7 Cara Promosi Nasi Bungkus Agar Cepat Laris!

cara promosi nasi bungkus

Cara Promosi Nasi Bungkus  Zaman sekang ini sudah sangat berkembang dari berbagai macam aspek kehidupan. Semua unsur kebutuhan pun tentunya juga sudah banyak perubahan dari dahulu kala. Kita sebagai manusia yang hidup hari ini tentunya juga tidak bisa menghindari fenomena tersebut, maka dari itu kita harus bisa menyadari setiap hal yang terjadi dan juga harus tahu bagaimana menyikapinya. Agar hidup bisa lebih mudah untuk setiap tujuan dan keinginan menjadi lebih baik.

Saat ini sering di juluki dengan zaman praktis. Jauh berbeda dengan nenek moyang kita dahulu yang mana setiap kebutuhan itu bisa dicari atau dibuat sendiri, ya bisa di bilang lebih mandiri. Kita melihat dengan jelas kelemahan kita saat ini yang terlalu memanjakan diri, ya tetapi juga tidak bisa di pungkiri bahwa perkembangan teknologi yang pesat akhirnya menjadi sesosok solusi untuk orang – orang saat ini. Bagi kebanyakan orang, keadaan saat ini malahan menjadi sesuatu keberuntungan bagi mereka.

cara promosi nasi bungkus

Orang – orang itu lihai memanfaatkan keadaan yang praktis ini. Salah satunya adalah penjual nasi. Karena orang – orang sekarang banyak yang malas untuk memasak, mungkin merasa repot dan berbagai macam alasan lainnya, pedagang nasi mendapatkan keuntungan yang besar dari keadaan tersebut. Mungkin sebagian anda belum mengerti dengan maksud saya.

Orang – orang yang berdagang nasi dengan membuka sebuah kedai atau warung makan, bisa mengembangkan usaha mereka dengan melakukan pemasaran ke luar dari kedai atau warung mereka. Mereka bisa mempromosikan nasi yang dijual dengan memberi label terima pesanan nasi bungkus. Atau untuk anda yang jadi ibu rumah tangga dan merasa bosan hanya berdiam diri di rumah, cobalah untuk melakukan hal tersebut. Nah, sebelum kita masuk ke pembahasan utama, yaitu cara mempromosikan nasi bungkus, ada beberapa hal yang harus di perhatikan.

7 Cara Promosi Nasi Bungkus Agar Cepat Laris!

cara promosi nasi bungkus

  • Rasa, adalah hal pertama yang harus anda perhatikan ketika berjualan nasi bungkus. Karena orang – orang saat ini, menyikapi makan bukan hanya untuk persoalan menyudahi lapar. Orang – orang tentu akan memperhatikan rasa yang di dapatkan ketika makan. Jika memang nasi bungkus yang anda tawarkan memiliki rasa yang enak bagi para konsumen, tentunya akan berlanjut sebagai pelanggan. Tetapi kalau tidak, anda akan kehilangan pembeli, karena memang tidak hanya anda yang mempunya bisnis atau pekerjaan menjual nasi.
  • Kebersihan adalah hal yang paling utama. Anda akan kesulitan mempertahankan pelanggan yang mulai suka dengan apa yang anda jual kalau kebersihan anda lewatkan.

cara promosi nasi bungkus

  • Untuk harga pun anda harus jeli dan bisa menetapkan dengan tepat. Anda harus paham dan tahu siapa pasar dan sasaran anda. Kalau seandainya pasar anda adalah pelajar, tentu tidak mungkin memberi harga yang mahal. Jadi, pertimbangkan soal harga yang anda berikan.
  • Bentuk nasi bungkus yang anda jual pun harus terlihat menarik. Setidaknya dari sajiannya bisa menggiurkan orang – orang yang melihatnya. Tentulah dari masakan yang enak akan timbul aroma sedap, tetapi tetap harus di bantu dengan bentuk sajian atau kemasannya.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha anda. Janganlah buat orang – orang tidak nyaman dengan apa yang anda suguhkan, karena anda adalah solusi mereka. Nah, setelah kita membahas beberapa hal yang memang harus diperhatikan dalam berbisnis nasi bungkus di atas, kita akan menjabarkan beberapa cara promosi nasi bungkus di bawah ini..

Bangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Cara promosi nasi bungkus yang pertama adalah menjaga hubungan baik. Kalau anda ingin mempromosikan nasi bungkus anda ke orang atau tempat lain, bangunlah hubungan baik dengan pelanggan anda. Lalu anda bisa memanfaatkan hubungan itu untuk perluan promosi usaha anda. Misalkan seorang pelanggan anda adalah pegawai di sebuah perusahaan, beritahu dia bahwa anda menerima pesanan nasi bungkus dalam jumlah kecil maupun banyak. Pastinya pelanggan anda itu juga mempunya beberapa kegiatan yang berhubungan dengan orang banyak, tentu ada konsumsinya bukan. Jangan lupa untuk memberitahu bahwa anda juga bersedia untuk mengantarkan ke lokasi. Lakukan obrolan dengan santai, itu akan memberi kesan untuk pelanggan bahwa dia bisa anda percaya dengan mendapat tawaran seperti itu.

cara promosi nasi bungkus

Memberi Informasi Kepada Orang – orang Terdekat

Anda bisa memberi info kepada keluarga atau kerabat yang mana infonya akan di teruskan ke tempat mereka bekerja. Mungkin anda bisa memulai dengan menyuruh anak anda memberi informasi kepada guru atau kawan – kawannya bahwa anda menerima pesanan nasi bungkus, mungkin untuk kebutuhan rapat guru atau semacamnya. Juga bisa anda meminta tolong kepada suami untuk menyampaikan kepada rekan – rekan kerjanya. Pastilah sangat banyak kenalan anda yang bisa meneruskan info untuk usaha yang anda jalankan.

Menitipkan Di Warung

Cara promosi nasi bungkus berikutnya adalah menitipkan di warung. Anda harus bisa melihat serta mengamati kebiasaan orang – orang. Misalnya warung atau kedai di samping atau depan sebuah kantor. Pastilah di jam istirahat banyak karyawan yang duduk di warung tersebut untuk merokok atau mengisi perut dengan makanan yang ada di sana. Nah, anda bisa memanfaatkan hal tersebut bukan, dengan menitipkan nasi bungkus yang anda jual di warung – warung yang berlokasi di dekat sebuah kantor. Mungkin untuk percobaan anda bisa menitipkan dengan jumlah sedikit terlebih dahulu.

cara promosi nasi bungkus

Masuk ke Kantin Sekolah atau Kampus

Cara promosi nasi bungkus masuk ke kantin sekolah atau kampus. Anda bisa mencoba untuk masuk dan menawarkan dagangan anda ke kantin sekolah atau kampus yang dekat dengan lokasi tempat tinggal anda. Untuk masuk pertama kali, anda harus dengan cara yang sopan. Jangan sampai penjaga kantin tersinggung dan beranggapan bahwa anda akan menyainginya. Bukalah obrolan ringan dan masuk ke inti pembicaraan secara perlahan. Tekankan bahwa anda datang bukan untuk merugikannya. Tawarkan sebuah keuntungan dan sepakatilah. Tentu kalau keuntungan yang anda tawarkan menarik, orang – orang itu akan menerima anda dengan baik.

cara promosi nasi bungkus

Promosi Lewat Media Sosial

Cara promosi nasi bungkus berikutnya adalah mempromosikan bisnis nasi bungkus di sosial media. Mungkin hal ini terdengar aneh, karena memang  jarang sekali orang yang memiliki usaha semacam nasi bungkus melakuka promosi lewat media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan samacamnya. Tetapi apa salahnya mencoba. Tentukan target pasar anda, dan setelah itu amati bagaimana keadaan dan cara orang – orang berbisnis melalui media sosial. Buatlah promosi yang meyakinkan, karena saat ini memang sangat banyak terjadi kasus penipuan. Jadi telitilah dalam setiap hal, apalagi kita sebagai produsennya.

Menawarkan Kerjasama dengan Beberapa Orang yang Membuat Event

Carilah informasi tentang agenda sebuah acara atau event, yang mana bisa anda manfaatkan untuk kerjasama. Ketika anda menemukan atau mendapatkan info, datangilah dan berikan penawaran. Jangan berpikir bahwa dengan rencana acara yang lumayan besar, anda bisa mengambil untung banyak. Tetapi berilah kemudahan bagi mereka. Ingat, anda adalah sebuah solusi. Jadi yang perlu anda dapatkan adalah pelanggan. Berilah diskon sesuai dengan kemampuan anda. Bangun hubungan yang baik dengan beberapa orang di sana yang anda rasa bisa membantu anda lagi di kemudian hari.

cara promosi nasi bungkus

Bonus / Diskon Untuk Pelanggan

Ketika anda sudah mendapatkan banyak pelanggan, buatlah orang – orang itu nyaman dan bisa merasa puas dengan apa yang anda suguhkan. Pastinya ketika bisnis anda sudah berkembang sangat baik, pasti lama – kelamaan akan banyak mendapat pesanan yang jauh lebih banyak dari biasanya. Kalau pun belum, anda bisa menawarkan atau sekedar memberi info bahwa untuk pelanggan yang memesan dalam jumlah banyak akan mendapat bonus yang menarik. Atau mungkin bisa memberi bonus untuk pelanggan tetap anda.

Memang tujuan kita sebagai produsen adalah itu, bagaimana caranya setiap orang yang datang kepada kita bisa mendapatkan kepuasan yang sesuai dengan apa yang di harapkannya. Selain itu anda juga bisa memberikan harga diskon untuk beberapa pelanggan pilihan anda, tetapkanlah kriteria pelanggan yang akan anda beri diskon. Mungkin pelanggan yang biasa mengambil dalam jumlah yang banyak setiap hari, atau mungkin orang – orang yang menyewa jasa anda untuk satu atau dua hari full. Mungkin dari diskon atau bonus yang anda berikan, anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang tak terduga. Yang terpenting adalah memuaskan konsumen.

Nah, itulah beberapa cara untuk promosi nasi bungkus. Semoga apa yang anda kerjakan bermanfaat dan sukses selalu. Baca juga cara promosi makanan ringan

 

Related Articles