ditandai dengan retaknya tanah bagian bawah. Jika Anda menggunakan kolam terpal hal ini tidak diperlukan, hanya perlu memperkirakan dengan tepat kedalaman kolam ikan lele.

Tahapan awal budidaya

Sebelum ikan dimasukan kedalam kolam, bagi Anda yang berencana budidaya ikan lele dikolam terpal ada baiknya terpal dicuci terlebih dahulu, biarkan beberapa 3-4 hari kolam terpal di isi air sebelum di isi dengan ikan lele. Beberapa orang menambahkan daun-daunan seperti daun pepaya, untuk membuat kualitas air di kolam semakin baik.

panduan bisnis ikan lele

Selain itu cuci terpal dengan baik, pastikan untuk bau menyengat khas bau plastik terpal telah hilang sebelum diisi dengan ikan, hal ini biasanya dilakukan selama 2 minggu sampai bau khas terpal  ini hilang. Hal ini dilakukan agar kesehatan ikan lele tetap terjaga meskipun tidak menggunakan kolam tanah.

Pemberian pakan ikan lele

Hal penting lainnya dalam panduan bisnis ikan lele adalah pemberian pakan, normalnya ikan lele diberikan makan 3 kali sehari. Dengan kandungan protein dari makanan sebesar 3-4% dari ukuran berat ikan lele. Perlu diingat bahwa ikan lele memiliki sifat yang rakus, dan bisa makan dalam jumlah yang banyak, sehingga pemberian pakan yang tepat dalam jumlah dan waktu akan menghemat biaya pakan dan akan membuat pertumbuhan lele lebih optimal.

Dengan pemberian pakan yang teratur dan tepat, panen lele dapat dilakukan setelah berusia 2 bulan. Artinya jika kita memiliki  5 kolam saja, kita bisa panen lele 5 kali dalam setahun.

cara bisnis ikan lele

Promosi dan penjualan

Hal terpenting berikutnya dalam panduan bisnis ikan lele adalah promosi dan penjualan, idealnya sebelum bisnis ini Anda jalankan, ada baiknya Anda sudah survey lokasi atau tempat-tempat penjualan ikan lele. Sehingga setelah waktu panen tidak perlu lagi kebingungan untuk menjual hasil panen.

Anda mulai membangun jaringan bisnis ikan lele sejak pertama memulai bisnis ikan lele, sehingga untuk penjualan dan promosi akan jauh lebih mudah.

Demikian beberapa panduan bisnis ikan lele. Baca juga panduan bisnis ayam potong yang menguntungkan

Related Articles