4 Panduan Bisnis Batu Akik Cepat Laris dan Menguntungkan

panduan bisnis batu akik

4 Panduan Bisnis Batu Akik Cepat Laris dan Menguntungkan – Salah satu batuan yang paling banyak peminatnya untuk dijadikan perhiasan adalah batu akik, batu akik adalah jenis batuan mulia yang akhir-akhir ini memiliki banyak peminat, dari ujung timur sampai ujung barat Indonesia memiliki penggemar dan mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat.

Dengan banyaknya permintaan dan para kolektor sekaligus pengguna batu akik, bisnis batu akik menjadi salah satu pilihan bisnis yang menjanjikan saat ini, bisnis batu akik adalah salah satu bisnis yang memiliki pasar tersendiri. Dalam tren-tren tertentu harga dari batu mulia ini akan melonjak tinggi, membuat banyak orang berusaha dan berburu batu akik.

Masih segar di ingatan kita beberapa tahun sebelumnya banyak orang yang kaya mendadak akibat dari berbisnis batuan mulia ini. Dengan bermodalkan kekuatan fisik untuk mengambil batu mulia ini di lokasi pedalaman hutan, seseorang sudah bisa mendapatkan jutaan rupiah bahkan sampai puluhan juta rupiah untuk jenis-jenis batuan tertentu.

panduan bisnis batu akik

Meskipun saat ini pasar atau tren batu akik tidak seheboh beberapa tahun terakhir, namun bukan berarti bisnis batu akik tidak menguntungkan lagi, bisnis ini masih terus ada pasar dan permintaannya. Terbukti beberapa toko online raksasa dunia memiliki kategori batu mulia dalam pasar mereka. Yang perlu diperhatikan saat pasar batu akik tidak seramai dulu adalah bagaimana cara promosi produk-produk batu akik.

Selain itu bagaimana cara inovasi produk yang bisa membuat orang semakin suka dan tertarik untuk memiliki batu akik yang kita jual. Berikut artikel ini akan membahas sedikit mengenai panduan bisnis batu akik.

Panduan bisnis batu akik cepat laris dan menguntungkan

Pilih jenis batuan

Salah satu yang mempengaruhi harga batu akik adalah dari jenis batuan yang dipasarkan, jenis batuan ini akan mempengaruhi bagus tidaknya corak dan warna dari batu akik. Beberapa orang sangat menyukai warna dari jenis batuan tertentu, sehingga bagi Anda pebisnis batu akik wajib rasanya untuk mengetahui jenis dari batu akik yang memiliki pasar dan permintaan yang tinggi.

Pilih jenis batuan yang memiliki pasar dan permintaan nasional yang bagus, misalnya jenis batu bacan yang beberapa tahun terakhir memang banyak diminati orang-orang, bukan hanya dari daerah tempat batu tersebut berada, namun juga sebagian wilayah-wilayah di Indonesia sangat menyukai warna dan bentuk dari batuan ini.

Berjualan jenis batu akik yang memiliki peminat nasional juga akan sangat menguntungkan saat menjual batu akik tersebut di pasar online.

panduan bisnis batu akik

Teknik produksi batu akik

Batu akik akan sangat menarik jika batu ini benar-benar memiliki corak dan warna yang menarik, sehingga teknik memotong dan mengambil serat warna dan corak-corak tertentu menjadi tantangan tersendiri dalam memproduksi sebuah batu akik.

Batu akik dengan corak-corak yang unik akan mempengaruhi harga jual dari batu akik tersebut, terlebih lagi jika diproduksi menjadi cincin. Seperti halnya beberapa tahun lalu ada cincin batu akik yang bisa laku dengan harga yang fantastis yaitu hingga 5 milyar, karena terdapat keunikan dan corak yang terdapat dalam batu tersebut.

Berinovasi dengan bentuk

Kebanyakan cincin batu akik berbentu bulat atau oval, hanya perbedaan pada ukuran saja. Namun pernahkah terpikir untuk memproduksi bentuk-bentuk lainnya dari batu akik?

Misalnya berbentuk segi lima, kotak, ataupun bentuk lainnya yang bisa menjadi nilai jual lebih dari bentuk-bentuk bulat oval yang biasanya ada. Produksi dari batu akik juga bisa dilakukan inovasi, tidak hanya untuk cincin namun juga bisa digunakan untuk kalung, ataupun gelang atau mungkin juga untuk hiasan lampu dinding.

Inovasi produk akan menambah nilai jual dari produk tersebut.

panduan bisnis batu akik

Cara pemasaran

Jika selama ini Anda memasarkan produk batu akik hanya di toko pinggiran jalan, atau juga menjual kepada pengepul. Cobalah untuk membuat website promosi bisnis batu akik Anda, atau juga dengan menjualnya di marketplace seperti BukaLapak, Tokopedia dan lainnya. Memanfaatkan marketplace dan kekuatan internet marketing akan semakin membantu bisnis batu akik Anda berkembang pesat dan berpotensi memperoleh keuntungan yang besar.

Demikian beberapa panduan bisnis batu akik yang bisa Anda praktekan. Baca juga cara berjualan secara online

Related Articles