Cara Mengiklankan Produk Di Instagram

Cara Mengiklankan Produk Di Instagram 2

Cara Mengiklankan Produk Di Instagram – Beriklan di Instagram sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Jika anda sudah menjadi member Instagram sejak lama, mengapa tidak coba memakainya untuk keperluan usaha? Jika ada produk yang ingin dijual, pakai saja Instagram untuk mempromosikannya. Sebagai salah satu media sosial terpopuler, anda bisa meraih banyak konsumen dari platform ini. Berikut ini adalah beberapa tips jika anda ingin memasarkan produk di Instagram.

Cara Mengiklankan Produk Di Instagram

Buat akun khusus untuk bisnis

Anda bisa membuat akun yang mewakili bisnis. Misalnya anda sedang menjalankan usaha jilbab, silakan buat akun Instagram yang berisi konten jilbab. Karena sudah masuk ke ranah bisnis, jadi jangan lagi memakai akun tersebut untuk bernasis ria dengan memposting kegiatan harian. Semua yang diposting di halaman tersebut harus berkaitan dengan usaha yang dijalankan. Misalnya anda bisa mengunggah foto-foto produk terbaru. Atau anda juga bisa mengunggah video-video tutorial. Pokoknya jangan selipkan foto-foto yang bersifat pibadi. Jika anda ingin update status harian, update saja pada akun Instagram pribadi anda.

Promosikan website

Ada fitur bio di bagian atas halaman Instagram. Disana anda menyisipkan URL website. Jika follower ingin berkunjung ke toko online, mereka bisa mengklik link tersebut. Mengapa ini penting? Sebab banyak follower anda mungkin tidak tahu bahwa anda juga punya toko online. Kebanyakan dari kita sudah akrab dengan toko online dan sering bertransaksi disana. Dengan mengarahkan traffic ke toko online, mereka bisa memesan produk lewat fitur ‘add to cart’.

Memang bisa saja konsumen melakukan order secara tradisional, yaitu mereka mengontak anda by phone, lalu memesan produk dan membayar. Tapi tidak semua orang nyaman melakukan hal ini. Sebagian lebih terbiasa memesan dengan mengunjungi toko online, memilih barang, checkout, dan membayar. Jadi intinya, fasilitasilah konsumen yang ingin tata cara pemesanan seperti ini. Selain itu, di website juga ada fitur navigasi yang memudahkan konsumen untuk melihat produk-produk yang dijual beserta deskripsinya.

Isi watermark pada foto

Setiap orang punya hak cipta atas produk yang dibuat sendiri. Jika misalnya anda membuat jilbab sendiri dan ingin mempromosikannya di Instagram, maka anda berhak untuk me-watermark setiap foto yang diunggah. Silakan bubuhkan logo atau nama perusahaan disana. Ini juga untuk mencegah orang memakai foto tersebut tanpa ijin. Sebenarnya bukan itu saja keuntungan dari penambahan watermark. Orang akan jadi lebih aware dengan logo dan nama perusahaan anda karena berkali-kali melihatnya pada gambar yang diunggah. Meningkatkan brand awareness adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan usaha. Banyak orang /perusahaan yang rela membayar jutaan hingga miliaran rupiah agar nama mereka dikenal secara luas.

Cara Mengiklankan Produk Di Instagram 2

Isi bio dengan lengkap

Ini juga penting supaya orang tidak salah sangka dan mengira bahwa halaman Instagram tesebut adalah halaman pribadi. Jika anda mengunggah foto-foto jilbab tanpa watermark atau bio di atasnya, bisa jadi orang mengira halaman tersebut adalah akun pribadi dari seorang pecinta jilbab, bukan toko online. Maka dari itu, pada bio anda perlu menyampaikan secara detil informasi terkait usaha yang dijalankan, mulai dari nama perusahaan, alamat, kontak, dsb.

Dengan begitu follower akan paham bahwa laman yang mereka kunjungi adalah toko online yang berpromosi di Instagram. Meski untuk promosi, kesan promonya sebaiknya tidak terlalu kentara sebab banyak orang tidak suka dengan sesuatu yang berbau sales, terlebih follower Instagram yang penggunanya rata-rata adalah pecinta visual, bukan pegiat bisnis. Itu tadi cara mengiklankan produk di Instagram.

Related Articles