3 Panduan Bisnis Ebook Mudah Bagi Pemula  – Salah satu model dari bisnis online adalah pemasaran produk digital, dan bentuk-bentuk dari produk digital salah satunya adalah ebook,  membuat ebook bisa dibilang cukup mudah bahkan untuk pemula sekalipun. Bisnis ebook adalah bisnis yang sangat menjanjikan.

Semua orang bisa mulai berbisnis ebook, selagi ada keahlian khusus yang kita miliki kita bisa membuat bisnis ebook dengan menjual keahlian tersebut. Hanya dengan mengemas keahlian kita dalam bentuk panduan, dan dijadikan sebuah ebook kita bisa langsung menjual di marketplace dan berpotensi menghasilkan jutaan rupiah dari bisnis ebook.

Saat ini di Indonesia bisnis ebook kita bisa kita pasarkan di marketplace, salah satu marketplace produk digital di Indonesia adalah ratakan.com. Jika beberapa tahun lalu  membuat bisnis ebook cukup sulit untuk memasarkannya, harus bersaing di hasil pencarian google, namun kali ini bisnis ebook bisa dapat lebih mudah untuk menghasilkan karena bantuan marketplace ini.

panduan bisnis ebook

Memulai bisnis ebook tidak selamanya harus memiliki keahlian khususu, bagi Anda yang belum menginginkan membuat ebook dengan keahlian Anda. Anda bisa memulai bisnis ebook dengan menjual panduan orang lain, atau menjual ebook orang lain. Memanfaatkan sosial media dan berbagai macam cara marketing di internet Anda sudah bisa menghasilkan uang dari bisnis ebook.

Lebih jelasnya akan kami bahas secara singkat di artikel ini, panduan bisnis ebook yang menguntungkan.

Panduan bisnis ebook bagi pemula

Persiapan ebook

Ebook adalah buku elektronik, dikatakan buku elektronik karena susunan dari halaman dan lainnya menyerupai buku, yaitu terdapat pengantar, daftar isi, pembahasan dan lainnya. Meskipun beberapa ebook membahas suatu materi dengan lebih santai tanpa terkesan seperti buku.

Cara membuat ebook cukup mudah, karena hanya perlu menuliskan di ms. word atau software olah kata lainnya kemudian di konversi menjadi PDF, ebook sering kali berformat PDF meskipun tidak harus. Jauh lebih mudah tentunya jika kita menggunakan format file yang universal seperti PDF untuk ebook.

panduan bisnis ebook

Menulis ebook bisa dimulai dari profil penulis, dan pembahasan apa saja yang akan didapatkan dari ebook tersebut. Semakin terstruktur dalam tahapan belajar tentu akan semakin baik. Bisnis ebook ini bisa dilakukan oleh semua pemilik keahlian, tidak harus selalu keahlian dibidang internet marketing atau yang berhubungan dengan komputer. Bisnis ebook bisa dilakukan oleh semua keahlian seperti keahlian budidaya, membuat busana, menanam dan lain sebagainya.

Untuk itu bagi Anda yang memiliki keahlian apa saja yang Anda ahli dan bisa berguna bagi orang lain, Anda bisa mulai membuat bisnis ebook.

panduan bisnis ebook

Membuat website promosi

Selanjutnya untuk bisa menjual ebook, kita membuat sebuah website promosi atau yang biasa di sebut sales page. Membuat website promosi ini juga tidak begitu sulit, kita cukup membuat sebuah halaman yang bertuliskan, siapa diri kita (pemilik bisnis ebook) apa yang akan mereka dapatkan, kenapa harus mereka membeli panduan Anda, dan testimoni jika ada.

Memiliki testimoni untuk bisnis ebook Anda sangatlah penting agar bisa meningkatkan konversi penjualan. Bagi Anda yang belum memiliki testimoni, Anda bisa menawarkan produk tersebut gratis kepada orang-orang terdekat, minta pendapat mereka mengenai panduan yang Anda buat, jika memang panduan tersebut sangat lengkap tentu mereka akan dengan senang hati memberikan testimoni terserbut.

Gunakan testimoni mereka dan masukan kedalam sales page Anda. Untuk pembuatan website Anda bisa menggunakan wordpress dan plugin landingpress, profitbuilder, instabuilder dan lainnya untuk membuat website sales page jauh lebih mudah, karena hanya membutuhkan drag and drop object tanpa pusing dengan coding website.

Tenik promosi bisnis ebook

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, saat ini bisnis ebook bisa lebih mudah untuk sukses karena terdapat marketplace khusus produk digital di Indonesia. Dengan menjual produk dimarketplace kita akan semakin mudah mendapatkan penjualan.

Jika kualitas ebook kita sangat baik, banyak orang dengan senang hati akan membantu mempromosikan bisnis kita, tentu mereka akan mendapatkan komisi sekian persen yang akan kita atur pembagiannya di marketplace ratakan ini. Memanfaatkan marketplace ini akan jauh lebih cepat dan menguntungkan bagi kita dalam menjalankan bisnis ebook.

Demikian panduan bisnis ebook bagi pemula yang menguntungkan. Baca juga cara berjualan secara online


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.