5 Cara Bisnis Hasil Bumi Yang Menguntungkan Bagi Pemula – Dengan bertambahnya populasi penduduk, maka kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan pada institusi makin sempit. Kita sudah berada di satu zaman, dimana setiap individu harus memiliki keterampilan jika ingin ikut berpartisipasi dalam persaingan. Bagi yang tidak punya qualifikasi yang bagus tentunya an tergeser.

Dengan kondisi seperti ini, mau tidak mau, harus mengubah cara berfikir yang tadinya hanya terfokus menjadi pekerja di satu institusi menjadi pekerja yang mandiri. Dimanakah tempat untuk bekerja secara mandiri? Jawabannya adalah menjalankan usaha.

Tapi penting untuk diingatkan, mengelolah usaha memag bisa fleksibel tetapi kalau tidak dilakukan secara tekun hasilnya sama saja dengan nol. Ada banyak hal yang harus dipelajari sebelum melangkah untuk mendirikan satu usaha. Artikel kali ini akan membantu Anda bagaimana mengembangkan satu bisnis yang bergerak dibidang hasil bumi.

bisnis hasil bumi

Untuk memudahkan, disini akan diajukan satu usaha produk hasil bumi yang cocok Anda kelolah yaitu cabe rawit. Siapa yang tidak mengenal cabe rawit ? apalagi jika anda para penggemar makanan atau kuliner pedas, maka cabe rawit pastinya akan menjadi teman setia untuk membuat kuliner masakan yang pedas.

Cabe rawit seperti yang kita ketahui bersama telah menjadi salah satu bumbu dapur yang banyak masyarakat di Indonesia menjadikan komoditi pertanian yang wajib ada didapur mereka, baik itu para pecinta kuliner pedas maupun tidak.

Kepopuleran cabe rawit di tanah air ditambah lagi dengan ragamnya makanan khas tradisional tiap-tiap daerah yang menggunakan cabe rawit sebagai salah satu bahan utama dalam menjadikan makanan tersebut menjadi pedas dan menjadi lebih nikmat dan hot untuk dicicipi.

Peluang usaha hasil bumi cabai rawit memang hanya modal kecil saja sudah bisa tetapi jangan salah  untungnya sangat menggiurkan. Usaha budidaya cabai rawit adalah bisnis yang menguntungkan. Karena cabai rawit adalah salah satu bumbu masak yang wajib ada dan selalu di cari oleh ibu rumah tangga dan pengusaha – pengusaha kuliner. Sudah bukan berita baru lagi jika harga cabai setiap tahun cenderung naik.

bisnis hasil bumi

Tidak heran banyak petani yang memilih membudidayakan cabai. Intinya, Usaha hasil bumi cabe rawit bisa di jadikan sebagai ladang bisnis, apalagi di indonesia yang memiliki tanah yang subur. Budidaya cabai rawit tidak harus di lahan yang luas. Anda bisa menanam nya di polybag jika anda tidak memiliki lahan yang cukup. Kita juga bisa menanam nya di halaman rumah kita sehingga kita tidak perlu menyewa lahan yang pasti itu membutuhkan modal yang besar.

Saat ini harga cabe dipasaran kian memanas. Dengan situasi seperti ini, binis hasil bumi cabe rawit sudah pasti sangat menggiurkan apalagi keberadaan cabe sudah menjadi kebutuhan primer. Makan sepertinya kurang asyik tanpa kehadiran cabe di dapur. Cabe menjadi bumbu dapur yang wajib ada di dapur orang Indonesia.

Pasalnya, sebagian besar orang Indonesia menyukai rasa pedas dari masakan. Pun mereka yang tidak suka dengan rasa pedas tetap membutuhkan cabe ini sebagai pelengkap masakan. Artinya, cabe tetap dibutuhkan oleh setiap keluarga baik dalam jumlah kecil maupun besar.

cara bisnis hasil bumi

Maka dari itu, membudidayakan cabe tidak akan membuat kita rugi, justru malah untung. Untuk membudidayakan tumbuhan hijau dengan hasil panen yg dilakukan secara bertahap ini, silahkan ikuti panduannya secara detail. Biar cara mengelolah bisnis anda nanti bisa jelas dan ditunggu para konsumen di pasar.

Beberapa para pelaku pernah menuturkan bahwa budidaya cabai bisa dengan modal kecil menggunakan polybag dan proses pengelolahannya tidak rumit. Anda bisa mempelajarinya lewat internet, buku-buku dan bahkan bisa bertanya pada petani nya langsung.

Usaha budidaya hasil bumi  cabai rawit memang sangat menggiurkan karena harganya yang selalu naik, namun anda juga harus memperhatikan pada kondisi cuaca. Karena cuaca menetukan tingkat pertumbuhan cabai rawit. Banyak yang mengalami gagal panen lantaran faktor cuaca, akibat nya permintaan terhadap cabai tidak bisa terpenuhi dan menyebabkan harga nya naik.

5 Cara Bisnis Hasil Bumi Yang Menguntungkan Bagi Pemula

Benih yang bagus

Cara bisnis hasil bumi berikutnya adalah pemilihan benih yang baik.Setiap ingin mengelolah usaha yang beasal dari tumbuhan berupa sayuran atau buah-buahan, ha pertama yang selalu menjadi proritas perhatian adalah pemilihan benih atau bibit. Pemilihan benih ini adalah hal yang penting, karena ini akan berpengaruh pada saat panen. Pilihlah benih yang berkualitas. Pemilihan bibit ini dilakukan sebelum penyemaian. Pilih benih cabai yang tua dan sehat bebas dari hama.

bisnis cabe rawit

Kemudian jemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering. Saran saya pilihlah benih varietas unggul agar lebih menjanjikan saat masa panen. Langkah pertama yg pasti harus Anda lalui adalah membuat bibit cabe rawit. Bibit rawit sendiri berasal dari biji cabe jenis rawit yg sudah tua. Biasanya diambil saat panen keempat hingga keenam. Hal pertama yg tidak kalah penting dalam pembuatan bibit adalah bagaimana Anda memilih biji cabe jenis rawit dari tumbuhan yg sehat juga unggul.

Kemudian, Anda bisa merendam biji tersebut di dalam air. Biji yg ada di bagian bawah (di dasar) merupakan biji yg baik. Sementara biji yg terapung atau melayang di air harus dibuang karena bukan bibit yg baik. Setelah didapatkan bibit yg baik, keringkan bibit tersebut hingga benar-benar kering (di bawah panas matahari).

Menyemai Benih

Jika anda sudah memilih bibit atau benih terbaik langkah selanjutnya adalah menyemai benih. Sebelum di tanam di polybag sebaiknya benih di semaikan terlebih dulu. ini berfungsi agar pertumbuhan tanaman maksimal. Penyemaian ini bisa anda lakukan pada polybag atau baki dan bisa juga menggunakan petakan tanah. Setelah biji cabai berkecambah dan keluar daun selanjut nya anda sudah bisa melakukan proses penanaman.

Area dan Proses Penanaman

Cara bisnis hasil bumi berikutnya adalah pola tanam. Lokasi penanaman harus sudah siap sebelum cabai di tanam, kira – kira 2 minggu sebelum waktu tanam. Bahan yang di butuhkan untuk area penanaman cabai adalah tanah gembur, pupuk kompos, dan pupuk kandang kemudian di campur dan di masukan dalam polybag. Untuk proses penanaman ada beberapa langkah yang harus anda perhatikan seperti membuat lubang di bagian tengah media tanam, ukurannya lebih besar dari bibit tadi.

bisnis polybag

Mendorong bibit dari bawah polybag untuk membuka plastik bibit, hati – hati jangan sampai merusak bibit, jika sudah masukan bibit cabe ke dalam lubang yang sudah di buat tadi. Jika semuanya sudah selesai timbun dengan bekas tanah sisa pembuatan lubang tadi. Dan jangan lupa menyiram media tanam tersebut dengan air sampai rata.

Perawatan

Cara bisnis hasil bumi berikutnya adalah perawatan hasil bumi. Perawatan hal terpenting bagi satu jenis sayur-sayuran atau buah-buahan. Dengan membiarkannya begitu saja tanpa ada perhatian tanama ini pasti tidak tumbuh dengan baik. Untuk memasatikan pertumbuhan dan kondisi tanaman cabai anda, anda harus melakukan beberapa proses seperti pemupukan, pemupukan ini bisa anda lakukan dengan menggunakan pupuk organik cair yang di semprotkan pada tanaman saat mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan buah dan daun.

Kemudian anda harus melakukan penyiraman, proses ini harus anda lakukan sekurang kurang nya 3 hari sekali. Tergantung pada cuaca, jika cuaca terik maka anda bisa menyiramnya setiap hari namun tetap tidak boleh berlebihan.

perawatan hasil bumi

Proses yang anda lakukan adalah penanggulangan hama, gunakan anti hama alami dan jangan menggunakan pestisida jika dirasa belum begitu membutuhkan. Apabila tanaman cabe rawit anda terkena hama, anda dapat segera memisahkan tanaman yang terkena hama dan dikumpulkan lalu dibakar, adapun untuk pencegahan hama anda dapat menggunakan pestisida, fungisida, dan lainnya sesuai dengan hama yang menyerang tanaman cabe rawit anda.

Masa Panen

Kebahagiaan para petani muncul ketika tanamannya yang sudah lama dirawat siap dipanen. Masa panen adalah masa yang di tunggu – tunggu oleh semua petani. Anda bisa memanen cabai sejak 2 bulan masa penanaman. Dan waktu terbaik memanen cabai adalah saat warna cabai belum sepenuhnya merah atau masih ada bagian yang berwarna hijau.

panen cabe rawit

Kira-kira seperti itulah gambaran mengenai cara bisnis hasil bumi cabe rawit dengan modal kecil menggunakan polybag. Saatnya mencoba, Anda tidak perlu khawatir tentang modal dan lahan. Jika anda mau berinovasi maka segalanya bisa anda jadikan sebagai bisnis. Semoga artikel kali ini bisa memberikan manfaat bagi anda yang membutuhkannya. Baca juga cara bisnis ikan nila


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.