5 Panduan Bisnis Cuci Motor Modal Kecil Cepat Sukses – Salah satu bisnis yang bisa dilakukan dengan modal kecil dan sangat menguntungkan adalah bisnis cuci motor, bisnis ini meskipun terlihat sederhana hasil yang didapatkan bisa besar. Dengan pertimbangan pengguna kendaraan motor disetiap kota semakin meningkat, dan kebersihan motor adalah hal yang sangat penting dijaga.

Menjalani bisnis cuci motor harus memperhatikan pelayanan dan kebersihan dalam pencucian, karena beberapa bisnis cuci motor biasanya tidak memperhatikan pelayanan dengan baik, sehingga sangat jarang orang yang mencuci motor sampai berkali-kali di tempat tersebut.

Salah satu hal yang sangat erat dengan pelayanan adalah ruang tunggu dari tempat cuci motor, ruang tunggu haruslah di buat senyaman mungkin agar pelanggan yang sedang menunggu motor kesayangannya di cuci tidak merasa bosan, buat pelanggan tersebut sangat menyukai ruang tunggu dari bisnis Anda, sehingga saat terpikir akan mencuci motor, mereka teringat ruang tunggu dari bisnis cuci motor Anda dan lebih besar kemungkinan mereka akan mendatangi bisnis Anda.

panduan bisnis cuci motor

Selain dari pelayanan tersebut, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan dalam pencucian motor. Berikut aritkel ini akan membahas secara singkat.

Panduan bisnis cuci motor modal kecil cepat sukses

Modal bisnis

Sesuai judul artikel ini adalah modal kecil dari berbisnis cuci motor. Bisnis cuci motor dapat dilakukan meskipun hanya dengan modal kecil, modal yang dibutuhkan adalah alat pencucian seperti semprotan air dan busa sabun. Untuk hal-hal lain seperti fasilitas di ruang tunggu bisa di rencanakan nanti jika bisnis Anda sudah mulai banyak pelanggannya.

Setelah bisnis cuci motor Anda mulai ramai, barulah kemudian memikirkan bagaiamana decor dan fasilitas kenyamanan lainnya dalam ruang tunggu. Yang terpenting walaupun dengan modal kecil, kualitas dari pencucian tidak boleh dianggap remeh, kualitas pencucian motor harus tetap dijaga, kebersihan dalam mencuci akan menjadi kunci utama bisnis ini.

bisnis cuci motor

Memilih tempat yang strategies

Bisnis cucian motor akan jauh lebih menguntungkan jika memiliki tempat strategies seperti di daerah perkotaan dan dekat dengan akses jalan utama kota, sehingga akan lebih mudah untuk dilihat banyak orang yang melintasi jalan tersebut.

Apabila lokasi pribadi atau tempat tinggal Anda tidak begitu strategies untuk membuka bisnis cucian motor ada baiknya untuk melihat lokasi bisnis yang lebih strategis yang memungkinkan untuk disewakan.

Segera mengambil kesempatan untuk menyewa tempat strategis untuk bisnis cuci motor Anda. Tentu dengan prtimbangan harga sewa dari lokasi tersebut.

Karyawan yang terampil

Mencuci kendaraan seperti motor, terlihat sederhana namun jika karyawan tidak memliki keterampilan dalam mencuci tentu akan menjadi kendala tersendiri. Kebersihan dari hasil cucian motor akan menjadi suatu standar dari pelanggan, semakin bersih semakin besar pula kemungkinan orang-orang akan mempromosikan bisnis cuci motor Anda.

Untuk itu merekrut karyawan yang memiliki keterampilan dalam mencuci kendaraan adalah satu hal yang wajib untuk dilakukan, jika ternyata setelah perekrutan karyawan ada beberapa karyawan cuci motor yang mengerjakan tugasnya dengan tidak baik, bisa dilakukan training terlebih dahulu ataupun jika tetap melakukan pekerjaanya dengan tidak benar, maka langsung saja mengambil tindakan tegas yaitu pemberhentan karyawan tersetbu.

Demi menjaga nama baik bisnis, tentu kualitas kebersihan cucian motor harus sangat di jaga.

panduan bisnis cuci motor

Pelayanan yang ramah

Standar pelayanan yang ramah juga perlu diperhatikan karena jika pelayanan tidak ramah tentu banyak orang yang tidak merasa nyaman untuk menunggu dan menggunakan jasa pencucian motor Anda. Pelayanan ramah bukan hanya dari karyawan yang bertugas di kasir, namun juga bagi karyawan yang mencuci motor.

Tidak jarang pemilik motor memberikan perminataan khusus dalam memperlakukan motornya, jika hal ini dilayani dengan tidak baik tentu akan membuat pelanggan tidak nyaman. Hal ini akan memungkinan pelanggan tersebut tidak akan memilih lagi jasa pencucian motor Anda.

Promosi yang tepat

Panduan bisnis cuci motor berikutnya adalah pembahasan tentang cara promosi yang tepat, sebenarnya bisnis cuci motor ini tidak dilakukan promosi yang massive tetap akan memiliki banyak pelanggan, yang terpenting kebersihan dan kualitas pelayanan selalu dijaga.

Namun tidak ada salahnya untuk meningkatkan penghasilan dengan semakin gencar melakukan promosi bisnis, dan salah satu yang paling potensial adalah mempromosikan bisnis di media sosial.

Demikian panduan cara bisnis cuci motor. Baca juga cara memulai bisnis di facebook


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.