Panduan Bisnis Butik Rumahan Yang Menguntungkan! – Memulai bisnis tidak harus memiliki tempat yang besar atau ruko di daerah pertokoan, tetapi memulai bisnis bisa dilakukan meskipun hanya menggunakan bagian ruangan rumah, dengan demikian akan menghebat puluhan juta untuk sewa ruko atau bahkan ratusan juta untuk membangun sendiri ruko khusus daerah perkotaan.

Bagian ruangan rumah bisa disulap menjadi butik untuk bisnis rumahan yang menguntungkan, bisnis butik rumahan adalah salah satu bisnis yang bisa dilakukan oleh siapa saja, dan bisa dimulai tanpa modal yang besar. Meskipun demikian bisnis rumahan tetap harus diperlakukan seperti bisnis lainnya, yaitu dengan ketekunan dan keseriusan.

panduan bisnis butik

Berikut artikel ini akan membahas tentang panduan bisnis butik rumahan yang menguntungkan

Panduan bisnis butik rumahan yang menguntungkan

Mencari suplier utama

Paduan bisnis butik pertama adalah, mencari dan menemukan suplier utama, dengan mencari suplier yang tepat bisnis kita akan mendapatkan lebih banyak keuntungan, karena suplier yang tepat akan membuat kualitas butik kita menjadi sangat mudah dikenal banyak orang

Selain dari kualitas produk dari suplier, kita juga perlu mempertimbangkan harga yang terjangkau saat kita mengambil barang atau produk tersebut, sehingga kita bisa menjual dengan harga yang sedikit lebih tinggi dan mengambil untung dari selisih tersebut, dengan demikian meskipun bisnis butik kita hanya butik rumahan namun bisa memberikan penghasilan yang besar.

panduan bisnis butik

Mengamati pesaing

Salah satu cara agar memenangkan persaingan bisnis adalah dengan mengamati pesaing, jika Anda ingin membuka bisnis butik, Anda bisa mengamati bisnis butik yang ada di kota Anda. Hal ini akan sangat membantu jika Anda belum memiliki pengalaman dalam menjalankan bisnis butik.

Yang perlu diperhatikan adalah, bagaimana strategi penjualan dan pelayanan yang dilakukan. Jika memungkinkan untuk mengetahui kisaran harga jual dari butik-butik pesaing akan jauh lebih baik, sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk harga jual di butik kita.

Tentu butik yang harganya terlampau mahal dengan butik-butik lainnya akan membuat butik tersebut sepi pengunjung, sebaliknya jika harga bisa dibawah dari harga pesaing lainnya namun dengan kualitas sama tentu akan mengundang lebih banyak orang agar berbelanja di butik tersebut.

Mempersiapkan ruangan butik

Hal lain yang tidak kalah penting dan menjadi strategi dari bisnis butik rumahan adalah dengan mempersiapkan ruangan butik, karena bisni butik yang akan dibangun adalah bisnis butik rumahan maka ruangan rumah harus di persiapkan. Jika memungkinkan untuk membuat ruangan khusus dari pekarangan rumah akan jauh lebih baik, namun jika harus memanfaatkan bagian rumah juga tidak mengapa.

Yang harus diperhatikan adalah membuat ruangan butik senyaman mungkin, misalnya warna yang lebih cerah dan juga suasana ruangan yang lebih menyenangkan yang dapat membuat orang lain betah untuk berbelanja.

cara bisnis butik

Melakukan promosi dan strategi marketing

Panduan bisnis butik berikutnya adalah melakukan promosi bisnis butik, saat ini teknik promosi yang efektif dan murah adalah teknik promosi menggunakan media sosial dan juga website. Jika Anda mahir dalam menggunakan media sosial, Anda bisa mulai memanfaatkan media sosial Anda sebagai strategi pemasaran produk yang ada di butik.

Untuk mendapatkan perhatian yang baik dari calon pembeli, pemasaran di media sosial harus menggunakan kualitas foto produk yang baik. Kualitas foto produk yang baik tentu akan semakin membuat orang untuk minat berbelanja produk tersebut. Akan sangat baik jika menggunakan kamera profesional bukan menggunakan kamera smartphone

Background dari foto produk juga bisa menjadi salah satu hal yang mempengaruhi minat orang lain untuk berbelanja, sehingga pastikan berusaha membuat foto-foto produk lebih menarik.

Cara lain selain dari beriklan dan berpromosi di media sosial, adalah dengan membuat sebuah website jualan dan menargetkan ranking di kata kunci tertentu untuk menargetkan lokasi daerah dan juga kota Anda. Sehingga ketika orang lain mengetikan dan mencari butik di google yang ada di kota Anda, harapannya website Anda akan muncul di halaman satu google dan mendapatkan konversi penjualan.

Jika pembeli berada di luar kota, proses paket produk juga akan mempengaruhi keinginan pembeli dan calon pembeli untuk tertarik memesan produk butik di toko Anda.

Demikian beberapa panduan bisnis butik rumahan yang menguntungkan, semoga bermanfaat. Baca juga cara berjualan secara online

 


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.