Cara Promosi Nasi Kotak Agar Cepat Laris dan Terkenal

cara promosi nasi kotak

Cara Promosi Nasi Kotak  Nasi kotak adalah salah satu menu favorit dan praktis yang biasa dihidangkan dalam acara-acara besar, hampir tidak ada acara besar yang melewati waktu makan misalnya jam 1 siang atau jam 7 malam yang tidak menghidangkan nasi kotak pada peserta acara. Sehingga bisnis nasi kotak adalah salah satu bisnis yang segar dan layak untuk ditekuni. Dengan keahlian memasak dan keuletan dalam menjalankan bisnis ini, bukan tidak mungkin omzet bisnis bisa sampai puluhan juta perbulan.

Tantangan berikutnya adalah bagaimana mempromosikan bisnis ini agar cepat laris dan semakin banyak orang yang tertarik untuk memesan nasi kotak yang kita pasarkan. Mengingat ada banyak orang yang menggeluti bisnis ini, bahkan untuk di kota kabupaten sekalipun bisnis nasi kotak bisa memiliki persaingan yang ketat. Selain dari meningkatkan kualitas makanan, dan pelayanan. Strategi promosi juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab keberhasilan bisnis termasuk bisnis nasi kotak.

cara promosi nasi kotak

Berikut artikel ini akan membahas sedikit tentang bagaimana bisnis nasi kotak ini bisa dimaksimalkan dengan strategi promosi. Meskipun beberapa strategi promosi disini hanya sebagian saja yang dibahas, namun semoga dengan beberapa strategi promosi bisnis nasi kotak disini bisa membuat bisnis nasi kotak yang Anda tekuni akan semakin maju dan sukses.

Sebarkan Informasi Pada Warga Sekitar

Cara promosi nasi kotak yang pertama adalah promosi di warga sekitar. Inilah salah satu cara yang harus anda lakukan untuk memulai. Sebarkan informasi kepada orang – orang di sekitar bahwa anda menerima pesanan nasi kotak. Jadi kalau seandainya ada acara ataupun perkumpulan yang membutuhkan konsumsi dengan jumlah banyak, pastilah langsung mengarah pada anda.

cara promosi nasi kotak

Pasang Iklan Di Koran

Cara promosi nasi kotak  berikutnya adalah koran. Koran memang bukan lagi media promosi atau media berita yang populer seperti zaman tahun 90an, namun bukan berarti koran tidak lagi menjadi sebuah tempat promosi yang tepat. Masih banyak orang yang menyempatkan waktu untuk membaca koran, sehingga jika iklan bisnis Anda tampil disalah satu media masa ini, tentu semakin banyak orang yang akan mengenal bisnis Anda. Jangan lupa untuk selalu gunakan bahasa iklan yang menarik dan profesional, sehingga orang yang membaca akan semakin tertarik dengan bisnis nasi kotak yang Anda promosikan.

cara promosi nasi kotak

Menyebar Katalog dan Iklan Produk Anda

Katalog menu penting untuk dimiliki, Anda bisa gunakan jasa sebar brosur untuk menyebarkan katalog menu bisnis nasi kotak Anda, gunakan desain katalog yang menarik dengan foto menu yang profesional, semakin baik kualitas brosur dan katalog akan semakin menarik perhatian konsumen. Sebarkan di banyak tempat, misalnya jika ada suatu event tertentu dan memang panitia even membolehkan untuk menyebar brosur, Anda bisa menyebarkannya sendiri atau dengan menggunakan jasa sebar brosur yang biasanya sudah tersedia di berbagai kota-kota besar. Pastikan untuk masuk di even yang tepat, misalnya even kuliner, atau even lainnya yang memang masih relevan dengan bisnis nasi kotak Anda.

Mendatangi Calon Konsumen

Tidak selalu konsumen yang harus mendatangi kita, terkadang untuk mempercepat bisnis kita perlu mendatangi konsumen. Untuk bisnis nasi kotak calon konsumen atau partner yang bisa kita datangi adalah pemilik bisnis event organizer yang biasanya memang membutuhkan nasi kotak untuk jeda makan siang dari even yang mereka adakan. Atau pemilik hotel-hotel yang memiliki gedung serba guna. Yang pasti akan membutuhkan makan siang atau malam, sehingga nasi kotak akan menjadi solusi bagi mereka. Jika bisnis nasi kotak Anda profesional tentu tidak ada alasan bagi calon konsumen untuk menolak. Untuk itu buat kesan yang profesional saat mendatangi calon konsumen.

cara promosi nasi kotak

Menjaga Hubungan

Salah satu hal yang sangat penting dalam menjaga bisnis agar tetap berjalan dengan baik, adalah dengan menjaga hubungan baik dengan banyak orang, baik itu konsumen maupun partner bisnis. Perlu selalu diingat bahwa bisnis kita tidak mungkin akan selalu berada di puncak kejayaan, dengan selalu menjaga nama baik, kita akan selalu punya kolega bisnis yang bisa jadi selalu membantu kita saat kita membutuhkan masukan atau bahkan bantuan secara langsung dalam mempertahankan bisnis kita agar selalu tetap berjalan dengan baik.

 

Menggunakan Media Sosial

Cara promosi nasi kotak  promosi di sosial media. Sosial media adalah sebuah media yang benar-benar maksimal untuk digunakan promosi, Anda bisa menggunakan facebook, instagram atau twitter dalam mempromosikan produk bisnis nasi kotak. Gunakan foto-foto yang profesional dan selalu update informasi terbaru. Jangan lupa untuk memaksimalkan dengan menggunakan hashtag dan juga target lokal bisnis Anda. Misalnya bisnis Anda berada di surabaya, maka Anda harus terus mencari target pengguna sosial media di kota Surabaya untuk berinteraksi dengan Anda.

Menggunakan sosial media juga bisa dengan cara beriklan, misalnya dengan menggunakan facebook ads yang mana dengan fb ads Anda bisa menargetkan audiens tertentu misalnya kota Anda, atau minat tertentu sehingga iklan Anda akan tampil pada pengguna yang tepat dengan cara ini biaya iklan juga tidak terbuang percuma. Karena biaya iklan hanya keluar untuk target yang tepat sesuai dengan lokasi bisnis Anda.

cara promosi nasi kotak

Selain FB ads, Anda juga bisa berikan di instagram, saat ini instagram menjadi salah satu sosial media yang sangat bagus untuk digunakan promosi bisnis, selain dengan cara gratis yaitu dengan posting foto-foto produk Anda juga bisa menggunakan fitur instagram ads, dengan menggunakan instagram ads ini iklan bisnis Anda akan lebih cepat terkenal dan tersebar dibanyak penggunak instagram sesuai dengan target bisnis Anda

Kerjasama dengan Pemilik EO

Cara promosi nasi kotak  kerja sama dengan pemilik bisnis EO. Akan sangat menyenangkan jika Anda bisa bekerja sama dengan pemilik EO, seperti kita ketahui pemilik bisnis event organizer sangat sering membutuhkan makan siang berupa nasi kotak. Sehingga jika Anda bisa bekerja sama dengan event organizer akan sangat menguntungkan dan sangat cepat untuk mendapatkan banyak penggemar sekaligus menjadi cepat untuk bisa menumbuhkan brand bisnis Anda. Akan jauh lebih menyenangkan apabila pemilik bisnis EO yang diajak kerja sama adalah saudara, atau teman dekat sehingga kemungkinan besar tidak akan ada profit sharing, yang artinya keuntungan bisnis akan menjadi 100% milik Anda. Namun tetap untuk menjaga kualitas dari bisnis nasi kotak Anda.

cara promosi nasi kotak

 

Menjaga Nama Baik

Terkadang sebuah bisnis dipilih oleh konsumen bukan karena kualitas yang selangit, namun karena merek yang sudah tertancap di benak calon konsumen. Membangun loyalitas konsumen akan sebuah merek adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki. Tidak semua pebisnis mampu melakukan hal ini, namun sekali Anda bisa melakukannya maka Anda bisa memegang sebuah pasar bisnis. Karena setiap kali orang dikota Anda menginginkan nasi kotak untuk sebuah acara, mereka akan selalu mengingat bisnis Anda, jika sudah seperti ini bersiap-siaplah untuk kebanjiran pesanan nasi kotak.

Memang membangun dan menjaga nama baik bukan hal yang mudah, namun Anda bisa terus melakukannya dengan menyebarkan branding Anda dan selalu menjaga kualitas Anda. Jangan lupa di kemasan nasi kotak selalu tampilkan logo atau nama bisnis Anda sehingga akan terus melekat di hati konsumen.

 

Pasang Papan Iklan

Cara promosi nasi kotak  dengan papan iklan. Iklan berupa banner atau baliho di sudut-sudut jalan yang ramai dikota merupakan salah satu strategi pemasaran yang sampai sekarang masih efektif. Tidak heran perkembangannya saat ini sudah menjadi videotron, yaitu iklan banner di sudut perempatan sekarang berganti dengan iklan video yang durasinya tidak begitu lama tetapi sangat efektif untuk menarik perhatian banyak pengguna jalan.

Apabila Anda belum memiliki budget iklan yang cukup untuk menyewa jasa iklan videotron, Anda bisa menggunakan banner-banner kecil yang ditempelkan di tempat-tempat umum. Namun pastikan bahwa Anda tidak melanggar peraturan tata kota ataupun aturan lainnya yang tidak membolehkan Anda menempelkan iklan ditempat-tempat tersebut.

cara promosi nasi kotak

Tentu akan sangat membahayakan merek bisnis Anda jika memasang banner disembarang tempat dan melanggar aturan pemerintah setempat. Bisa jadi merek bisnis Anda lagi tidak lagi berkesan jika promosi dengan cara yang tidak tepat. Lebih tepat jika banner Anda memang bisa tampil dengan cara legal misalnya di papan iklan yang memang disediakan oleh pemerintah kota atau kabupaten. Sehingga akan lebih banyak orang yang mengetahui bisnis Anda dan mengenal bisnis Anda dilakukan dengan profesional. Baca juga cara promosi nasi bungkus

 

Related Articles